Penyebab Dan Cara Mengatasi “Sayangnya LINE Telah Berhenti”

Ponselgue.com | Penyebab Dan Cara Mengatasi “Sayangnya Line Telah Berhenti” – Line merupakan aplikasi messaging yang menjadi salah satu platform komunikasi dominan di kalangan anak muda milenial di Indonesia. Berbagai upaya yang dilakukan untuk menambah minat tersebut, di antaranya membuat layanan agregasi konten berita Line Today dan marketplace Line Shopping. Serta turut dikembangkan pula layanan bot customer service dengan merangkul pelaku-pelaku bisnis berbagai bidang di Indonesia, mulai dari ritel, perbankan, hingga telekomunikasi.

Pihak Line sendiri memiliki tujuan menjadi “Smart Portal” untuk menjaring pengguna agar tetap bertahan memakai servis Line dalam melakukan berbagai hal, mulai dari chatting, mencari berita (Line News), belanja (Line Shopping), hingga membaca komik (Line Webtoon) ataupun belanja online (Line Shopping).

Line sendiri kini memiliki lebih dari 90 juta pengguna di Indonesia. Sebanyak 72 juta penggunanya atau sekitar 80 persen merupakan pengguna aktif bulanan (Monthly Active User, MAU). Baca juga :

Penyebab Terjadinya Error Line Force Closed (Tiba-tiba berhenti)

Banyak pengguna yang pada saat menggunakan servis dari Line di perangkat Androidnya, tiba-tiba aplikasi Line hang, lalu muncul pesan pop up “Line tidak menanggapi. Anda ingin menutupnya?”. Kemudian setelah aplikasi force closed (menutup dengan sendirinya), muncul pesan error berikut :

  • Sayangnya Line telah berhenti
  • Unfortunately, Line Has Been Stopped
  • The aplication Line has stopped unexpectedly please try again.

Sebenarnya kejadian error pada aplikasi Line ini tergantung juga dari kebiasaan kita. Ada beberapa penyebab kenapa aplikasi Line di android mengalami error, berikut ini penyebab umum error :

  1. Terjadi penumpukan cache aplikasi Line yang berlebihan karena jarang dibersihkan;
  2. Storage Android hampir hampir penuh;
  3. Ada file corrupt / hilang pada aplikasi Line yang menyebabkan aplikasi rusak;
  4. Terlalu banyak aplikasi yang terbuka secara bersamaan sehingga Line sulit menemukan ruang RAM yang kosong.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya masalah ini? simak 9 tips dari Ponselgue berikut.sayangnya line telah berhenti

Baca juga :

Cara Mengatasi Error Sayangnya Line Telah Berhenti

1. Tutup Semua Recent Apps

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menutup aplikasi Line di Recent Apps, kemudian coba buka lagi. Jika masih mengalami error, Anda dapat menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, termasuk yang berjalan pada background.

Recent apps ini fungsinya untuk melihat dan mengatur aplikasi-aplikasi yang terakhir Anda buka. Untuk mengakses Recent apps, setiap merk smartphone berbeda, ada yang yang ditaruh di sebelah kiri atau kanan tombol home, ada juga yang harus menahan tombol tertentu untuk memunculkan recent apps. Anda bisa klik x atau klik tahan dan geser ke kanan atau ke kiri untuk menutupnya. Anda juga bisa menutup semua aplikasi tersebut agar performa Android tidak berat.recent app

2. Restart Android

Silahkan matikan smartphone Android anda, kemudian lepaskan SIM Card, Memory Card (micro SD), dan juga Baterai (jika removable). Kemudian tekan tombol On/Off selama 15 detik untuk menghilangkan daya statis smartphone. Kemudian pasang dan nyalakan kembali smartphone Android anda.

3. Hapus Cache

Cache digunakan agar file atau aplikasi terbuka lebih cepat. File Cache tidak hanya terdapat pada Line saja, melainkan juga terdapat pada aplikasi-aplikasi seperti lain seperti Whatsapp, Facebook, BBM atau aplikasi lain yang terpasang pada smartphone yang Anda gunakan.

Namun, cache dan juga temporary files yang tidak pernah di hapus atau jarang bersihkan dapat terus menumpuk pada penyimpanan internal android. Hal ini dapat menyebabkan memory penuh dan membuat sistem android berjalan dengan lambat dan berat.Hapus Cache LINE

Anda bisa menghapusnya secara manual dengan cara buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi lalu cari aplikasi “Line”, kemudian tap “Clear Cache”.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Cleaner untuk pembersihan yang lebih mendalam dan cepat. Saya sendiri menggunakan aplikasi SD Maid.

