Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

3.306
Cara Menghapus Bloatware Android Tanpa Root
foto : androidcentral

Ponselgue.com – Jika Anda merupakan seorang pengguna smartphone berbasis Android, Anda tentu tidak asing dengan dengan bloatware atau aplikasi bawaan di perangkat Anda.

Bloatware ini memang sengaja disematkan vendor di perangkat buatannya. Selain bertujuan untuk iklan/promosi, biasanya bloatware juga dipasang karena alasan TKDN atau kerjasama dengan perusahaan tertentu.

Dari sekian banyak aplikasi bawaan smartphone Android, tentunya tidak semua aplikasi tersebut Anda gunakan secara rutin. Bahkan mungkin ada beberapa aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan sama sekali. Jika seperti ini tentunya hanya menghabiskan kapasitas penyimpanan internal perangkat.

Untuk menguninstal bloatware tersebut, pengguna harus melakukan proses rooting terlebih dahulu. Tetapi seperti yang kita tahu, proses rooting akan menghanguskan garansi, maka dari itu banyak orang yang enggan untuk me-root perangkat Android miliknya.

Nah, bagi Anda yang ingin tetap ingin menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root, Anda bisa mengikut tutorialnya di bawah ini.


Baca juga :


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa RootSebelum menghapus aplikasi bawaan di perangkat Android Anda, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi tersebut memang benar-benar tidak terlalu dibutuhkan. Untuk itu ada baiknya Anda mencari tahu mengenai kegunaan dan manfaat dari aplikasi tersebut.

Produsen Android tentu tidak serta merta memberikan aplikasi bawaan tanpa pertimbangan apapun. Apalagi jika aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi yang berkaitan dengan system sehingga saat dihapus maka akan berpengaruh terhadap kinerja perangkat. Bahkan kemungkinan terburuknya perangkat mengalami bootloop.

Untuk itu, backup data Android Anda terlebih dahulu agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda tidak kehilangan data-data penting Anda.

Selanjutnya, ikuti cara uninstall bloatware Android berikut ini :

  1. Pertama, download aplikasi CCleanerdi Play Store.
  2. Setelah berhasil di instal, buka aplikasi CCleaner. Kemudian ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas , dan pilih menu App Manager.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan semua aplikasi yang terdapat di perangkat Anda, pilih tab System.
  4. Kemudian pilih aplikasi apa saja yang ingin Anda hapus dari perangkat android dengan cara memberi tanda centang.
  5. Setelah itu ketuk ikon tiga titik di pojok kanan bawah untuk menampilkan opsi, kemudian ketuk Uninstall Updates lalu ketuk Stop.
  6. Nantinya Anda akan menerima peringatan bahwa menghapus aplikasi system akan mempengaruhi system, tekan tombol Proceed untuk melanjutkan.
  7. Tunggu hingga proses uninstall selesai.

Nah, demikianlah cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root. Cara ini tentunya bisa menjadi salah solusi yang tepat untuk melegakan penyimpanan perangkat, apalagi jika aplikasi tersebut jarang digunakan.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More