Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Bagaimana Cara Menyembunyikan File, Foto dan Aplikasi Di Android?

5/5(1)

PonselGue.com | Kemungkinan apa yang terjadi apabila ada yang memiliki akses terhadap file atau aplikasi pada smartphone kita? Mereka bisa mengirim pesan kepada semua orang, membuat posting pada akun medsos kita, atau bahkan mungkin dapat mengakses rekening bank kita dan memakainya untuk melakukan pembelian. Lantas bagaimana solusi untuk menanggulangi masalah ini? Yup seperti yang kita ketahui bahwasannya menyembunyikan file pada perangkat smartphone Anda, selain dapat mengamankan dari kejahilan teman, menyembunyikan file juga dapat memberi ruang privasi kita lebih lebar.

Dewasa ini, semakin berkembangnya teknologi android banyak sekali fitur yang dapat kita manfaatkan. Salah satunya adalah kita dapat menyimpan berbagai macam file atau foto pribadi di media penyimpanan internal maupun cloud.

Dan yang jelas, kita pasti mempunyai file pribadi yang terdapat informasi penting di dalamnya,  atau mungkin foto atau video pribadi yang kita tidak ingin orang lain lihat.

Dan apapun alasannya, kita bisa menyembunyikan file-file tersebut pada smartphone android kita dengan cara-cara yang akan kami ulas berikut ini. Keep scrolling!

Cara Menyembunyikan file dan foto di Android

Menyembunyikan File

Ada dua cara untuk menyembunyikan file, yaitu menyembunyikan file menggunakan aplikasi dan tanpa menggunakan aplikasi.

Cara pertama

Ini adalah cara sederhana untuk menyembunyikan file pada ponsel android kita. Cara ini akan menyembunyikan foto agar tidak terbaca di galeri, menyembunyikan musik yang kita simpan di pemutar media, atau dokumen lain di aplikasi editing.

Sebenarnya, kita tikak benar-benar menyembunyikan file tersebut. Kita hanya “mengakali” sistem Android untuk tidak menampilkan file pada galeri atau aplikasi lain, karena Android di desain untuk bisa membaca berbagai macam file yang tersimpan pada file manager.

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu masuk ke file manager, kemudian tinggal menambahkan tanda “.” (titik) di depan nama folder yang kita inginkan. Jika ingin lebih nama foldernya tidak di curigai, coba beri nama foldernya dengan sesuatu yang tidak menarik seperti “.simdata” atau “.systeminfo” atau apapun yang anda mau.

Mudah sekali bukan?

Untuk memunculkan kembali folder yang kita hidden tadi, klik icon titik tiga di pojok kanan atas file mananger, setelah itu hilangkan centang pada “sembunyikan file system”, maka file yang telah kita sembunyikan akan muncul di file manager.

Cara Kedua

Beberapa ponsel android tidak memiliki fitur untuk menyembunyikan file, maka jalan terakhir adalah penggunaan aplikasi pihak ketiga. Mari kita mulai dari dasarnya dahulu dan menyembunyikan beberapa file.

Terdapat banyak aplikasi tersedia di Playstore yang dapat di gunakan untuk menghiden file atau aplikasi. Kali ini kita akan menggunakan File Hide Expert. Aplikasi ini gratis dan dapat digunakan untuk menyembunyikan atau memunculkan file dengan mudah di ponsel android.

 

Pertama, download aplikasinya di google play store. Setelah itu buka aplikasi, dan akan muncul pesan yang menunjukan bahwa daftar file tersembunyi masih kosong. Nah, untuk mulai menyembunyikan file, klik icon folder pada pojok kanan atas layar.

Cara kerja aplikasi ini mirip dengan aplikasi file manager. Selama kita tahu lokasi dimana kita menyimpan file itu berada, kita dapat menyembunyikan file tersebut, terlepas dari jenis atau tipe file yang ingin kita sembunyikan. Jika kita menekan tombol Hide All, maka semua file tidak akan muncul lagi di galeri ataupun file manager. Untuk mengembalikannya cukup buka aplikasi dan tekan tombol Unhide all.

