7 Tips Memperbaiki Proses Charging Lambat Di Android

Ponselgue.com | Tips Memperbaiki Proses Charging Lambat Di Android – Banyak pengguna Android yang mengeluhkan masalah pada saat pengisian daya. Padahal sudah melakukan charging selama berjam-jam (nge-charge), namun perangkat tidak juga terisi penuh. Sebenarnya, masalah charging lambat merupakan masalah yang sering dijumpai dan tidak hanya terjadi pada perangkat Android saja.

Tentu saja sangat menyebalkan, apalagi kita menunggu proses charging agak lama. Hal ini pernah saya alami pada saat saya dulu menggunakan Lenovo A7000 dan Samsung Galaxy J2 Prime. Memang saat kini sudah banyak perangkat yang mempunyai fitur Fast Charging Technology yang mana dapat melakukan pengisian baterai dengan cepat, namun banyak juga pengguna yang perangkatnya masih belum menggunakan fitur tersebut.7 tips memperbaik Proses Charging Lambat Di Android

Baca juga :

Penyebab Proses Charging Tidak Kunjung Penuh

Lalu, apa saja penyebab proses charging lambat dan tidak kunjung penuh di smartphone Android?

Banyak faktor yang menyebabkan proses pengisian daya di smartphone Android menjadi lambat. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum pengisian daya tidak cepat penuh di Android :

  1. Charger mengalami kerusakan (pada kabel atau adaptor);
  2. Arus listrik yang tidak stabil (biasanya pada saat melakukan pengisian melalui PC, laptop, atau powerbank);
  3. Pengguna mengoperasikan perangkat pada saat pengisian daya;
  4. Baterai penurunan kualitas dan membuatnya kehilangan kapasitas muatan di dalamnya;

Nah, untuk itu akan saya ulas secara singkat solusi untuk mengatasi masalah proses charging lambat di Android ini agar dapat melakukan pengisian dengan cepat. Simak solusi selengkapnya di bawah ini.

Baca juga :

Tips Memperbaiki Proses Charging Lambat Di Android

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, lakukan tips dan solusi berikut ini agar proses pengisian bisa berjalan lebih cepat.

1. Periksa Kabel dan Adaptor Charger

Yang sering menjadi penyebabnya adalah kabel charger. Seiring dengan intensitas penggunaan kabel kehilangan efisiensinya sehingga menyebabkan tidak stabilnya arus listrik (ampere) pada saat proses charging Android. Anda bisa coba untuk menggantinya dengan kabel charger perangkat lain. Jika Anda menggunakan iPhone, silahkan ganti kabel lightning-nya.tips memperbaik Proses Charging Lambat Di Android

Coba juga untuk memeriksa adaptor charger, jika adaptor mengalami masalah maka aliran sumber daya  listrik ke perangkat Android juga akan bermasalah. Biasanya karena port USB rusak, kotor atau berkarat sehingga menghalangi aliran listrik. Bisa juga karena fuse/ Sekering pada Adaptor ada yang putus, atau Dioda mengalami Short.

Jika Anda sudah mengganti kabel dan adaptor charger namun masih mengalami masalah, saatnya untuk mengganti charger. Usahakan untuk membeli charger original atau yang kualitasnya bagus, karena sangat berpengaruh pada keawetan perangkat agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

NOTE : Jangan gunakan Charger yang mempunyai konektor universal (satu adaptor charger yang dilengkapi dengan beberapa jenis konektor kabel sekaligus), karena outputnya sering kali tidak stabil.

2. Cek Sumber Pengisian Daya

Hindari pengisian dari arus dari yang tidak stabil (misalnya PC/Laptop/PB). Meski perangkat-perangkat tersebut juga dapat digunakan untuk men-charge smartphone menggunakan port USB, namun saya menyarankan agar Anda tidak melakukan hal tersebut. Kenapa? karena Port USB pada PC/laptop diperuntukkan untuk melakukan proses transfer data, port tersebut tidak menyediakan cukup arus agar bisa digunakan untuk mengisi daya. Itulah sebabnya proses charging menjadi lambat.

