Cara Mengembalikan Foto Yang Tidak Sengaja Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android
Foto : Pexels

Ponselgue.com | Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android – Di zaman sekarang, selain sebagai alat komunikasi, smartphone juga berfungsi sebagai media hiburan. Berbagai aktivitas multimedia seperti merekam suara, mengambil foto dan video bisa dilakukan hanya dengan smartphone.

Anda mungkin pernah pernah tanpa sengaja menghapus foto di galeri smartphone Android, atau memang dengan sengaja agar memori lebih lega. Namun jika Anda ternyata salah menghapus foto, apa yang Anda lakukan?

Tentunya bingung, bukan? Karena di mata beberapa orang, saat foto sudah terhapus maka akan hilang selamanya, padahal kenyataannya tidak. Data digital yang dihapus tidak langsung dihilangkan begitu saja secara permanen, sehingga secara teknis masih mungkin dikembalikan.

Baca juga :

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga.S alah satu yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi yang bernama DiskDigger Photo Recovery.

Melalui artikel ini, saya akan membagikan tutorial cara mengembalikan foto yang terhapus di Android. Simak selengkapnya di bawah ini.

NOTE : Jangan gunakan Android untuk aktivitas lain sebelum Anda me-restore foto yang terhapus tadi. Membuat file atau data baru bisa menghapus foto yang kemungkinan masih berada di perangkat.

1. Pertama, download aplikasi DiskDigger yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

2. Setelah berhasil terinstall, buka aplikasi tersebut. Jika DiskDigger meminta ijin untuk bisa mengakses foto-foto, media, dan file-file, ketuk Allow.

3. Di aplikasi tersebut, ketuk Start Basic Photo Scan untuk mulai melakukan pemindaian foto.

4. Nantinya DiskDigger akan menampikan foto-foto yang telah terhapus. Untuk memilih foto yang ingin dikembalikan,  beri centang pada kotak kotak kosong di pojok kiri, kemudian ketuk tombol RECOVER yang terdapat di bagian atas.

5. Setelah itu, Anda akan disuruh memilih langkah apa yang Anda inginkan untuk mengembalikan foto-foto tersebut. Anda bisa memilih opsi (Recommended) Save the files to an app on your device, such as Email, Dropbox, Google Drive, etc. Atau Anda bisa memilih untuk langsung menyimpannya langsung di perangkat Anda.

6. Pilih opsi terbaik menurut Anda, kemudian Anda tinggal tinggal mengikuti instruksi yang diberikan selanjutnya.

7. Selesai.

Lalu, apa langkah pencegahan yang harus dilakukan supaya hal tersebut tidak terjadi lagi?

Semua perangkat Android dilengkapi dengan aplikasi Google sebagai developer Android, salah satunya adalah aplikasi Google Photos. Anda bisa melakukan singkronisasi semua foto Anda ke aplikasi tersebut dan sehingga Anda mempunyai cadangan jika sewaktu-waktu hal yang sama terulang kembali.

Namun proses backup ke Google Photos ini membutuhkan koneksi internet, jadi Anda harus memperhatikan pengguna data internet Anda.

Opsi lain adalah melakukan backup atau memindahkan foto atau video Anda ke ke komputer desktop. Selain lebih aman, proses ini juga akan membuat ruang penyimpanan lebih lega.

Nah, demikianlah cara mengembalikan foto yang terhapus di Android menggunakan aplikasi DiskDigger Photo Recovery. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Baca juga :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More