Cara Mengaktifkan Tema Gelap Di Android Pie Untuk Menghemat Baterai

Ponselgue – Banyak pengguna yang meminta untuk menambahkan mode atau tema gelap di sistem Android. Google pun akhirnya merealisasikannya permintaan penggunanya di Android Oreo yang dapat diaktifkan dengan menggunakan wallpaper gelap. Namun Google kemudian menghapus fitur tersebut dan mengatakan bahwa fitur tersebut tidak sengaja dirilis.

Selain karena tampilannya, menurut Google ternyata tema gelap di perangkat Android dapat menghemat penggunaan baterai. Tampilan antarmuka yang lebih gelap membutuhkan daya yang lebih sedikit dan sehingga dapat menghemat baterai perangkat.

Cara Mengaktifkan Tema Gelap Di Android Pie

Di sistem operasi terbarunya, Android 9 Pie, Google menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur tema terang atau gelap secara manual sesuai keinginan.

Nah, jika perangkat Anda sudah menjalankan OS Android terbaru ini, simak cara mengaktifkan tema gelap di Android Pie berikut ini.


Baca juga:


Cara Mengaktifkan Tema Gelap Di Android Pie

1. Pertama, masuk ke menu Settings di perangkat Android Anda.

2. Pilih menu Display kemudian pilih opsi Advanced.

Cara Mengaktifkan Tema Gelap Di Android Pie

3. Setelah itu scrool layar kebawah, cari dan pilih opsi Device Theme.

Cara Mengaktifkan Tema Gelap Di Android Pie

4. Selanjutnya akan muncul menu pop up berisi tiga opsi, yaitu Automatic, Light, dan Dark. Silahkan pilih opsi Dark untuk menerapkan tema gelap di perangkat Android Anda.

Cara Mengaktifkan Tema Gelap Di Android Pie

4. Selesai. Sekarang tampilan perangkat Android Anda akan berubah menjadi gelap.

Sangat mudah bukan?

Selain untuk menghemat baterai, mengaktifkan dark theme juga akan lebih ramah terhadap mata terutama pada saat malam hari atau di tempat yang minim cahaya.

Selain tersedia mode gelap, di Android 9 Pie Google juga memperkenalkan Digital Wellbeing untuk mengatasi masalah kecanduan smartphone.

Untuk mendukung hal tersebut, Google menyematkan beberapa fitur agar pengguna bisa mengatur waktu mereka di depan layar smartphone. Salah satunya adalah Android Dashboard, yang membantu pengguna untuk mengetahui jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di aplikasi-aplikasi tertentu.

Tak hanya itu, ada juga fitur Wind Down Mode, yang dapat memberi peringatan kepada pengguna untuk beristirahat atau tidur.

Comments are closed.