2 Cara Mengetahui MAC Address di Android

3.056

Ponselgue – Setiap perangkat komputer maupun smartphone memiliki mac address. Dengan ini, Anda bisa dengan mudah menyambungkan perangkat tersebut ke jaringan Wi-Fi ataupun network lainnya.

Bagi Anda yang suka dengan jaringan, entah itu jaringan wired maupun nirkabel/wifi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah IP address dan mungkin Mac Address juga.

Apa itu MAC Address?

MAC Address merupakan singkatan dari Media Access Control Address, yang dimiliki oleh setiap Interface Network baik itu NIC (Network interface controller) atau WNIC (Wireless network interface controller).

Untuk perangkat Android, hardware yang memungkinkan Anda untuk terkoneksi ke jaringan wifi, terdapat ada dalam SoC (system on chip) atau yang biasa disebut Chipset, misalnya chipset Snapdragon.

Jadi, jika IP adress itu berhubungan dengan TCP/IP (perangkat lunak jaringan), sementara MAC address berhubungan dengan perangkat keras jaringan.


Baca juga : Cara Mengatasi Sinyal Android Lemah dan Sering Hilang

Fungsi MAC Address

Semua perangkat Android memiliki MAC address berbeda dengan yang lainnya, serta permanen. Tujuannya tentu untuk memudahkan pengenalan perangkat yang terkonesi dengan jaringan, misal pada jaringan wifi.

MAC address sendiri sudah diberikan sejak proses pabrikasi. Terdiri dari 6 set, masing-masing berisi 2 digit unik kombinasi angka dan huruf. Contohnya, 00:0a:5a:46:4d:16

Pada router jaringan, MAC address seringkali digunakan untuk keamanan yakni seperti MAC filtering. Contohnya, Router wifi Anda dapat memblokir MAC address, sehingga perangkat yang diblokir tersebut tidak akan dapat terkoneksi dengan wifi.


Baca juga : Cara Download Film Netflix di Android Agar Hemat Kuota

2 Cara Mengetahui MAC Address Android 

Sebenarnya mengetahui kode Mac Adress tidak selalu dibutuhkan dalam kehidupan setiap hari. Namun pada situasi tertentu, bisa saja kita membutuhkan kode MAC address tersebut. Untuk itu, simak ulasan mengenai cara mengetahui MAC Address Android berikut ini.

1. Mengetahui Mac Address Android melalui Pengaturan perangkat

  1. Pertama, buka menu Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Scroll layar kebawah lalu ketuk Tentang Ponsel (About Phone)
  3. Setelah itu cari dan ketuk pada Status
  4. Nantinya akan ditampilkan MAC address pada bagian Alamat MAC wi-fi (Wi-fi MAC Address)
Cara Mengetahui Mac Address Android

Yang perlu diperhatikan, kode dari MAC Address ini merupakan identitas Perangkat keras Smartphone. Jadi misalnya Anda sedang menggunakan fitur hotspot Android, nanti akan tampil MAC address dari perangkat yang terhubung ke hotspot Anda.


Baca juga : Cara Memutuskan Koneksi Wi-Fi Orang Lain di Android

2. Mengetahui MAC Address dari Router Wifi

Selain dari perangkat Android, Anda juga dapat mengetahui Mac address dari router wifi. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, login ke router wifi Anda dengan membuka alamat 192.168.1.1 di browser Anda, kemudian masukan user dan password router Anda.
  • Misalnya pada router IndiHome ZTE F609, Anda bisa mengetahui MAC address di Network > Wlan > associated devices
Cara Mengetahui Mac Address Android dari router

Mengetahui MAC address merupakan hal yang cukup penting, kenapa? Karena beberapa router memiliki fitur MAC filter. Fitur ini bisa digunakan untuk mengontrol jaringan yang terhubung dengan perangkat Anda.

Nah, itulah tadi cara mengetahui MAC Address Android. Dengan ini anda bisa memberikan akses untuk perangkat tersebut untuk bisa masuk atau tidak kedalam jaringan.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More