4 Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

5.323

Ponselgue.com | 4 Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store – Play Store merupakan toko aplikasi resmi dari Google untuk perangkat Android. Tersedia lebih dari 5 miliar konten berupa aplikasi, game, buku, film atau konten-konten lain yang bisa di unduh dengan aman. Ada yang bisa di dapatkan secara gratis, namun juga ada yang berbayar.

Meskipun dengan berbagai berbagi kemudahannya, namun nyatanya tidak sedikit pengguna Android yang masih mengalami beberapa kendala dalam penggunaanya. Salah satu yang sering terjadi adalah proses download di market store Android ini seringkali tertunda.

Google play store
Credit : Pixabay

Penyebab Download Aplikasi Play Store Tidak Jalan

Banyak pengguna Android yang mengira bahwa penyebab hal ini adalah karena spesifikasi perangkatnya yang kurang tinggi, atau karena sudah terlalu banyak aplikasi yang diinstall sehingga memory menjadi penuh. Memang, kedua hal tersebut bisa menjadi alasan kenapa pengguna tidak bisa download di play store, namun ada faktor lain yang lebih perlu di perhatikan.

Faktor lain tersebut antara lain konektivitas internet, kesalahan memilih opsi download atau karena menumpuknya cache atau data lama yang masih tersimpan di perangkat sebelumnya.

Baca juga :

4 Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Apabila permasalahan yang terjadi disebabkan oleh beberapa hal tersebut, pengguna Android dapat menggunakan beberapa tips berikut untuk mengatasi download aplikasi tertunda di Google Play Store.

1. Gunakan Koneksi Internet Yang Memadai

Beberapa aplikasi yang berukuran cukup besar, biasanya akan menyarankan pengunduhan menggunakan konektivitas Wi-Fi. Apabila pengguna mencentang opsi ini, maka aplikasi tidak akan di download menggunakan data seluler meskipun koneksi yang dimiliki sangat cepat.

Nah, kemungkinan penyebab download aplikasi menjadi tertunda adalah koneksi jaringan internet yang sedang digunakan tidak sedang dalam kondisi kurang memadai. Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store 1Untuk mengatasi hal ini, Anda tinggal beralih mode jaringa. Saat akan memulai proses download, hilangkan tanda centang lalu tekan Proceed. Jika sudah terlanjur menggunakan koneksi Wi-fi, aktifkan mode pesawat beberapa saat, kemudian mematikan mode tersebut kembali.

2. Bersihkan Cache

Cache (data sampah) sangat membantu aplikasi dalam menjalankan dan mempercepat prosesnya. Dengan adanya cache yang tersimpan, aplikasi tidak perlu membuat data baru lagi. Namun, terkadang cache juga menyebabkan beberapa masalah.

Misalnya, aplikasi tersangkut untuk menggunakan cache tersebut tanpa diperbarui, padahal aplikasi perlu memperbaruinya. Inilah yang bisa menjadikan unduhan di  Google Play Store tertunda.Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store 2

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna bisa membersihkan data cache Google Play Store di perangkatnya. Pengguna dapat menghapusnya secara manual dengan cara buka Pengaturan perangkat, pilih menu Manajemen Aplikasi kemudian cari aplikasi Google Play Store, pilih Storage lalu pilih Clear Cache.

Baca juga :

3. Update Instagram ke Versi Terbaru

Ada kemungkinan penyebab Google Play Store sering tertunda saat mengunduh aplikasi adalah karena versi yang diinstall sudah using dan perlu di update ke versi terbaru. Selain menambah banyak fitur, update juga menghilangkan bug yang menyebabkan download menjadi tertunda.Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store 3Untuk melakukan update aplikasi Google Play Store, silahkan lakukan langkah berikut ini :

  • Pertama, buka Google Play Store kemudian masuk menu dengan cara menekan ikon tiga garis pada pojok kiri atas;
  • Selanjutnya klik pada menu Settings, lalu gulir ke bawah tap pada About;
  • Pengguna bisa melihat versi aplikasi yang digunakan dengan Play Store version. Untuk memperbaruinya, ketuk beberapa kali sampai ada pilihan update.

4. Restart Perangkat

Jika beberapa cara di atas masih belum berhasil, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah mereset ponsel ke kondisi awal (bukan factory reset). Pengguna hanya perlu melakukan reboot atau restart. Dengan ini, semua pengaturan temporary dapat dikembalikan ke kondisi semula.

Nah, demikianlah cara mengatasi download tertunda di Play Store yang bisa Anda lakukan. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini, jangan ragu untuk membagikan atau memberi rating bintang 5. Semoga bermanfaat!

Baca juga :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More