Kenapa Memori Internal Xiaomi Redmi Note 5A Cepat Penuh?

Ponselgue – Permasalahan pada smartphone merupakan hal yang biasa terjadi. Bisa dikarenakan oleh cacat pada saat produksi, atau karena kesalahan penggunaan.

Kerusakan pada smartphone ini dibagi lagi menjadi dua, yaitu masalah hardware dan software. Masalah pada hardware contohnya seperti LCD pecah atau mic mati, untuk memperbaikinya jelas harus mengganti komponen yang rusak dengan yang baru agar bisa berfungsi dengan normal kembali.

memori Xiaomi Redmi Note 5A cepat penuh

Sementara kerusakan software contohnya bootloop, sering self reboot, virus, atau yang lainnya. Untuk mengatasinya bisa dengan flash ulang software atau penanganan lainnya, tergantung masalah yang dihadapi.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai masalah memori internal atau ROM Xiaomi Redmi Note 5A yang cepat penuh. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.


Baca juga : Cara Memperbaiki Touchscreen Xiaomi Yang Kurang Sensitif

Mengatasi Memori Redmi Note 5A Cepat Penuh

Redmi Note 5A merupakan smartphone kelas menengah buatan Xiaomi yang diawal kehadirannya dulu, perangkat ini dibanderol dengan harga 1,5 jt. Meskipun harganya cukup terjangkau, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan bisa dibilang mumpuni.

Smartphone ini dibekali dengan prosesor quad core Snapdragon 425. Tersemat juga RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB yang bisa diperluas dengan slot microSD.

Redmi Note 5A menjalankan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat yang dikemas Xiaomi dalam balutan tampilan antarmuka MIUI 9. Saat ini, ponsel ini juga sudah menerima update MIUI 10.


Baca juga : Cara Memperbaiki Baterai Xiaomi Yang Di Charge Tidak Mengisi

Xiaomi Redmi Note 5

Untuk masalah Xiaomi Redmi Note 5A yang cepat penuh ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun penyebab utamanya adalah keterbatasan memori internal yang dimiliki smartphone ini, yakni sebesar 16 GB. Dalam hal ini, untuk menjalankan sistem operasi-nya saja membutuhkan storage minimal mencapai 5 GB.

Keterbatasan memori ini tentunya berimbas pada kemampuan perangkat untuk menginstal aplikasi dan menyimpan file lainnya (foto, video, dll). Apalagi aplikasi saat ini berukuran semakin besar sehingga akan membuat kapasitas memori internal cepat habis.

Baca juga : Cara Menghapus File Ganda di Android Supaya Tidak Membebani Memori 

Untuk mengatasi masalah memori Redmi Note 5A cepat penuh, solusi paling mudah adalah dengan memperluas kapasitas penyimpanan menggunakan microSD.

Sebaiknya Anda memilih microSD minimal Class 10 supaya dapat membaca data dengan cepat. Nantinya, Anda bisa memindahkan file media dan aplikasi-aplikasi selain bloatware untuk disimpan di microSD supaya memori internal Prime tidak cepat habis.

Alternatif lainnya adalah memanfaatkan layanan MI Cloud. Anda bisa menyimpan sebagian data-data Anda ke penyimpanan awan milik Xiaomi ini. Anda juga bisa memindahkan foto, video, dan file lainnya dari Redmi Note 5A ke komputer atau laptop Anda secara berkala supaya penyimpanan perangkat terasa lega.

Comments are closed.