2 Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google

Ponselgue.com | 2 Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google – Saat mencari berbagai macam hal di Google, riwayat pencarian kita akan tersimpan di platform tersebut secara otomatis.

Google sendiri merupakan salah satu mesin pencari nomor satu dijagat internet. Mesin pencari Google membantu kita menjawab setiap pertanyaan yang kita belum tahu jawabannya.

Google memang menyediakan berbagai jawaban dari banyak situs dari setiap setiap kata kunci yang kita masukkan. Banyak jawaban yang tepat, namun tak jarang pula banyak jawaban yang ala kadarnya karena ditulis oleh situs atau blog yang belum terpercaya.

Terlepas dari keabasahan konten yang ditampilkan di mesin pencari, fitur ini tentu sangat membantu kita dalam berbagai macam urusan, dari mulai mencari tutorial tertentu, mencari berita terbaru, mencari konten multimedia (gambar, musik dan video), maupun yang lainnya.Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google

Baca juga :

Nah, semakin banyak hal yang kita cari maka akan meninggalkan banyak riwayat pencarian, karena secara otomatis Google menyimpan kata kunci pencarian kita sebagai History di platformnya. Hal ini supaya sewaktu-waktu kita bisa menggunakannya kembali tanpa harus mengetikan banyak kata lagi.

Jika perangkat yang kita gunakan mensinkronkan akun Google, maka riwayat pencarian ini tidak hanya tersimpan secara lokal di perangkat yang kita gunakan. Kita bisa mengakses kembali kata kunci pencarian tersebut melalui perangkat lain yang tersinkronisasi dengan akun Google yang sama.

Bagi sebagian orang, fitur ini mungkin sangat membantu kita, namun tak sedikit yang merasa tidak nyaman karena apa yang dicarinya bersifat privasi. Dengan alasan apapun, sesekali kita juga perlu menghapus daftar riwayat pencarian ini.

Ada beberapa cara menghapus riwayat pencarian di Google. Dua diantaranya adalah dengan menggunakan Aktivitas Saya yang merekam setiap aktivitas akun Google kita,  dan aplikasi Google yang menyediakan layanan Google Assistant dan Google Search melalui smartphone Android.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Menggunakan Aktivitas Saya

Menghapus Aktivitas Saya

Cara ini bisa kita gunakan untuk menghapus riwayat pencarian di Google secara kolektif. Ada beberapa pilihan berdasarkan waktu di Aktivitas Saya, yaitu Anda bisa menghapus riwayat pencarian untuk satu hari, seminggu, sebulan, atau seluruh riwayat di dasarkan pada tanggal.

Berikut cara melakukannya :

  1. Pertama, buka halaman Aktivitas Saya melalui browser favorit Anda (dalam hal ini sebaiknya gunakan Google Chrome ).
  2. Ketuk ikon menu (ikon hamburger) yang terdapat si sebelah pojok kiri atas.
  3. Selanjutnya cari opsi Hapus aktivitas menurut, lalu pilih opsi tersebut
  4. Kemudian ketuk pada bagian “Hari ini”, untuk mengganti pilihan waktunya.
  5. Atur tanggal jika diperlukan, kemudian ketuk “semua produk” untuk mengatur aktivitas apa yang ingin Anda hapus. Jika hanya ingin menghapus pencarian saja, pilih opsi “penelusuran”.
  6. Jika sudah selesai mengaturnya, Anda bisa mengetuk opsi HAPUS untuk menghapus riwayat aktivitas Anda di Google.
  7. Jika muncul konfirmasi pengahapusan, pilih tombol HAPUS.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Satu per Satu dengan Google App

Menghapus Riwayat dengan Aplikasi Google

Cara kedua ini merupakan cara manual yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin menghapus satu persatu riwayat pencarian di Google. Anda bisa memilih kata kunci apa saja yang ingin dihapus dari daftar riwayat pencarian Anda.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan Google App. Google App sendiri secara default sudah tertanam di hampir semua perangkat Android sehingga Anda tidak perlu menginstalnya. Caranya pun sangat mudah, simak berikut ini :

  1. Buka Google App, jika Anda menggunakan Google Now, klik ikon G di layar utama Android. Anda juga bisa mengetuk kolom pencarian Google yang terdapat di layar utama. Selain itu, Anda juga bisa mengakses Google App dengan cara menahan tombol home pada beberapa smartphone Android.
  2. Jika muncul saran keyword dari riwayat penelusuran sebelumnya, Anda bisa menekan salah satu kata kunci kemudian menahannya beberapa saat.
  3. Secara otomatis, akan muncul konfirmasi penghapusan kata kunci tersebut dari riwayat pencarian.
  4. Ketuk DELETE untuk menghapusnya.

Mudah bukan cara menghapus riwayat pencarian di Google?

Supaya lebih aman, sebaiknya Anda lebih teliti dan memilih untuk menghapus mana riwayat penelusuran yang akan dihapus atau tidak. Semoga bermanfaat.

Comments
Loading...