Apa Itu Custom ROM Android dan Apa Keuntungannya?

1.746

Ponselgue.com | Apa itu Custom ROM Android? – Jika Anda adalah seorang pengguna smartphone Android, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Custom ROM, yaitu sebuah sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi dengan menambahkan beberapa utilitas lain untuk mempermudah penggunanya.

Apa itu Custom ROM?

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory.

Android merupakan sistem operasi yang bersifat open source, hal ini berarti siapa saja bisa mengedit kode, melakukan tweak, mengubah tampilannya, menambah fitur, dan lain sebagainya.

Nah, berdasarkan sifat Android yang open source tersebut, muncullah istilah Custom ROM. Custom ROM adalah sebuah firmware alternatif untuk menggantikan firmware official Android yang dikembangkan oleh pengembang diluar para developer resmi vendor smartphone.

Custom ROM biasanya mempunyai beberapa fitur tambahan yang tidak terdapat pada ROM bawaan smartphone. Para developer biasanya mengembangkan Custom ROM dari ROM bawaan ataupun AOSP (Anadroid Open Source Project).

Nah, berikut ini ada beberapa Custom ROM yang bisa Anda coba, berikut ini adalah beberapa diantaranya yang cukup populer:

  • LineageOS
  • Dirty Unicorn
  • Copperhead OS
  • AOKP (Android Open Kang Project)
  • Resurrection Remix OS
  • PAC-man ROM
  • Paranoid Android
  • Dan masih banyak lagi.

Custom ROM pac-man

Kenapa harus pakai Custom ROM?

Hampir sebagian besar pengguna Android tidak mau menggunakan Custom ROM dengan berbagai alasan, seperti sudah puas dengan ROM asli vendor, takut ribet atau bahkan membuat ponsel bootloop. Padahal, dengan menggunakan Custom ROM, ada banyak kelebihan dan utilitas yang bisa pengguna peroleh sehingga kinerja perangkat menjadi lebih maksimal.

Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang Anda peroleh jika memasang Custom ROM di perangkat Android Anda :

1. Performa Maksimal

Vendor smartphone biasanya sudah mengatur kinerja perangkat tidak terlalu tinggi supaya bisa digunakan untuk jangka panjang. Namun ada beberapa pengguna Android ingin mendapatkan kinerja maksimal dari perangkat yang dimilikinya.

Untuk itu, dengan memasang Custom ROM, performa smartphone akan meningkat dan melebihi ‘batasan’ yang sudah ditetapkan oleh vendor. Istilah untuk menaik-turunkan kinerja CPU pada smartphone Android ini disebut dengan Overclock.

2. Baterai lebih tahan lama

Selain untuk overclock, pengguna juga bisa menurunkan kinerja perangkat dalam artian mengurangi beban sistem. Hal ini tentunya sangat cocok bagi pengguna yang tidak membutuhkan performa yang terlalu tinggi.

Tentunya underclocking ini mampu membuat kinerja baterai smartphone menjadi lebih lebih lama.

3. Interface yang lebih segar

Setiap Custom ROM mempunyai tampilan yang berbeda-beda. Jadi, dengan menggunakan Custom ROM bisa menjadi daya tarik tersendiri supaya tampilan smartphone Anda berbeda dari pengguna yang lain. Hal ini tentunya  membuat Anda menjadi lebih keren.

Bahkan, saat ini sudah banyak Custom ROM yang dilengkapi dengan theme engine bawaan. Sehingga Anda dapat mengganti tema kapanpun Anda mau.

Baca juga :

Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai apa itu Custom ROM dan apa keuntungan bagi yang menggunakannya. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, smartphone Android Anda harus di root terlebih dahulu. Untuk tutorial rooting Android, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More