Cara Mengganti Suara Notifikasi Smartphone Android

Ponselgue.com | Cara Mengganti Suara Notifikasi Android – Suara notifikasi tentu memudahkan saat ada pesan maupun informasi masuk di smartphone kita.

Namun notifikasi Android default ternyata membosankan bagi sebagian pengguna dan membuatnya ingin mengganti ringtone notifikasi dengan yang lebih catchy dan menarik.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengganti suara notifikasi Android Anda dengan ringtone lain, simak caranya di bawah ini.

Cara mengganti suara notifikasi Android

Kebanyakan perangkat Android sudah mengatur secara default ringtone notifikasi bawaan. Kecuali pada aplikasi tertentu yang memiliki fitur pilihan ringtone notifikasi seperti WhatsApp atau Telegram. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pertama, masuk ke aplikasi Settings
  2. Kemudian masuk pada menu Sound
  3. Selanjutnya ketuk opsi Default notification sound

Cara Mengganti Suara Notifikasi Android

Nantinya akan ditampilkan beragam pilihan ringtone yang dapat Anda pilih. Ketuk sekali untuk mendengarkan, kemudian tekan OK untuk memilih dan menyimpan preferensinya.

Beberapa vendor smartphone Android ada yang memodifikasi sistem Android sehingga mempunyai User Interface yang berbeda-beda. Tentunya untuk pengaturan Suara dan Notifikasi kemungkinan penempatannya berbeda dengan turorial ini. Misalnya pada Pixel 2 yang menjalankan Android Oreo, pengaturan Sound dapat diakses sesuai dengan petunjuk di atas.

Untuk model lain yang lebih lama atau yang menjalankan Android Marshmallow, untuk mengatur suara dan notifikasi, Anda bisa melakukannya melalui menu Tones and notifications kemudian pilih Ringtone.

Baca juga :

Mengganti suara notifikasi WhatsApp di smartphone Android

Beberapa aplikasi mempunyai fitur custom ringtones, sehingga Anda bisa menggantinya sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya saja Whatsapp. Untuk mengganti suara notifikasi WhatsApp, berikut caranya:

  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk pada titik tiga di kanan atas
  3. Pilih Settings kemudian pilih Notifications
  4. Selanjutnya pilih ringtone dari daftar yang tersedia, lalu tekan OK.

Cara Mengganti Suara Notifikasi Whatsapp

Mengganti suara notifikasi Android sangat mudah dilakukan. Jika Anda tidak tertarik menggunakan nada dering default, ada sejumlah aplikasi yang dapat mempermudah pembuatan ringtone, seperti Most Popular Ringtones Free dan Zedge Ringtones Wallpaper.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More