Cara Mengatasi USB OTG Tidak Terbaca Di Android

10.191

Ponselgue.com | Cara Mengatasi USB OTG Tidak Terbaca Di Android – USB On-The-Go atau sering disingkat USB OTG, adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti flashdisk, mouse, atau keyboard dapat tersambung ke smartphone.

Dengan bertindak sebagai Host, Hal ini dapat memungkinkan smartphone Anda bertindak sebagai Host dan dapat digunakan untuk membaca isi flashdisk yang terhubung melalui USB OTG.cara mengatasi usb otg tidak terbaca di androidNamun, ternyata ada beberapa smartphone Android yang masih belum mampu untuk membaca disk dengan format NTFS dan FAT32 dengan allocation unit size selain 32kb. Hal ini yang membuat flashdisk tidak dapat terbaca saat dihubungkan ke smartphone Android menggunakan USB OTG. Yang sering terjadi adalah pada OS Android Marsmallow, walaupun tidak menampik kemungkinan terjadi pada sistem operasi Lollipop 5.0.2 atau yang lain.

Jika Anda sedang mengalami hal yang sama, beginilah cara mengatasi USB OTG tidak terbaca di Android.

Baca juga :

Cara Mengatasi USB OTG Tidak Terbaca Di Android

Solusi untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal melakukan format ulang terhadap flashdisknya, Anda bisa melakukannya melalui formatter bawaan Windows, entah itu Winndow 7, 8, 8.1, dan 10. Yang perlu Anda perhatikan adalah pengaturan cluster size saat melakukan format. Hal ini sangat berpengaruh agar flashdisk dapat terbaca.

Untuk mengatasnya kita membutuhkan sebuah PC untuk melakukan pemformatan pada flashdisk. Tetapi sebelumnya, silahkan backup data-data Anda terlebih dahulu kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Tancapkan flashdisk ke PC melalui port USB;
  2. Kemudian buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada flashdisk Anda dan pilih Format;
  3. Atur performatan seperti berikut;
  4. Selanjutnya klik start untuk memulai proses format;
  5. Jika proses format telah selesai, maka akan muncul pesan “Format Complete”;
  6. Selesai.

Sekarang coba sambungkan flashdisk ke smartphone Android Anda menggunakan USB OTG. Lakukan uji coba dengan menyalin data ke flashdisk, jika berhasil maka data akan terbuka dengan baik.

Baca juga :

Namun, jika gagal, coba lakukan format menggunakan freeware minitool partition. silahkan download di http://www.minitool.com/partition-manager/. Kemudian install pada PC Anda. Lalu ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Tancapkan flashdisk ke PC melalui port USB;
  2. Selanjutnya, jalankan Minitool Partition;minitool wizard
  3. Pilih flashdisk, kemudian klik kanan dan pilih Format;
  4. Atur seperti berikut :
    • File System: FAT32
    • Create As: Primary
    • Partition Label: Bebas
    • Cluster Size: 32 KB
  5. Kemudian klik OK dan pilih Apply. Tunggu proses beberapa saat hingga proses pemformatan selesai;
  6. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa proses format berhasil dijalankan.
  7. Selesai!

Sekarang, coba salin sebuah file (misalnya foto) dari PC Anda ke flashdisk. Kemudian cabut flashdisk dan sambungkan ke smartphone Android Anda. Jika sudah bisa terbaca, maka data yang ada pada flashdisk sudah bisa terbaca dengan baik.

Demikianlah cara mengatasi USB OTG tidak terbaca di Android dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Baca juga :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More