4 Tips Agar Android Terhindar Dari Serangan Malware

1.450

Ponselgue.com | Tips Menghindari Serangan Malware ke Android – Tidak hanya ke komputer, kini Malware semakin menggila dengan menyerang perangkat lain seperti smarthone, khususnya Android. Hal ini biasanya dikarenakan pengguna mengunduh sembarang aplikasi dari pihak ketiga di perangkat Android miliknya.

Malware yang sudah masuk ke smartphone akhirnya memberikan akses tanpa batas kepada pembuatnya untuk mengeksploitasi perangkat tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan perlindungan khusus terhadap perangkat Android agar terhindar dari serangan malware.

Baca juga :

Tips Menghindari Serangan Malware ke Android

Malware pada smartphone tidak kalah berbahayanya dengan virus pada komputer. Ada virus yang mampu mencuri data-data seperti foto dan nomor kartu kredit, ada yang bisa membuat perangkat terus-terusan restart, bahkan mampu membuat Android Anda tidak dapat digunakan lag.

Beberapa malware yang banyak menyerang perangkat Android, diantaranya adalah Lifehack, Cyber.Police, Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug.

Nah, berikut ada beberapa tips untuk menghindari serangan malware ke Android.

Cara Menghindari Serangan Malware ke Android

1. Install Antivirus dan update secara berkala

Salah satu hal yang paling penting yang harus Anda lakukan adalah memasang antivirus di perangkat Android.

Sebaiknya, pasang aplikasi antivirus ternama seperti Avatas, McAffe, Norton, Kaspersky dan aplikasi antivirus terpercaya lainnya. Jangan sesekali mengunduh aplikasi antivirus yang tidak jelas dan gratisan, selain rentan masalah, bisa jadi dalam aplikasi tersebut tertanam malware dan spyware yang berbahaya.

Setelah menginstall aplikasi antivirus tersebut, usahakan selalu melakukan update secara berkala.

2. Jangan download aplikasi dari situs sembarangan

Banyak situs yang menyediakan layanan download aplikasi pihak ketiga, dan tentu saja tidak menggaransi aplikasi tersebut bebas dari Malware atau Spyware. Karena tidak sedikit para developer nakal memanfaatkan yang menanamkan malware dan spyware pada aplikasi buatan mereka.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat memberikan access permission pada saat menginstal aplikasi. Jika ada permintaan izin ke tool yang mencurigakan, jangan teruskan proses instalasi aplikasi tersebut.

Baca juga : Cara Menghindari Malware dan Virus Saat Download Aplikasi Android

3. Hati-hati saat menggunakan WiFi publik

Para hacker biasanya juga memanfaatkan jaringan Wi-FI gratis untuk menyerang perangkat Anda melalui malware tersebut.

Jika Anda terpaksa harus menggunakan jaringan Wi-Fi publik, pastikan koneksi tersebut aman dan disediakan oleh penyedia layanan yang terpercaya.

4. Update Sistem Operasi

Memperbarui sistem operasi Android Anda juga merupakan langkah penting untuk menghindari malware. Selain mengoptimalkan fungsi perangkat, update OS ini biasanya juga membawa perbaikan bugs sehingga bisa mencegah malware.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk menghindari serangan malware ke Android Anda. Anda bisa memeriksa dan membersihkan menggunakan tutorial 3 Cara Menghapus Virus Android Sampai Bersih. Dan supaya ponsel Android Anda tetap aman dari virus, selalu instal aplikasi hanya dari sumber terpercaya, seperti Google Play Store.

Baca juga :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More