Gagal Install APK di Android? Begini Cara Mengatasinya

Gagal Install APK di Android – FIle APK (Android application package) adalah jenis format file khusus yang hanya bisa dipasang pada smartphone yang menggunakan sistem operasi android. Android sendiri sebenarnya telah menyediakan Play Store sebagai market store untuk mendownload berbagai aplikasi atau game dengan bebas dan juga “aman”.

Lalu kenapa kita harus menginstall menggunakan file Apk jika aplikasi atau game sudah tersedia di Play Store?

Nah, berikut ini adalah beberapa alasannya kenapa kita harus menginstall menggunakan file apk :

  • Untuk mencari versi sebelum versi terbaru (downgrade)
  • Untuk menginstall aplikasi yang tidak tersedia di play store
  • Menguji aplikasi yang telah dibuat sendiri
  • Karena selalu gagal install dari play store
  • Karena play store hanya menyediakan aplikasi yang bersifat aman untuk di pasang dan tidak merusak sistem android (seperti aplikasi Root dan sebagainya)

Maka dari itu, beberapa pengguna memilih memasang aplikasi menggunakan file Apk. Saat ini telah tersedia banyak situs untuk mendownload file Apk lengkap dari versi lama hingga versi yang terbaru.

Baca juga :Cara Menyembunyikan File, Foto dan Aplikasi Di Android?

Namun sayangnya, tidak semua file Apk bisa sukses di pasang di Android. Biasanya saat gagal install Apk muncul pesan eror “installer package error 919”, “Sorry, package installer has stopped unexpectedly”, “parse error” atau “Unable to open file”. 

Lalu, apakah yang menyebabkan kita gagal saat menginstall file apk di smartphone android kita? berikut ini penjelasannya.

Penyebab gagal install Apk di android

  1. File Apk yang akan di install tidak kompatibel dengan os android. Dengan kata lain tidak di dukung oleh versi os android yang kita gunakan pada smartphone kita. Setiap aplikasi pasti dibuat oleh pengembangnya dengan berbagai versi, sehingga tidak semua perangkat android dapat memasang aplikasi tersebut.
  2. File Apk telah rusak. Hal ini bisa saja terjadi pada saat pengunduhan terhenti dan dilanjutkan kembali atau file gagal saat diunduh. Penyebab lain mungkin file tersebut telah di modifikasi (MOD) dan pada saat melakukan recompile terdapat beberapa file yang tertinggal.
  3. Google Play Service hilang atau telah terhapus. Jika kita telah berhasil menginstall aplikasi apk, namun pada saat aplikasi tersebut akan kita gunakan selalu menutup dengan sendirinya (force close), hal tersebut terjadi dikarenakan Google Play Service telah hilang atau terhapus sehingga aplikasi apk yang telah diinstall terjadi error. Hal ini biasanya terjadi pada aplikasi berbayar yang menggunakan sistem android yang telah di root.
  4. File Apk belum dilakukan Sign. Aplikasi yang tidak atau belum ditandatangani sertifikat secara digital tidak akan bisa di install pada sistem operasi Android. Kenapa demikian? Karena sistem operasi Android hanya dapat menerima aplikasi legal dan tahu siapa pembuat dari aplikasi yang dapat dilihat pada sertifikat tersebut.
  5. Cache Android penuh dan belum di bersihkan. Cache digunakan agar file atau aplikasi terbuka lebih cepat. Namun, cache atau temporary files yang tidak pernah di hapus atau di bersihkan dapat terus menumpuk sehingga menyebabkan memory penuh. Hal ini dapat mengganggu proses pemasangan aplikasi karena menyulitkan aplikasi baru untuk mendapatkan ruang di dalam sistem.

Baca Juga : Cara mengatasi verifikasi akun Google FRP Lock Android

Tentu saja masih banyak penyebab yang lainnya karena setiap smartphone memiliki penyebab yang berbeda-beda sehingga terjadi kegagalan pada saat install Apk. Namun, apabila anda sedang mengalami salah satu penyebab gagal install apk diatas, maka anda dapat menyimak cara mengatasinya berikut ini.

Solusi dan cara mengatasi gagal install apk di android

 

  1. Memberikan izin pada aplikasi Apk. Ini merupakan hal yang paling utama karena semua jenis file Apk tidak akan pernah bisa terinstall apabila kita tidak pernah memberikan izin pada aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah, masuk ke menu Settings > Security > kemudian centang ”Unknown sources“.
  2. Cari file Apk yang kompatibel dengan OS Android yang kita gunakan.  File apk yang Kompatibel maksudnya adalah file yang cocok dengan smartphone kita saat ini, kita hanya perlu mengunduh file Apk yang sesuai dengan os android kita.
  3. Bersihkan cache aplikasi. Kita dapat menggunakan aplikasi cleaner seperti 360 Cleaner atau Clean Master. Aplikasi tersebut cukup ampuh dan dapat membantu kita membersikan cache aplikasi atau temporary files.
  4. Pasang aplikasi Apk installer. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang Android yang dapat memudahkan kita dalam mengelola dan menginstall file Apk dengan mudah. Download aplikasinya via play store disini.

gagal install apk di android

Nah, demikian ulasan singkat mengenai gagal install apk di android. Jika anda mempunyai koreksi atas artikel diatas maupun solusi lain silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga dapat membantu. Jangan lupa bantu share yah 🙂

 

 

Komentar

Memuat komentar...