Cara Menggunakan Fitur Picture-In-Picture di Android Oreo

1.317

Ponselgue.com | Cara Menggunakan Fitur Picture-In-Picture di Android Oreo – Kini smartphone terbaru mulai banyak yang sudah menggunakan OS Android 8.0 Oreo, salah satunya adalah Xiaomi A1 yang mengusung Android One di dalamnya.

Android 8.0 Oreo merupakan versi Android yang paling baru, tentunya versi ini dilengkapi dengan beberapa perbaikan dan tambahan beberapa fitur baru. Salah satu fitur yang cukup menarik untuk digunakan adalah fitur picture-in-picture yang memang baru dirilis untuk pertama kalinya.

Lazimnya sebagai fitur baru, tentu banyak pengguna Android yang kurang mengetahui fitur ini, apalagi yang perangkat Androidnya belum didukung fitu PIP. Terlebih untuk pengguna awam, yang mungkin saja belum mengetahui fitur ini dan bagaimana cara menggunakan untuk menggunakannya.

Untuk itu, simak ulasan lengkap mengenai fitur fitur picture-in-picture di Android Oreo selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu fitur Picture-in-Picture?

Sebagai sistem operasi Android yang paling baru, tentunya masih banyak pengguna yang belum mengetahui fitur picture-in-picture yang terdapat di sistem operasi tersebut. Fitur PIP ini memungkinkan pengguna bisa membuka dua aplikasi atau lebih , dalam satu layar sekaligus.

fitur picture-in-picture

Fitur ini cukup berbeda dengan fitur Split Screen yang mana bisa digunakan untuk membuka dua aplikasi dengan membagi layar menjadi dua. Sementara untuk fitur picture-in-picture yakni menampilkan aplikasi dalam bentuk floating layaknya aplikasi di sistem operasi Windows. Nantinya pengguna bisa menyesuaikan lokasi dengan menggesernya ke tempat yang diinginkan.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa membuka sebuah aplikasi bersamaan dengan mengakses aplikasi lainnya dalam satu layar. Sayangnya, belum (tidak) semua aplikasi yang mendukung fitur ini. Selain itu, untuk bisa digunakan dalam mode floating ini setiap aplikasi memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

Beberapa aplikasi yang sudah mendukung fitur ini diantaranya adalah Google Maps, Google Chrome, YouTube, VLC, Netflix, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

picture-in-picture Android OreoUntuk menggunakan fitur picture-in-picture, bisa jadi setiap perangkat Android dengan Android O memiliki cara cara yang berbeda-beda. Namun, secara umum Anda bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut ini :

  1. Terlebih dulu pengguna harus mengizinkan fitur ini untuk aplikasi yang ingin diakses menggunakan fitur PIP, caranya :

    • Masuk ke Settings perangkat Anda
    • Selanjutnya pilih Apps & Notification
    • Ketuk opsi Advanced
    • Pilih Special App Access
    • Kemudian pilih aplikasi yang dinonaktifkan dengan mengeser tombol ke kiri pada opsi Allow Picture-in-Picture.
  2. Untuk setiap aplikasi mempunyai persyaratan tersendiri, misalnya pada Google Chrome fitur ini bisa digunakan dalam mode full screen atau VLC yang harus diatur terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya buka aplikasi yang sudah mendukung fitur ini dengan persyaratan tersebut.
  4. Ketuk tombol home dan aplikasi akan menjadi cendela kecil di bagian pojok kanan bawah.
  5. Ketuk pada layar aplikasi tersebut untuk mengelola layar aplikasi sesuai keinginan.
  6. Nantinya, pengguna bisa menggesernya ke tempat yang diinginkan dengan cara menyeretnya.
You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More