 

Untuk mengamankan tangan-tangan jahil yang meminjam ponsel kita dan membuka File hide expert, sebaiknya kita mengamankannya dengan menggunakan password.  Caranya tekan tombol menu dan masuk ke menu setting, setelah itu centang pada menu Enable password.  Gunakan password yang mudah kita ingat, karena kita akan memasukkan password ini setiap kali kita membuka aplikasi.

Download File Hide Expert Di Google Play Store

Menyembunyikan Foto

Meskipun File Hide Expert bisa mendeteksi berbagai jenis file, tetapi menurut kami ada aplikasi yang bisa bekerja lebih baik dalam hal menyembunyikan foto. Terutama bagi yang menyukai foto yang sedikit (maaf) “nakal”, maka Keep Safe adalah jawabannya.

Keep Safe pada dasarnya membuat kotak rahasia untuk menyimpan file kita agar tidak muncul di galeri atau aplikasi lain. Selain dapat mengelompokan tiap jenis file dalam satu folder, ada fitur untuk mem-backup file kita di cloud, sehingga kita bisa mengunduhnya jika file di ponsel kita hilang atau rusak.

 

Saat ini, Keep safe merupakan salah satu aplikasi privasi yang paling banyak digunakan, Pada link yang kita cantumkan di bawah ini adalah versi gratis, namun kita dapat mengupgradenya menjadi premium dengan biaya $ 4,99 USD perbulan.

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah, cukup download di Google Play Store dan setelah aplikasi di buka, akan muncul panduan untuk membuat PIN. Setelah itu kita dapat menambahkan foto di Keep Safe dengan membuka folder dan klik icon “add picture” di bawah, kemudian pilih foto yang ingin kita sembunyikan.

Cara alternatif lain yang dapat digunakan untuk menambahkan foto di keep safe dengan membuka galeri foto kita, kemudian klik tombo “share” pada foto yang kita inginkan, setelah itu pilih Keep Safe pada daftar pilihan.

Yup selesai, Ini akan membuat foto menjadi “koleksi pribadi” dan menghilangkannya dari galeri.

Mudah kan!

Download KeepSafe Di Google Play Store
 

Menyembunyikan Aplikasi

Pernah merasa frustasi karena aplikasi bawaan smartphone yang tidak dapat di unistall jika belum di root lebih dulu? Atau aplikasi drawer penuh sesak dengan aplikasi yang jarang kita gunakan, sehingga terkadang membuat kita kesulitan mencari aplikasi yang kita butuhkan? Menyembunyikan aplikasi adalah cara untuk merapikan aplikasi drawer sekaligus untuk menjaga agar orang yang meminjam smartphone kita tidak membuka aplikasi yang kita rahasiakan.

Untuk sebagian pengguna smartphone android Samsung, mempunyai fitur menyembunyikan aplikasi tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa launcher yang tersedia di play store menawarkanfungsi tersebut. Salah satunya adalah Nova Launcher, yang dapat menyembunyikan aplikasi dengan cara yang sangat mudah.

 

Instal Nova Launcher dan buka aplikasi drawer. Masuk ke Nova Settings, kemudian pilih App & widget drawer, lalu klik Hide Apps, setelah itu beri tanda centang pada aplikasi yang ingin di sembunyikan, dan selesai.

Untuk mengembalikan aplikasi seperti semula, kita hanya perlu masuk ke menu yang sama kemudian tinggal menghilangkan tanda centang pada aplikasi yang diinginkan.

Download Nova Launcher Di Google Play Store
Ini adalah saran dari kami bagaimana menyembunyikan file, foto dan aplikasi pada smartphone android kita. Jika anda mempunyai metode lain yang lebih anda sukai, silahkan tulis di komentar.

.......

Comments
Loading...