Masih Pakai MIUI 9? Upgrade ke MIUI 10 Untuk Menikmati Fitur Ini

3.089

Ponselgue | Kelebihan MIUI 10 Dibandingkan MIUI 9 – Xiaomi secara resmi meluncurkan MIUI 10 pada Mei 2018 lalu. Hadirnya sistem operasi yang dikembangkan khusus oleh Xiaomi ini membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan denga pendahulunya, yakni MIUI 9.

Foto: mi.com

Selain peningkatan dari sisi desain dan kinerja, pengguna juga bisa mendapatkan fitur-fitur baru yang bisa bisa memberikan utilitas tambahan untuk memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari.

Jika dikelompokkan, setidaknya ada empat poin penting keunggulan MIUI versi terbaru ini. Untuk lebih jelasnya, berikut kelebihan MIUI 10 dibandingkan MIUI 9.


Baca juga : Cara Mengetahui Perbedaan ROM MIUI Global/China, Stable/Developer, dan Distributor

Kelebihan MIUI 10 Dibandingkan MIUI 9

1. Peningkatan Kinerja Tetapi Tidak Boros Baterai

MIUI 10 dirancang dengan dukungan sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Preload. Sistem ini mampu mengurangi waktu loading aplikasi atau fungsi UI (User Interface).

Berbekal dukungan kecerdasan buatan, kinerja MIUI 10 jelas tidak bisa diragukan karena lebih efisien jika dibandingkan dengan MIUI versi sebelumnya, termasuk MIUI 9.

Sistem kecerdasan buatan tersebut akan melakukan pre-loading aplikasi dan mengelola sumber daya. Hal ini nantinya akan disesuaikan dengan pola penggunaan dan rutinitas harian pengguna.


Baca juga : Cara Mengubah Font MIUI Agar Tampilan Lebih Menarik

2. Desain Visual Yang Elegan

Di sisi design, Xiaomi merombak tampilan MIUI 10 habis-habisan. Selain menawarkan antarmuka yang lebih elegan dan rapi, MIUI terbaru ini juga menawarkan animasi yang lebih halus.

Karena dirancang untuk perangkat-perangkat dengan layar penuh (bezel less), Xiaomi menerapkan navigasi berbasis gestur pada MIUI 10 yang diadopsi dari iPhone. Seperti usap dari bawah ke atas untuk masuk homescreen, usap dari kiri untuk kembali ke layar sebelumnya, usap dari bawah ke atas dan tahan untuk membuka layar recent apps, serta gesture khusus lainnya.

Kelebihan MIUI 10 Dibandingkan MIUI 9
Foto : mi.com

Tampilan recent app di MIUI 10 juga di desain ulang dengan layout vertikal 2 kolom. Hal ini untuk memudahkan pengguna saat berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya saat sedang melakukan multitasking.

Tampilan lain seperti Lock screen, halaman Settings, panel notifikasi, serta yang lainnya juga mendapatkan beberapa peningkatan, seperti penggunaan ikon yang lebih sederhana sehingga tampilan lebih bersih.

3. Penambahan Fitur Baru dan Peningkatan Fitur Lama

Di MIUI 10, Xiaomi juga membawa peningkatan beberapa fitur lama dari MIUI 9, seperti Picture-in-picture, autofill, screen recording, dan fitur lain. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan beberapa fitur baru di dalamnya.

Salah satunya adalah penyematan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada kamera. Dengan teknologi ini, pengguna bisa mengambil foto dengan latar belakang bokeh (latar blur), mekipun dengan satu sensor kamera.


Baca juga : 2 Cara Mengatasi Lupa Password Mi Account

Lalu, apa kekurangannya?

Semua sistem operasi tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dibandingkan dengan MIUI 9, pada MIUI 10 Anda akan lebih banyak menemukan unit iklan yang muncul.

Xiaomi tampaknya lebih gencar menampilkan iklan meskipun pada versi sebelumnya (MIUI 9) sudah banyak pengguna yang mengeluhkan banyak iklan yang tampil. Namun hal itu sepertinya tidak di gubris karena pada MIUI 10 iklan yang muncul malah lebih banyak, dari mulai di atas widget hingga dalam masuk ke Settings.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More