Cara Kalibrasi Touchscreen HP Android Yang Kurang Responsif

Ponselgue.com | Cara Kalibrasi Touchscreen Android Yang Kurang Responsif – Touchscreen merupakan komponen penting dalam mengoperasikan smartphone Android.

kebanyakan smartphone yang menggunkan sistem operasi Android memang dirancang secara khusus untuk dioperasikan dengan layar sentuh. Walaupun ada perangkat yang juga didukung oleh tombol fisik, touchscreen masih menjadi hal penting dalam pengoprasian perangkat tersebut.

Seiring dengan lamanya penggunaan, ada beberapa pengguna yang mengeluhkan penurunan kinerja dari touchscreen pada perangkatnya. Biasanya touchscreen kurang responsif, lambat, dan juga akurasi sentuhan berkurang.

Selama tidak ada kerusakan fisik, mengatasi hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Pengguna smartphone Android bisa melakukan kalibrasi terhadap touchscreen di perangkatnya, untuk mendapatkan kembali pengenalan sentuhan dengan lebih akurat.Kalibrasi Touchscreen Android

Cara Kalibrasi Touchscreen Android

Kebanyakan perangkat Android tidak dilengkapi dengan fitur yang bisa digunakan untuk melakukan kalibrasi touchscreen. Oleh karenanya, pengguna perlu menginstal aplikasi pihak ketiga yang bisa dengan mudah ditemukan di Google Play Store.

Salah satu aplikasi kalibrasi touchscreen Android yang kami rekomendasikan adalah Touchscreen Calibration. Aplikasi ini memungkinkan pengguna bisa melakukan kalibrasi touchscreen agar kinerja touchscreen di HP Android miliknya bisa lebih baik lagi.

Cara yang dipakai aplikasi ini untuk mengkalibrasi adalah dengan mendeteksi jenis sentuhan di area layar perangkat, seperti ketukan tunggal, ketukan ganda, sentuhan lama, geser, perbesar dan lainnya.

Anda bisa mengunduh aplikasi Touchscreen Calibration ini secara gratis di Google Play Store. Selain ukurannya yang ringan, tampilan dan navigasi aplikasi ini sangat sederhana, sehingga pengguna bisa dengan mudah melakukan kalibrasi touchscreen di perangkat Android.

Cara Kalibrasi Touchscreen Android

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara kalibrasi touchscreen Android agar kembali bekerja dengan baik, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pertama, unduh aplikasi Touchscreen Calibration dari Google Play Store.
  2. Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini tidak perlu mengatur preferensi atau hak ases apapun.
  3. Jika sudah terinstall, silahkan buka aplikasi tersebut.
  4. Setelah aplikasi terbuka, ketuk pada tombol CALIBRATE untuk memulai kalibrasi touchscreen.
  5. Selanjutnya Anda bisa melakukan beberapa jenis sentuhan layar sesuai instruksi pada TEST PAD yang disediakan, seperti single tap, double tap, long press, swipe, pinch, dan juga zooming.
  6. Nantinya setiap kali Anda melakukan pengujian pada jenis sentuhan, aplikasi akan menampilkan keakuratan dari jenis sentuhan tersebut.
  7. JIka semua sudah selesai, nantinya akan muncul notifikasi Calibration Successfully, kemudian klik OK.
  8. Terakhir, silahkan restart perangkat Anda untuk mengaplikasikan hasil kalibrasinya

Cukup mudah bukan untuk melakukan kalibrasi touchscreen Android yang kurang responsif? Namun perlu diingat, proses kalibrasi touchscreen di ponsel Android ini tidak akan memperbaiki kerusakan hardware pada touchscreen. Aplikasi ini hanya membantu pengguna untuk mendeteksi jenis sentuhan di area layar, dan membantu pengguna mendefinisikan kembali jenis sentuhan tersebut.

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More