Baca juga :

4. Lakukan Force Close dan Clean Data

Opsi Force Stop ini untuk digunakan untuk menghentikan aplikasi secara ‘paksa’. Sedangkan Clean Data untuk menghapus semua data Line seperti data login, history, dll akan bersih dan hilang, sehingga membuat aplikasi menjadi seperti baru di Install.Hapus Cache LINE

Caranya, buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, lalu pilih submenu Manajemen Aplikasi kemudian cari aplikasi “Line”. Kemudian ketuk pada “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

5. Install Ulang Line

Jika cara di atas masih tidak dapat menyelesaikan permasalahan Anda, kemungkinan aplikasi Line mengalami error sehingga tidak bisa di buka. Coba hapus terlebih dahulu aplikasi Line Anda, kemudian lakukan install ulang melalui Google Play Store.Uninstall LINE

Buka Pengaturan Android Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi lalu cari aplikasi “Line”, kemudian tap “Hapus Instalasi”.

6. Update Line ke Versi Terbaru

Jika kita mengupgrade aplikasi Line ke versi terbaru, maka beberapa bugs pada versi sebelumnya diperbaiki. Selain itu, biasanya terdapat penambahan fitur baru dan mungkin ada beberapa perubahan tampilan pada aplikasi. Silahkan periksa di Playstore apakah tersedia update Line terbaru, lalu lakukan update jika tersedia. Kunjungi tautan berikut untuk memeriksa Update Line terbaru di Google Play Store.Update LINE Android

7. Versi terbaru tidak kompatibel dengan perangkat Android

Pengembang suatu aplikasi biasanya menyertakan minimum spesifikasi untuk bisa menggunakan aplikasinya dengan lancar. Jika Aplikasi Line yang kita gunakan sekarang sering macet atau error, coba untuk mendowngrade ke versi yang lebih lama.

Silahkan uninstall aplikasi Line, kemudian download Line versi lebih rendah yang tersedia lengkap di situs Website uptodown.com.

Baca juga :

8. Update Sistem Android

Biasanya, vendor smartphone Android selalu memberikan update system Android. Pembaruan sistem akan menghilangkan bugs dan interface akan lebih fresh.

Nah, jika tersedia pembaruan sistem OS Android Anda, segera lakukan update. Untuk memeriksa pembaruan versi Android, masuk ke Pengaturan Ponsel, lalu masuk ke menu Tentang Ponsel (biasanya terdapat paling bawah), pilih Pembaruan Sistem. Download kemudian pasang pembaruan tersebut, kemudian ponsel akan restart secara otomatis.

Namun, tetap sesuaikan versi Android dengan kemampuan hardware perangkat Anda. Jika update yang dilakukan terlalu tinggi, maka akan menyebabkan perangkat akan berjalan lebih berat dan lemot.

9. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas masih belum membuahkan hasil, jurus pamungkas yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error Sayangnya Line Telah Berhenti adalah dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik. Ini langkah terakhir (selain flash ulang) untuk mengatasi notifikasi “Line tidak menanggapi. Anda ingin menutupnya?” atau “Sayangnya Line telah Berhenti”.

Untuk melakukan Factory Reset, buka menu Pengaturan ponsel, kemudian masuk ke Setelan Tambahan”. Setelah itu silahkan pilih menu Buat Cadangan dan Reset, kemudian pilih “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”.

Atau jika ingin melakukan hard reset, matikan ponsel Android, masuk ke menu recovery dengan menekan tombol kombinasi (tergantung dari type ponsel Anda), pilih Wipe Data/ Factory Reset”, lakukan konfirmasi dengan memilih “YES”.

Baca Cara selengkapnya disini :

NOTE!! : Me-reset perangkat ini mengembalikan ponsel seperti pertama kali dari pabrik. Semua data-data yang tersimpan di dalam ponsel seperti informasi login, dokumen, kontak, SMS, dan file media akan terhapus. Pastikan untuk membackupnya terlebih dahulu.

Nah itulah penyebab dan Cara Mengatasi “Sayangnya Line telah berhenti” yang dapat Anda coba. Sangat mudah untuk di lakukan tanpa memerlukan keahlian khusus.

Demikianlah artikel cara memperbaiki error sayangnya Line telah berhenti atau Unfortunately, Line Has Been Stopped. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan aplikasi Line yang sering error dan force closed.

Baca juga artikel menarik lainnya :

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More