6 Cara Ampuh Mengatasi Camera Failed Samsung Galaxy

Ponselgue.com | 6 Cara Ampuh Mengatasi Camera Failed Samsung Galaxy – Samsung merupakan pemain besar dalam industri smartphone berbasis Android. Perusahaan asal Korea Selatan ini mempunayi produk-produknya ditunggu para penggemarnya  di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain karena bisa dinikmati berbagai segmen pasar mulai dari kelas flagship hingga kelas low-end, Samsung juga cukup rajin merilis seri terbaru.

Seiring usia pemakaian ada beberapa masalah yang biasa terjadi, entah itu karena cacat produksi atau dari aktivitas pengguna. Yang sering dialami oleh beberapa pengguna Hape Samsung Galaxy misalnya ada yang mengeluhkan masalah Firmware atau software bawaan Samsung yang terintegrasi dengan fitur pada perangkat. Misalnya fitur kamera yang kadang kala mengalami error dengan tiba tiba kamera force close dan bersamaan dengan itu muncul pesan error berisi kalimat “Warning, Camera Failed’, atau kadang kamera pada saat ingin digunakan hanya menampilan layar gelap dengan navigasi kamera dan pesan error “Camera Failed”.

Lalu, bagaimana jika kamera Samsung mengalami masalah seperti tidak terhubung atau muncul pesan error bertuliskan “Warning, Camera Failed”?camera failed samsung galaxyBaca juga :

Cara Mengatasi Camera Failed Samsung Galaxy

Kemungkinan Anda mengalami kebingungan pada saat mengalami masalah Camera Failed Samsung Galaxy ini terjadi, walaupun sebelumnya tidak mengalami apa-apa.

Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi masalah error pada kamera Samsung.Caranya cukup simpel, dan bisa langsung di terapkan. Simak tips mengatasi Camera Failed Samsung berikut ini :

1. Restart Smartphone

Langkah pertama, matikan smartphone Samsung Anda. Lepaskan SIM Card, SD Card (micro SD), dan juga Baterai (jika removable). Kemudian pasang dan nyalakan kembali hape Samsung Anda. Dengan cara ini biasanya smartphone akan kembali normal, sehingga kamera bisa digunakan seperti biasanya.

2. Hapus Cache dan Hapus Data

Metode selanjutnya adalah dengan membersihkan cache dan data. Cache digunakan agar file atau aplikasi terbuka lebih cepat, namun jika jarang dibersihkan akan menumpuk dan membuat aplikasi menjadi berat. Anda bisa melakukannya secara manual atau juga bisa menggunakan bantuan aplikasi Cleaner untuk pembersihan secara mendalam dan cepat. Saya sendiri menggunakan aplikasi SD Maid.

Anda bisa menghapusnya secara manual dengan cara buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi lalu cari aplikasi “kamera”, kemudian tap “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

Tenang saja, metode ini tidak menghapus foto-foto Anda, hanya untuk mereset pengaturan kamera.

3. Wipe Partition

Jika masih belum berhasil, langkah selanjutnya adalah dengan menghapus ‘Cache partition’. Caranya, matikan ponsel dan kemudian tahan tombol Volume Up, Power, dan Home kemudian lepaskan jika sudah muncul logo Samsung. Jika Anda sudah masuk ke Recovery Mode, kemudian arahkan ke menu ‘Wipe Cache Partiotion’ menggunakan tombol volume dan tombol power untuk mengkonfirmasi pilihan.

Hal ini tidak akan menghapus semua data-data yang tersimpan di dalam perangkat, namun akan mereset cache aplikasi, dan bisa digunakan untuk mengatasi masalah kamera gagal.

4. Gunakan Aplikasi Lain

Untuk yang keempat, Anda bisa menggunakan aplikasi kamera lain atau aplikasi kamera pihak ketiga. Karena mungkin aplikasi kamera bawaan perangkat rusak, maka dari itu silahkan cari alternatif aplikasi kamera lain di Play Store.

Di Google Play Store, tersedia banyak Aplikasi kamera dengan kualitas terbaik. Seperti misalnya aplikas Camera360. Aplikasi-aplikasi tersebut sekarang dilengkapi juga dengan fitur edit, sehingga setelah Anda melakukan mengambil foto langsung dapat mengeditnya.

5. Update Sistem Android

Biasanya, Samsung selalu memberikan update system Android. Pembaruan sistem akan menghilangkan bugs dan membuat interface akan lebih fresh.

Nah, jika tersedia pembaruan sistem OS pada hp Samsung Anda, segera lakukan update. Untuk memeriksa pembaruan versi Android, masuk ke Pengaturan Ponsel, lalu masuk ke menu Tentang Ponsel (biasanya terdapat paling bawah), pilih Pembaruan Sistem. Download kemudian pasang pembaruan tersebut, kemudian ponsel akan restart secara otomatis.

Namun, tetap sesuaikan versi Android dengan kemampuan hardware perangkat Anda. Jika update yang dilakukan terlalu tinggi, maka akan menyebabkan perangkat akan berjalan lebih berat dan lemot.

6. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas masih belum membuahkan hasil, jurus pamungkas yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error Camera Failed adalah dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik (hard reset).

Untuk melakukan Factory Reset, buka menu Pengaturan ponsel, kemudian masuk ke Setelan Tambahan”. Setelah itu silahkan pilih menu Buat Cadangan dan Reset, kemudian pilih “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”.

Atau jika ingin melakukan hard reset, matikan ponsel Android, masuk ke menu recovery dengan menekan tombol kombinasi (tergantung dari type ponsel Anda), pilih Wipe Data/ Factory Reset”, lakukan konfirmasi dengan memilih “YES”. Baca caranya disini Cara Factory/Hard Reset Samsung Galaxy.

Bonus Tips!! :
Lakukan booting dalam safe mode untuk mengujinya. Caranya, matikan perangkat kemudian tekan dan tahan tombol Power, dan pada saat logo Samsung muncul, lepaskan tombol power kemudian ganti dengan menahan tombol ‘Volume Down’, perangkat akan booting dalam kondisi safe mode. Jika kamera dapat berfungsi pada mode ini, artinya tidak ada masalah dengan hardware atau firmwarenya. Dan sebaliknya, jika kamera tidak berfungsi dalam kondisi safe mode, kemungkinan ada masalah dengan hardware dan software-nya.

Demikianlah cara mengatasi masalah camera Failed Samsung Galaxy. Jika Anda mengalami kesulitan, silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar. Anda juga bisa menghubungi kami melalui halaman Kontak.

Comments are closed.