Kenapa Setelan 4G Only Tidak Bisa Nelpon Dan Sms? Ini Penjelasannya

4.456

Ponselgue.com | Penyebab 4G Only Tidak Bisa Nelpon dan SMS – Teknologi  4G LTE merupakan jaringan tercepat yang tersedia di Indonesia saat ini, kecepatan transfer datanya di sebut-sebut bisa mencapai 300 Mbps. Semua penyedia jasa layanan telekomuniasi menjadikan 4G LTE sebagai standar layanan seluler.

Walaupun operator seluler ini menerapkan standar yang sama, kemampuan dan kualitas jaringan 4G tidaklah sama. Tidak hanya pada cakupan wilayah, namun juga pada kecepatan data maksimal yang dapat diakomodasi.4G Only Tidak Bisa Nelpon dan Sms

Namun, dibalik keunggulan jaringan 4G tersebut, banyak pengguna telepon seluler yang mengeluhkan perihal penggunaannya. Jika pada smartphone-nya menggunakan mode jaringan 4G Only, ada yang nomor SMSC di pengaturan SMS yang hilang, sehingga pengguna tidak bisa mengirim maupun menerima SMS, selain itu, hal ini berimbas juga pada panggilan telepon, baik masuk ataupun keluar.

Berikut ini saya akan sharing perihal smartphone dengan mode 4G Only tidak bisa nelpon dan SMS.

Baca juga :

Penyebab pilih 4G Only tidak bisa nelpon dan SMS

Bagi pengguna Android, memang terdapat pengaturan 4G Only. Jika Anda memilih mode ini, otomatis smartphone hanya akan menerima jaringan 4G LTE. Untuk mengaturnya, Anda bisa juga dengan mengetik kode *#*#4636#*#*.

Sekedar info, rata-rata jaringan 4G LTE di Indonesia (saat ini) masih belum bisa digunakan untuk layanan SMS dan Telepon. Dan baru bisa digunakan untuk jaringan internet saja.Nah, jika jika smartphone Anda sedang berada pada mode 4G Only,maka otomatis hanya bisa digunakan untuk layanan internet, nelpon dan SMS.

Sejauh ini, hanya Smartfren saja yang merilis VoLTE (Voice over LTE, layanan panggilan telepon dengan memanfaatkan jaringan 4G LTE).  Namun, ha itu juga masih bergantung pada perangkatnya, apakah sudah support persyaratan teknis tertentu atau tidak untuk menikmati VoLTE ini. Sedangkan untuk operator-operator lain masih dalam tahap uji coba.

Selain itu, kekurangan lain jika smartphone dalam mode 4G Only, indikator sinyal dan jaringan di smartphone Anda akan hilang jika berada pada daerah yang masih belum masuk dalam cakupan 4G. Berbeda jika mode jaringan diatur otomatis antara 4G, 3G, atau 2G, smartphone akan menyesuaikan dengan cakupan jaringan di sekitarnya.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai setelan 4G Only tidak bisa nelpon dan SMS. Semoga dapat membantu!

Artikel menarik lainnya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More