4 Tips Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

7.330

Ponselgue.com | 4 Tips Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store – Pengguna Android pasti tahu apa itu Play Store. Yah, Play Store merupakan Market store Android yangn di sediakan resmi oleh Google. Di Play Store sendiri sudah tersedia lebih dari 1 miliar aplikasi dan game yang bisa kita download dengan aman, ada aplikasi gratis dan juga yang berbayar.

Sayangnnya, banyak pengguna Android yang mengeluhkan perihal masalah dengan Google Play Store. Beberapa yang sering terjadi adalah pengguna tidak bisa download aplikasi, game, buku, film atau konten-konten lainnya di Play Store. Adapula yang Google Play Store-nya tidak bisa terbuka atau tidak berhasil dimuat.

Kadang-kadang pada ada kasus bisa download namun tidak jalan, atau berhenti di tenagh proses download. Kadang juga muncul pesan error (angka 403, 492, 195, 941 dll) atau terdapat pesan “Not Enough Storage” (memori tidak cukup). Masalah tidak bisa download aplikasi di Play Store ini bisa terjadi pada semua merk smartphone Android.Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

Baca juga :

Solusi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

Nah, jika Anda sedang mengalami salah satu masalah di atas, silahkan simak beberapa tips untuk mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store di bawah ini :

#1. Periksa Koneksi Internet

Pastikan saat mendownload aplikasi, Anda memiliki koneksi internet yang cukup kuat. Sebaiknya Anda terhubung ke Wi-Fi, selain untuk menghemat data internet, koneksi Wi-Fi biasanya lancar dan stabil saat digunakan untuk proses download.

Anda juga bisa memancing penerimaan signal dengan mematikan data internet kemudian menghidupkannya kembali. Jika cara ini masih belum berhasil, coba cara selanjutnya.

#2. Hapus File Cache & Data Play Store

Nah, untuk me-refresh atau memperbarui Play Store, Anda bisa melakukan hapus Data yang berisi basis data, history, dan juga cache. File Cache ini berpengaruh pada kecepatan sistem Android dan juga aplikasi Play Store. Berikut ini caranya :

  • Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  • Kemudian scrool ke bawah, tap pada menu Aplikasi.
  • Selanjutnya, tap Semua kemudian pilih Google Play Store.
  • Lakukan Clear Cache terlebih dahulu. Kemudian pilih Force Close lalu tap Hapus Data.

Lakukan juga langkah di atas pada aplikasi Google Services Framework dan Download Manager.

Setelah menghapus cache dan data, sekarang buka aplikasi Play Store kemudian coba download lagi aplikasi terkait.

#3. Periksa Ketersediaan Penyimpanan Perangkat

Jika muncul pesan ‘Not Enough Storage’, hal ini berarti perangkat hanya mempunyai sedikit ruang kosong. Untuk mengakalinya, pindahkan data dan file yang tersimpan pada memory internal ke SD card.

Untuk melihat sisa penyimpanan pada perangkat Anda, buka Pengaturan lalu tap pada Menu Penyimpanan. Pada menu ini akan di tampilkan jumlah memori yang digunakan serta ruang kosong yang tersedia, baik pada internal memory maupun pada SD Card.

#4. Reboot Smartphone

Jika Anda masih belum bisa download aplikasi setelah melakukan langkah di atas, silahkan coba dengan me-restart perangkat Android Anda. Cabut komponen yang removable seperti baterai, SD Card, SIM Card. Diamkan selama beberapa saat, lalu pasang kembali.

Jika masih belum berhasil, ada beberapa hal lagi yang bisa di lakukan. Seperti menginstall ulang aplikasi Play Store dan update sistem Android.

Baca juga :

Nah, demikianlah tips yang dapat saya bagikan untuk mengatasi tidak bisa download aplikasi di Play Store. Jika Anda mempunyai kendala maupun kesulitan, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More