Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Foto/Gambar

Ponselgue.com | Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Foto atau Gambar – Tempo hari saya mengalami masalah dengan beberapa aplikasi pada smartphone Android saya. Pada saat saya sedang berdiskusi dengan partner kerja saya mengenai perkembangan Ponselgue.com. Masalah muncul pada saat saya mengirim gambar melalui Whatsapp menggunakan data seluler (kuota), lalu saya coba cek ke PlayStore, tiba-tiba mengalami No Connection saat saya membukanya.

Setelah saya cek, ternyata koneksi internet saya stabil pada saat saya gunakan untuk browsing. Yang jadi pertanyaan, kenapa WhatsApp dan PlayStore justru bermasalah seolah-olah ada pembatasan koneksi data seluler pada aplikasi tersebut.Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Foto

Saya menggunakan setelan APN otomatis dari penyedia layanan seluler, bahkan saya pun membuat APN baru secara manual. Namun sayangnya, Whatsapp dan Playstore masih belum bisa saya gunakan sebagaimana fungsinya.

Pada saat saya sambungkan ke Wi-Fi, kedua aplikasi tesebut dapat saya gunakan dengan normal. Saya bisa mengunggah dan mengunduh file media di Whatsapp, Google Playstore pun bisa saya gunakan untuk download dan update aplikasi.

Lalu, upaya apa saja yang saya lakukan untuk mengatasi aplikasi Whatsapp tidak bisa mengirim foto/gambar ini?

Baca juga :

Motode Untuk Mengatasi Whatsapp tidak bisa mengirim foto/gambar

logo whatsappLangkah awal yang saya lakukan adalah merestart Android, melakukan Clear Cache dan Force Close, dan setting Host menggunakan root explorer (mounted rw-r-r), sayangnya masih belum membuahkan hasil. Saya kemudian teringat artikel yang saya tulis mengenai WhatsApp kadaluarsa. Kemudian saya Tanpa banyak fikir panjang lagi, lalu saya mengatur settingan APN Type yang terisi “default,supl” dan mematikan opsi “Tanggal dan Waktu Otomatis”.

Berikut ini cara selengkapnya :

  1. Langkah pertama, buka Pengaturan di ponsel Android;
  2. Setelah itu cari dan buka menu Tanggal & Waktu;
  3. Kemudian matikan opsi Zona Waktu Otomatis dan tanggal & Waktu Otomatis dengan menghilangkan centang pada keduanya;
  4. Kemudian kembali ke Pengaturan Android;
  5. Selanjutnya pilih menu Jaringan Seluler;
  6. Pilih APN (Access Point Names) dan ternyata sudah ada APN baru dan sudah aktif.

cara membuka aplikasi whatsapp kadaluarsaLalu saya membuka aplikasi Whatsapp menggunakan kuta data dan mencoba mengirim gambar, dan berhasil terkirim. Kemudian saya buka Google PlayStore dan sudah tidak ada pesan No Connection.

Demikianlah cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim foto atau gambar, ataupun file media lainnya (video,audio,gif,dokumen, dll) dan aplikasi PlayStore yang mengalami No Connection pada saat menggunakan kuota data seluler.

Kunjungi terus Ponselgue.com untuk mendapatkan tips dan artikel menarik lainnya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Comments are closed.