Berikut ini merupakan arus keluaran ideal untuk USB :

  • USB 2.0 bisa menyediakan hingga 500mA (0.5 A)
  • USB 3.0 bisa menyediakan hingga 900mA (0.9 A)

Jika memang dalam keadaan darurat, mungkin Anda bisa melakukan pengisian melalui port USB pada PC/Laptop. Namun, jangan lakukan hal ini sering-sering.

Baca juga :

 3. Aktifkan Mode Pesawat Pada Saat Pengisian

Dengan mengaktifkan Mode pesawat maka Anda mematikan koneksi nirkabel (Seluler dan WiFi) pada perangkat Anda. Selain itu, mengaktifkan mode pesawat pada smartphone dapat mempercepat proses pengisian daya karena perangkat mengurangi konsumsi daya baterai untuk jaringan seluler dan internet.

Sayangnya, Anda jika Anda menggunakan mode pesawat, Anda tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui koneksi seluler atau internet.

4. Tutup Aplikasi Yang Berjalan pada Background

Meski tidak tampak pada layar, ada saja aplikasi yang berjalan pada backgound. Aplikasi ini penggunaan daya dalam jumlah bervariasi.

Bila ternyata daya yang dikonsumsi cukup besar, hal itu berdampak pada proses pengisian daya yang menjadi lambat. Solusinya adalah menutup semua aplikasi yang berjalan tersebut agar proses charging lambat di Android tidak terjadi lagi.

5. Hindari Mengoperasikan Smartphone Pada Saat Proses Charging

Kurangi kebiasaan Anda menggunakan smartphone pada saat proses pengisian daya. Streaming film atau bermain game online (misalnya Mobile Legend) sambil nge-charge membuat pengisian tersebut menjadi lambat.

Pasalnya, komponen yang mengonsumsi baterai terbesar adalah pada bagian layar, sedangkan layar tersebut bekerja intensif pada saat streaming film atau bermain game. Solusi agar proses charging berjalan cepat, jangan mengoperasikan perangkat pada saat yang bersamaan.

Baca juga :

6. Ganti Versi OS Android

Ada beberapa kasus pada saat perangkat di-upgrade Sistem Operasi ke versi terbaru, penggunaan baterai menjadi boros atau proses charging yang lama. Hal itu dikarenakan terdapat bugs pada OS baru, atau versi tersebut tidak kompatibel dengan perangkat Anda.

Solusinya adalah dengan melakukan downgrade versi Android ke versi sebelumnya, atau Anda bisa menunggu update agar bug-nya dapat diatasi.

7. Ganti Baterai Smartphone

Kemungkinan terakhir penyebab proses charging lambat pada Android adalah karena kerusakan pada baterai. Adakalanya kerusakan ini bawaan cacat produksi, namun juga bisa mengalami kerusakan karena usia penggunaan.

Pada smartphone Android tertentu, misalnya LG G4, Samsung Galaxy S5 atau Note 4, baterai dapat diganti dengan mudah. Sedangkan pada seri lainnya seperti Samsung Galaxy S6, Note 5 atau Moto X, memakai desain unibody sehingga penggantian baterai harus dilakukan oleh ahlinya.

Jika baterai rusak akibat cacat produksi, silahkan Anda hubungi produsen smartphone tersebut dan mencari tahu soal klaim garansi atau prosedur penggantian baterai. Atau Anda dapat membawanya ke sevice center dan menggantinya dengan baterai baru.

Demikianlah ulasan singkat mengenai penyebab baterai tidak cepat terisi beserta tips untuk memperbaiki proses charging lambat di Android. Kunjungi terus Ponselgue.com untuk mendapatkan tips artikel seputar smartphone lainnya.

Jika Anda merasa terbantu, support kami dengan membagikan artikel ini atau memberikan rating bintang 5. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya :

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More