Cara Extract File ZIP di Android Tanpa PC

911

Ponselgue.com | Cara Extract File ZIP di Android Tanpa KomputerZIP merupakan standar kompresi data yang menjadi pilihan utama di kalangan pengguna komputer dan perangkat seluler. Dengan mengompresi data dalam bentuk file ZIP, Anda akan mengecilkan ukuran data sehingga dapat membuat penyimpanan menjadi lebih efisien.

Standard kompresi data ZIP ini pertama kali dikenalkan oleh Phil Katz pada akhir tahun 80’an. Namun kini telah tersedia banyak tools yang sudah mendukung pengompresian serta pengekstrakan data menggunakan standar yang telah dibuat olehnya.

Saat ini, banyak aktifitas yang beralih ke perangkat mobile seperti smartphone. Tentunya banyak hal yang sekarang tergantikan dengan adanya fitur-fitur canggih pada smartphone, termasuk mengekstrak file ZIP.

Tentu file ZIP bukan menjadi sebuah masalah bagi pengguna komputer. Namun, ternyata masih banyak pengguna Android yang masih bingung mengenai cara extract file ZIP di Android miliknya.

Baca juga :

Cara Extract File Zip di Android

Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, kini mengekstrak file zip di perangkat Android sudah jauh lebih mudah. Silahkan ikuti caranya di bawah ini:

  1. Pertama, download dan install aplikasi Es File Explorer melalui Google Play Store;
  2. Jika sudah berhasil diinstal, silahkan buka aplikasi File Manager tersebut;
  3. Selanjutnya cari file berekstensi .zip yang ingin Anda ekstrak;
  4. Jika sudah, tekan dan tahan pada file ZIP tersebut agar muncul menu pengelolaan file;
  5. Setelah menu pengelolaan file sudah muncul, pilih opsi More yangn terletak pada bagian pojok kanan bawah aplikasi;
  6. Langkah terakhir, pilih opsi Extract to dan klik OK untuk menyimpan hasil pengekstrakan di lokasi penyimpanan yang sama.

Cara Extract File ZIP di AndroidKini untuk mengekstrak file ZIP menjadi hal yang sangat mudah karena beberapa aplikasi file manager bawaan smartphone Android sudah mendukung fitur tersebut. Bahkan, ada beberapa diantaranya yang sudah bisa membuka file tanpa harus mengekstrak file lebih dulu.

Nah, cara diatas ini bisa digunakan oleh pengguna Android yang perangkatnya masih belum mendukung hal tersebut. Sehingga untuk melakukan pengekstrakan, Anda harus menggunakan aplikasi file manager pihak ketiga.

Salah satu aplikasi file manager pihak ketiga yang bisa Anda gunakan adalah Es File Explorer. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang sangat berguna untuk mengatur file yang di simpan di dalam perangkat. Termasuk di dalamnya fitur yang mendukung pengekstrakan file berekstensi .zip.

Nah, demikianlah cara extract file ZIP di Android tanpa membutuhkan komputer/PC. Kunjungi terus Ponselgue.com untuk mendapatkan tips dan artikel menarik lainnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More