5 Cara Mengatasi Google Play Error Di Android

6.275

Ponselgue.com | 5 Cara Mengatasi Google Play Error Di Android – Setiap smartphone Android selalu dilengkapi dengan aplikasi bawaan Google. Salah satu yang terpenting diantaranya adalah Play Store sebagai toko resmi Google untuk mendownload konten seperti banyak aplikasi, game, buku atau bahkan film.

Semua konten yang tersedia di Google Play Store ada yang tersedia secara gratis dan ada pula yang berbayar.

Namun, apa jadinya jika Google Playstore Error di smartphone Android yang kita gunakan? Hal ini tentunya akan cukup merepotkan karena nantinya kita tidak bisa mengunduh maupun mengupdate aplikasi yang ada di smartphone kita.

5 Cara Mengatasi Google Play Error

Beberapa error yang sering terjadi pada Google Play diantaranya adalah :

  • Google Play tidak bisa dibuka
  • Google Play error tidak ada sambungan
  • Google Play Service error
  • Google Play error rh-01
  • Kesalahan server
  • Dan lain-lain

Nah, jika ternyata Google Play Store Anda mengalami salah satu error dari daftar diatas, berikut 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Baca juga :

Cara Mengatasi Google Play Error Di Android

1. Hapus cache

Setiap aplikasi yang ada si smartphone Android selalu menyisakan cache, termasuk di Google Play Store. Jika jarang dibersihkan tentu akan menumpuk dan menjadi penyebab error utama.

Untuk membersihkan cache, masuk ke menu Setelan → Aplikasi → Google Play → Hapus cache.

5 Cara Mengatasi Google Play Error Di Android (1)

2. Hapus Data

Jika cache sudah dibersihkan namun masih mengalami error, coba untuk menghapus data Google Play Store. Data ini berisi informasi akun, info login, dan sebagainya yang tersimpan di aplikasi.

Kita bisa menghapus data tersebut dengan cara buka menu Setelan → Aplikasi → Google Play → Hapus data.5 Cara Mengatasi Google Play Error Di Android (2)

3. Paksa berhenti (Force Close)

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan Force Close. Seperti namanya, opsi ini untuk menghentikan aplikasi secara ‘paksa’. Buka Setelan → Aplikasi → Google Play → Paksa berhenti. Setelah selesai, coba buka lagi aplikasi Google Play Store.5 Cara Mengatasi Google Play Error Di Android (3)

4. Hapus pembaruan Google Play

Secara default, aplikasi sistem (bloatware) seperti Google Play tidak bisa dihapus. Untuk bisa menghapus aplikasi sistem, perangkat Android Anda harus di root terlebih dahulu.

Karena kita tidak bisa melakukan instal ulang untuk menghilangkan error, sebagai gantinya kita bisa bisa menghapus pembaruan Google Play Store.

Nantinya Google Play store akan melakukan update secara otomatis setelah pembaruannya di hapus. Caranya, masuk ke menu Setelan → Aplikasi → Google Play → Hapus pembaruan.5 Cara Mengatasi Google Play Error Di Android (4)

5. Restart smartphone

Jika setelah melakukan cara diatas Google Play Store masih mengalami error, coba dengan me-restart perangkat Android Anda. Kemudian diamkan beberapa saat lalu nyalakan kembali.

Nah, itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Google Play Error di Smartphone Android. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More