Apakah Sebenarnya Fungsi VPN di Ponsel Android?

3.122

Ponselgue – Teknologi smartphone Android terus berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu fitur yang sering kita dengar adalah VPN alias Virtual Private Android. Lalu, tahukah Anda apakah fungsi dari VPN di Android ini?

Sebenarnya VPN atau yang dalam bahasa Indonesia disebut jaringan pribadi virtual adalah jaringan komputer fisik yang saling terhubung menggunakan aturan (protokol) tertentu sehingga bisa diakses secara privat di jaringan publik.

Fungsi VPN di Android

Secara umum, VPN berfungsi untuk menyediakan jalur komunikasi data rahasia, menjaga data tersebut supaya utuh dan aman, serta memastikan keaslian sumber dari data yang diakses.

Nah, meskipun memiliki fungsi yang sama untuk perangkat Android, ternyata VPN secara spesifik bisa digunakan untuk melakukan beberapa hal. Berikut beberapa fungsi VPN di Android.


Baca juga : 10 Aplikasi Whatsapp MOD Terbaik 2019

Fungsi VPN di Android

1. Dapat Membuka Akses ke Layanan yang Diblokir

Untuk fungsi VPN yang ini tentu sudah banyak diketahui oleh pengguna smartphone. Berkat protokol khusus VPN, kita bisa mengakses berbagai macam informasi secara rahasia.

Nah, jika pihak yang memblokir tersebut tidak memiliki protokol yang sama, maka pihak tersebut tidak bisa mengetahui isi dari data yang berada di jaringan pribadi tersebut, termasuk situs atau layanan apa yang sedang diakses.


Baca juga : Cara Menggunakan VPN Untuk Membuka Situs Yang Di Blokir Pemerintah

2. Memberikan Keamanan Saat Berselancar di Dunia Maya

Foto : Pexels

Saat perangkat Android terkoneksi jaringan publik (misalnya Wi-Fi di taman atau restoren), akses data ke perangkat akan ikut terbuka. Hal tersebut tentu saja dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk meretas data pada ponsel Android.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan jaringan pribadi virtual atau VPN. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, VPN memiliki protokol yang akan melakukan enkripsi data sebelum data diakses.

3. Memungkinkan Untuk Berpindah Regional (Negara)

Dengan VPN, pengguna Android bisa dengan mudah memindahkan jaringan lokalnya ke jaringan lokal negara lain. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menemukan server yang tepat.

Misalnya, untuk mendownload game yang masih belum tersedia di Google Play Store regional Indonesia.


Baca juga : 5 Alasan Wajib Menggunakan VPN Saat Bermain Game

4. Alternatif Untuk Mengatasi Sinyal Internet Yang Lelet

Biasanya jika terlalu banyak pengguna sedang mengakses server atau jaringan lokal yang sama, tidak menutup kemungkinan terjadi permasalahan pada sinyal internet.

Dengan menggunakan VPN, secara teknis Anda dapat berpindah ke server atau jaringan lokal lain yang sedang tidak diakses oleh banyak pengguna.


Baca juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Menggunakan VPN

Namun yang perlu diperhatikan, hal ini tidak berlaku apabila masalah sinyal tersebut dikarenakan oleh minimnya sinyal yang diterima oleh perangkat, yang bisa dikarenakan jauh sehingga tidak terjangkau dengan baik oleh BTS (Base Transceiver Station).

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More