Tombol Power Android Rusak? Begini Solusinya Jika Ingin Membuka Layar

1.869

Ponselgue.com | Tombol Power Android Rusak? Begini Solusinya Jika Ingin Membuka Layar – Setiap smartphone Android mempunyai tombol power. Tombol ini berfungsi untuk menyalakan atau mematikan perangkat. Selain itu, tombol power biasanya digunakan sebagai kombinasi untuk masuk ke menu recovery, atau hanya sekedar membuka/menutup layar Android.

Nah, bagaimana jika tombol power Android rusak dan Anda tidak bisa membuka layar?

Yang pasti Anda akan bingung dan mencari cara bagaimana cara membuka layar Android Anda. Kondisi yang paling ditakutkan adalah ketika perangkat Android Anda mati karena kehabisan daya. Percuma juga kan walaupun baterai dalam posisi full charging kalau perangkat tidak bisa di nyalakan karena tombol power mengalami kerusakan.

Beruntung jika Anda mengaktifkan fitur auto On/Off pada perangkat Anda, sehingga Anda dapat mencoba tips untuk mengatasi tombol power Android rusak di berikut ini.Tips Tombol Power Android Rusak

Solusi Mengatasi Tombol Power Android Rusak

Salah satu penyebab kerusakan adalah karena perangkat mengalami benturan keras sehingga dapat membuat hardware pada perangkat rusak atau mengalami error. Seringkali karena perangkat jatuh ke lantai.

Solusi yang saya berikan adalah Anda dapat memanfaatkan 2 aplikasi Android yang bisa mengalihkan fungsi tombol power ke tombol volume. Aplikasi ini berfungsi untuk menghidupkan layar atau mematikannya. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga :

Cara Mematikan dan Menyalakan Android

Untuk mengakali jika kesulitan menyalakan ponsel Android, kita bisa memanfaatkan aplikasi Volume Unlock. Cara kerja aplikasi ini sangat mudah, Anda tinggal mengaktifkan volume unlock maka disaat Android dalam posisi mati, Anda bisa menyalakannya dengan tombol volume. Sedangkan, untuk mengunci layar Android, bisa dengan cara masuk ke notifikasi. Simak panduannya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan download dan install aplikasi Volume Unlock via Google Play Store secara gratis pada perangkat Anda.
  2. Setelah selesai di Install, buka aplikasi tersebut. Supaya aplikasi dapat bekerja, aktifkan opsi “Enable/Disable Volume Power”. Sedangkan untuk mengunci layar, aktifkan opsi “Screen Off”.
  3. Pada aplikasi juga tersedia fitur auto On/Off, sehingga Anda bisa mengatur waktu perangkat di matikan atau di nyalakan secara otomatis.
  4. Selesai.

Cara Mengunci dan Membuka Layar Android

Aplikasi berikutnya adalah Power Button to Volume Button. Aplikasi ini hampir mirip dengan Volume Unlock, hanya saja lebih simpel dan ukurannya lebih ringan. Berikut ini panduan menggunakan aplikasi ini.

  1. Pertama, silahkan download dan install aplikasi Power Button to Volume Button melalui Google Play Store pada ponsel Android Anda.
  2. Selanjutnya buka aplikasi tersebut, kemudian centang pada bagian “Boot” dan “Screen Off”. Dengan ini, Anda sekarang sudah bisa menggunakan tombol volume jika ingin mengunci atau membuka layar android.
  3. Selesai.

mengatasi tombol power android rusak 2

Bagaimana, mudah bukan!!

Anda bisa memilih salah satu dari aplikasi di atas sebagai solusi jika tombol power Android rusak. Kedua aplikasi di atas bisa di gunakan tanpa harus membuka akses root Android terlebih dahulu.Untuk membuka akses root, Anda bisa baca caranya di “Cara Root Android Berhasil 100%

Jika Anda mempunyai tips lain untuk mengakali tombol power yang rusak, Anda bisa membagikannya pada kolom komentar di bawah ini.

NOTE!! : Saya menyarankan untuk memperbaikinya tombol power Android Anda ke service center atau ke tempat servis. Hal ini untuk memaksimalkan dan memudahkan Anda dalam mengoperasikan perangkat.

 

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More