Tips Cara Mematikan Auto Update Aplikasi Android

1.424

Ponselgue.com | Cara Mematikan Auto Update Aplikasi Android – Saat ini, OS Android merupakan sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan di dunia. Sejak 2013, Android mulai menguasai pangsa pasar smartphone, produk-produk dari Samsung, Sony, LG, Lenovo serta perusahaan teknologi lainnya.

Smartphone Android mempunyai banyak kelebihan dalam penggunaan maupun  fitur yang tersedia.  Selain mudah di bawa, beberapa fitur juga bisa mempermudah kita dalam beraktivitas.Cara Mematikan fitur Auto Update Aplikasi Android 1

Nah, seiring denga tingginya pengguna serta sifatnya yang opern source, hal ini berdampak pada banyaknya developer yang membuat aplikasi berbasis android. Saat ini pada Goole Play Store (marketplace aplikasi Android), tersedia lebih dari 1 miliar aplikasi, ada yang bisa kita dapatkan gratis dan adapula yang berbayar.

Baca juga :

Cara Mematikan Auto Update Aplikasi Android

Nah, salah satu fitur yang untuk memudahan pengguna Android adalah fitur auto update / pembaruan otomatis. Dengan ini, sistem dapat memperbarui aplikasi yang terpasang pada Android dengan mudah dan praktis, sehingga pengguna tidak perlu lagi update secara manual.

Sayangnya, banyak yang merasa  fitur ini banyak menghabiskan kuota data internet, dan juga terkadang ada yang tidak mau meng-update sebuah aplikasi karena aplikasi yang sudah di update justru tidak sesuai dengan selera. Memang, fitur auto update ini seperti dua sisi mata uang, ada kelebihan dan kelemahannya.

Kelebihan auto update aplikasi :

  1. Mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi yang sudah di update.
  2. Dapat memperbarui versi sebuah aplikasi.
  3. Selalu Up To date terhadap sesuatu / hal terbaru dari sebuah aplikasi.

Kelemahan Auto Update Aplikasi :

  1. Boros Kuota. Pembaruan aplikasi ini tentunya tidak membutuhkan kuota yang sedikit.
  2. Update yang ternyata tidak ada perubahan besar atau penambahan fitur baru pada aplikasi.
  3. Kecewa dengan versi baru karena tidak sesuai dengan ekpektasi, dan lebih nyaman dengan fitur lama.

Nah, dengan pertimbangan beberapa poin di atas, tentu Anda ingin mengatur atau bahkan mematikan auto update aplikasi Android.

Caranya cukup mudah, Anda bisa mengatur untuk mematikan auto update atau mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Google Play. Kemudian tap pada ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas aplikasi untuk memunculkan menu.
  • Selanjutnya masuk ke menu Settings. Terdapat beberapa submenu, kemudian pilih General lalu tap pada submenu Auto-Update Apps.
  • Terdapat beberapa opsi update:
    • Do not auto-update apps (jangan update otomatis).
    • Auto-update apps at any time (update otomatis aplikasi kapan pun, menggunakan paket data operator).
    • Auto-update apps over WiFi only (update otomatis aplikasi hanya bila ponsel terhubung ke jaringan WiFi).
  • Silahkan pilih opsi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Cara Mematikan fitur Auto Update Aplikasi Android 1

Dengan mengubah dan mematikan auto update aplikasi Android ini, sekarang Anda tidak perlu merasa kecolongan lagi.

Kunjungi terus Ponselgue.com untuk tips-tips dan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More