Android P Beta Sudah Tersedia, Berikut Cara Updatenya

5/5 (2)

Ponselgue.com | Cara Update Android P Beta dan Daftar Smartphone Yang Sudah Didukung – Google sebagai pengembang sistem operasi Android memperkenalkan versi terbaru setiap tahunnya.

Bertepatan dengan ajang kumpul developer Google I/O 2018, di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, AS, Android P diperkenalkan diperkenalkan sebagai penerus Oreo. Google Sendiri masih merahasiakan kepanjangan dari inisial “P”-nya, namun versi ini kabarnya membawa berbagai fitur baru yang akan sedikit mengubah bagaimana pengguna menggunakan smartphone dari biasanya.

Jika Oreo menambah berbagai fitur untuk memperkaya utilitas smartphone, Android P ini bisa dibilang lebih terfokus terhadap banyaknya waktu yang pengguna habiskan dengan smartphone serta kemampuan kecerdasan buatan (Artificial Intelegent (AI)) untuk membantu aktivitas sehari-hari.Android P teal

Dengan segala fitur yang ada, namun masih ada kekurangan sistem operasi Android, yakni dukungan apakah smartphone pengguna akan mendapatkan update terbaru. Menyadari hal tersebut, Google menjalankan sebuah proyek yang diberi nama Treble untuk mendukung para vendor supaya lebih cepat mengirim paket pembaruan ke perangkat buatan mereka.

Nah, kemungkinan Android P menjadi awal dari proyek tersebut. Google sendiri biasanya langsung memberikan lini smartphone yang berada di bawah naungannya seperti Pixel, Nexus dan Android One. Namun kini ada tambahan vendor yang bisa mencoba Android P tersebut, seperti Sony, Xiaomi hingga Oppo.

Baca juga :

Tipe Smartphone yang Mendapatkan Update

Berikut ini adalah daftar perangkat pertama yang mendapatkan sistem operasi Android terbaru. Jika Anda ingin mencoba Android P Beta, pastikan perangkat Anda termasuk dalam daftar berikut :

  1. Pixel 2 / Pixel 2 XL
  2. Pixel / Pixel XL
  3. Essential Phone
  4. Sony Xperia XZ2
  5. Xiaomi Mi Mix 2S
  6. Nokia 7 Plus
  7. Oppo R15 Pro
  8. Vivo X21
  9. OnePlus 6

Kemungkinan Google masih akan menambah model lain ke dalam daftar ini ke depannya, namun jika tidak maka Anda bisa berharap bisa memperoleh update Android P versi Final.

Cara Update Android P Beta

Perlu Anda ingat bahwa versi Beta artinya masih ada kemungkinan masalah atau bug yang muncul. Sebaiknya Anda melakukan backup ROM agar Anda mempunyai cadangan data dan ROM.

Untuk bisa update Android P Beta, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengunjungi halaman Android Developer kemudian pilih tipe smartphone Anda. Selanjutnya klik Get The Beta yang terletak pada bagian bawah, nantinya Anda akan diarahkan ke halaman instruksi untuk melakukan pendaftaran. Anda akan menerima instruksi sesuai dengan kebijakan vendor smartphone.

cara update Android P Beta

Jika semua sudah selesai dilakukan, selanjutnya Anda hanya tinggal melakukan update Android P Beta seperti biasa dengan masuk ke Pengaturan (Setting) kemudian pilih menu Pembaruan Sistem (System Update).

Anda juga bisa melakukan update Android P Beta dengan mengetuk notifikasi bahwa terdapat versi baru. Pilih setuju kemudian tunggu hingga proses update selesai.

.......

Comments
Loading...