Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang Android (Developer Options)

3.061

Ponselgue – Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang Android – Sebagian pengguna Android, tentunya tidak asing dengan aktivitas rooting atau pemasangan ROM (flashing). Untuk dapat melakukannya, pengguna perlu mengaktifkan USB Debugging terlebih dahulu.

Secara garis besar fungsi USB Debugging adalah memfasilitasi koneksi antara ponsel Android dan komputer. Untuk itulah USB Debugging wajib diaktifkan supaya berkas-berkas yang dibutuhkan untuk akses Superuser, dapat di-inject ke dalam sistem.

Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang Android

Namun ternyata, mengaktifkan USB debugging saat sedang tidak dibutuhkan cukup berbahaya. Dalam hal ini, resiko masuknya malware atau virus yang berpotensi membahayakan data-data penting di smartphone Android Anda semakin besar.

Maka dari itu, setelah Anda melakukan flashing , instal TWRP atau atau aktivitas sejenis, sebaiknya Anda mematikan kembali opsi USB debugging yang terdapat di Mode Pengembang (developer option) ini.

Baca juga : Cara Masuk Recovery Mode Android (Semua Versi dan Merk)

Cara Mengaktifkan Developer Option

Sebagai informasi, menu Developer Option bisa langsung dilihat di Pengaturan untuk pengguna Android v 4.3 ke bawah Sementara untuk Android 4.3 ke atas, Anda harus membukanya terlebih dahulu. Caranya:

1. Buka Setelan Android Anda.

2. Scroll ke bawah kemudian pilih Tentang Ponsel.

3. Selanjutnya tekan dengan cepat Nomor Pembuatan (Nomor Versi) sebanyak 7 kali hingga muncul pemberitahuan bahwa Anda sudah menjadi pengembang (developers).

Mengaktifkan USB Debugging Huawei 2

4. Setelah itu Anda tinggal kembali ke Setelan. Jika terdapat menu Opsi Pengembang, maka Opsi pengembang sudah aktif di Android Anda.

Untuk perangkat Xiaomi, Opsi pengembang terdapat di Setelan → Setelan tambahan → Opsi pengembang. Selanjutnya Anda tinggal mengaktifkan opsi USB debugging yang terdapat di dalam menu tersebut.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB debugging di Xiaomi

Lalu, bagaimana cara menonaktifkan Mode Pengembang Android? Berikut tutorialnya.

Baca juga : 5 Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Android

Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang Android

Untuk menonaktifkan Opsi pengembang, ikuti lagkah-langkah berikut :

1. Buka Setelan Android

2. Masuk ke menu Aplikasi (Manager aplikasi/Pengelola Aplikasi)

3. Di dalam menu aplikas tersebut, pilih Setelan.

4. Selanjutnya ketuk pada tombol Hapus Data.

5. Tunggu beberapa saat, kemudian Anda akan keluar dari Setelan kemudian kembali ke Homescreen.

Di beberapa tipe Android tertentu, caranya masuk ke SetelanManager aplikasi (Pengelola Aplikasi) → Info aplikasi → Penyimpanan, kemudian pilih Hapus Data.

Baca juga : Cara Melacak Ponsel Android Hilang Dengan Google

Nah, demikianlah cara menonaktifkan Opsi Pengembang (developer Option) di Android. Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More