Cara Memperbaiki HP Android Lemot Dengan 5 Cara Mudah

3.067

Ponselgue – Seiring dengan usia penggunaan smartphone Android, salah satu masalah umum yang sering muncul adalah penurunan kinerja yang bisa menyebabkan perangkat tersebut beroperasi dengan sangat lambat atau lemot.

Penurunan kinerja bisa diakibatkan karena adanya kerusakan hardware yang disebabkan oleh faktor dari luar, seperti terkena benturan keras atau terkena air. Selain itu, permasalahan pada perangkat lunak juga berpengaruh besar terhadap kinerja perangkat, diantaranya seperti OS versi lama, serangan virus, penyimpanan yang hampir penuh dan lain sebagainya.

Cara Memperbaiki HP Android Lemot
Foto : Pexels

Setiap permasalahan tentu saja membutuhkan solusi yang berbeda juga. Untuk mengatasi kerusakan pada harware, tidak ada cara selain mengganti komponennya ke service center. Namun jika performa lambat ini diakibatkan oleh kerusakan software, simak cara memperbaiki Android HP lemot berikut ini.

Baca Juga: Penyebab Android Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Cara Memperbaiki HP Android Lemot

1. Lapangkan Penyimpanan Internal

Clear Cache

Salah satu faktor yang menjadi penyebab menurunnya kinerja ponsel adalah kapasitas penyimpanan yang hampir habis.

Untuk mengatasinya, Anda bisa secara teratur membersihkan data yang dirasa kurang penting atau memindahkannya ke media penyimpanan lain, seperti cloud atau ke cloud.

Selain itu, penumpukan data cache juga akan mempengaruhi penyimpanan internal. Untuk itu Ada perlu membersihkan data cache secara berkala, apalagi jika perangkat Android Anda memiliki memori internal yang terbatas. Caranya :

2. Instal Aplikasi Yang Diperlukan Saja

Semakin banyak aplikasi yang terinstal di Android, maka akan semakin memakan banyak ruang penyimpanan yang tentu saja berpengaruh terhadap kinerja ponsel. Apalagi perangkat Android baru biasanya juga sudah memiliki banyak bloatware alias pre-installed apps.

Selain itu, banyaknya aplikas yang terinstal juga dapat mengurangi kapasitas RAM yang terseda. Hal ini dikarenakan beberapa aplikasi bisa berjalan di belakang layar tanpa Anda sadari.

Untuk itu, sebaiknya Anda menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan atau sudah jarang digunakan. Anda juga bisa menginstal aplikasi versi Lite yang ukurannya jauh lebih kecil dari aplikasi utama. 

Baca Juga: Cara Mengembalikan Foto Yang Tidak Sengaja Terhapus di Android

3. Bersihkan Android dari Virus

Cara Menghapus Virus Android

Sistem Android saat ini sudah memiliki pengamanan sistem yang sangat tangguh, namun hal itu tidak serta merta membuatnya aman dari ancaman virus. Meskipun tidak mengganggu secara langsung, virus bisa menjadi penyebab menurunnya kinerja ponsel.

Untuk membersihkan ponsel Android Anda dari serangan virus dan malware, Anda bisa menginstal aplikasi Anti virus populer yang memiliki rating tinggi di Google Play Store. Selanjutnya, lakukan pemindaian secara menyeluruh terhadap sistem Android dan langsung hapus jika ditemukan.

4. Update ke Sistem Operasi Terbaru

Android Pie

Setiap sistem operasi tentunya memiliki beberapa bug yang bisa berpengaruh terhadapat performa dan kinerja ponsel.

Maka dari itu, sebaiknya Anda sering-sering mengecek ketersediaan software terbaru untuk perangkat Anda. Pembaruan sistem ini biasanya menawarkan perbaikan bug di dalamnya.

Baca juga : Risih Banyak Iklan Saat Main Game Android? Hilangkan Dengan 3 Cara Berikut

5. Reset Ponsel/ Flash Ulang

Samsung Galaxy Recovery Mode

Jika semua metode diatas sudah dilakukan namun belum dapat memberikan hasil maksimal, maka sebaiknya Anda melakukan reset ulang ponsel. Dan jika reset ulang belum bisa mengatasinya, Anda bisa melakukan flashing ulang software yang digunakan.

Cara ini sangat bisa diandalkan terutama untuk mengatasi masalah seperti seperti virus, penyimpanan penuh, bootloop dan dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah 5 cara memperbaiki HP Android lemot dengan mudah. selamat mencoba, semoga bermanfaat!.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More