Cara Mudah Mengatasi “Sayangnya BBM Telah Berhenti” di Android

Cara Mudah Mengatasi “Sayangnya BBM Telah Berhenti” di Android – Blackberry Messenger atau yang lebih dikenal dengan sebutan BBM adalah satu aplikasi pengirim pesan yang paling banyak digunakan saat ini. Awalnya, layanan ini dibuat khusus untuk perangkat Blackberry, namun sejak Oktober 2013, BBM secara resmi bisa digunakan di platform lain seperti Android dan juga iOS.

Di Indonesia sendiri, pengguna BBM yang aktif mencapai lebih 60 ribu pengguna yang sekarang di dominasi oleh smartphone Android. Hal ini wajar karena smartphone android merupakan perangkat yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone di Indonesia.

Baca Juga : Gagal Install APK di Android? Begini Cara Mengatasinya

Namun sayangnya, beberapa pengguna BBM di smartphone android terkadang mengalami beberapa masalah pada saat ingin menggunakan layanan aplikasi BBM. Seringkali yang terjadi adalah BBM terkadang macet saat digunakan, atau malah tidak dapat dibuka dan muncul pesan error seperti “Unfortunately, BBM Has Been Stopped”, atau “Sayangnya BBM Telah Berhenti”.

Ada beberapa penyebab kenapa BBM di android tidak dapat dibuka atau terjadi error. Diantaranya adalah penumpukan cache aplikasi yang berlebihan dan jarang dibersihkan, penyimpanan android yang hampir penuh, banyaknya aplikasi yang terbuka sehingga BBM sulit menemukan ruang RAM yang kosong, atau terdapat file hilang pada aplikasi BBM sehingga aplikasi rusak, dan penyebab-penyebab yang lainnya.

Nah, jika anda pernah mengalami hal tersebut diatas kemudian muncul pesan Sayangnya BBM Telah Berhenti, silahkan lanjutkan membaca artikel ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Sayangnya BBM Telah Berhenti

Ada beberapa langkah-langkah mudah yang dapat anda lakukan jika aplikasi BBM anda tidak dapat dibuka dan muncul pesan error Sayangnya BBM Telah Berhenti. Berikut ini adalah cara mengatasinya :

1. Bersihkan cache aplikasi BBM

Cache digunakan agar file atau aplikasi terbuka lebih cepat. File Cache tidak hanya terdapat pada BBM saja, namun juga terdapat pada aplikasi-aplikasi lain yang terpasang pada smartphone yang anda gunakan.

Namun, cache dan juga temporary files yang tidak pernah di hapus atau jarang bersihkan dapat terus menumpuk pada penyimpanan internal android. Hal ini dapat menyebabkan memory penuh dan membuat sistem android berjalan dengan lambat dan berat.

Untuk menghapusnya, kita tinggal masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih Aplikasi, lalu pilih tap Unduhan kemudian cari aplikasi BBM, setelah itu klik “Hapus Cache”. Tunggu beberapa saat dan selesai.

Untuk pembersihan yang lebih lanjut dan mendalam, kita bisa menggunakan aplikasi cleaner seperti Clean Master atau 360 Cleaner. Aplikasi ini dapat membantu kita membersihkan cache dan juga sampah-sampah file dengan mudah dan cepat.

2. Hapus data BBM

Menghapus data BBM akan membuat aplikasi seperti baru diinstall. Namun, sebelum melakukan langkah ini agar kita membackup dulu chat atau file-file yang belum disimpan. Dan pastikan kita mengingat atau mencatat BBID (email dan kata sandinya), karena jika kita lupa maka akun BBM kita tidak akan bisa dibuka.

Cara menghapus data BBM sangat mudah, kita tinggal masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi, setelah itu pilih tap Unduhan kemudian cari aplikasi BBM, terakhir kita tinggal klik “Hapus Data”. Setelah proses selesai, silahkan buka kembali aplikasi BBM dan masukan BB ID anda.

3. Lakukan upgrade ke BBM Android versi terbaru

Jika kita mengupgrade BBM ke versi yang terbaru, maka beberapa bugs pada versi sebelumnya diperbaiki. Selain itu, biasanya terdapat beberapa fitur baru dan mungkin sedikit perubahan tampilan pada aplikasi. Jika kita masih menggunakan BBM versi lama, silahkan lakukan upgrade terlebih dahulu. Kita hanya perlu masuk ke Google Play Store dan memilih aplikasi BBM untuk dilakukan pembaruan.

4. Versi terbaru tidak kompatibel dengan perangkat Android

Pengembang suatu aplikasi biasanya menyertakan minimum spesifikasi untuk bisa menggunakan aplikasinya dengan lancar. Jika Aplikasi BBM yang kita gunakan sekarang sering macet atau error, coba untuk mendowngrade ke versi yang lebih lama.

Silahkan unduh terlebih dahulu file BBM format APK. Sebelum menginstall, kita terlebih dahulu harus mencopot pemasangan BBM terbaru, baru setelah itu kita tinggal meninstall versi sebelumnya atau yang lebih lama.

5. Upgrade versi sistem operasi Android

Jika smartphone yang anda gunakan masih menggunakan android versi lama (KitKat ke bawah), alangkah lebih baiknya jika anda mengupgradenya terlebih dahulu ke versi yang lebih tinggi.

Pembaruan sistem akan menghilangkan bugs dan fresh dalam segi tampilan. Namun, tetap sesuaikan versi android dengan kemampuan hardware perangkat kita. Jika update yang dilakukan terlalu tinggi, maka akan menyebabkan perangkat akan berjalan lebih berat dan lemot.

Baca juga :Cara Menyembunyikan File, Foto dan Aplikasi Di Android?

Nah, silahkan lakukan salah satu cara diatas jika aplikasi BBM anda mengalami Sayangnya BBM Telah Berhenti. Jika anda mempunyai koreksi pada artikel diatas atau mempunyai cara lain yang tidak ditulis diatas, silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga artikel ini dapat membantu. Jangan lupa share yah, terimakasih. 🙂

Loading...