Mengenal Layanan FUP Dari Operator Seluler, Apa itu?

5/5 (1)

.Ponselgue.com | Apa Itu FUP? – Internet kini menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pasalnya, hampir semua hal kini dipermudah dengan hadirnya internet.

Dengan internet, masyarakat bisa saling berkomunikasi kapanpun dan dimanapun. Kini juga tersedia berbagai platform yang mendukung berbagai aktifitas komunikasi. Misalnya saja Whatsapp yang dapat mengirim pesan, panggilan telepon, maupun video call secara gratis dan hanya membutuhkan koneksi internet.

Di Indonesia sendiri banyak penyedia layanan telekomunikasi yang menawarkan berbagai layanan bagi pengguna internet. Beberapa diantaranya menyediakan berbagai macam paket internet dengan harga yang cukup terjangkau dan dengan dukungan jaringan yang tersebar luas.

Selain sistem paket kuota internet, beberapa provider juga menawarkan paket Unlimited dengan kuota tak terbatas hingga masa aktifnya habis. Namun biasanya paket Unlimited tersebut memiliki FUP.

Apa Itu FUP?

FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy yang merupakan batas pemakaian wajar akses Internet. Ini adalah langkah yang dilakukan oleh operator seluler untuk membatasi pemakaian kuota Internet berlebih oleh pelanggan.

Misalnya provider menawarkan paket Unlimited dengan FUP mencapai 50 GB dalam 1 bulan, pengguna bisa mengkases internet dengan kecepatan normal sampai kuota 50 GB tadi habis. Setelah kuota habis, pengguna masih bisa mengakses internet namun kecepatannya menurun.

Contohnya, jika pada akses normal akses internet bisa mencapai 1 Mbps, setelah dipakai untuk mengakses internet hingga kuota lebih dari 50 GB, maka kecepatan akses akan menurun secara drastis hingga 75 Kbps.apa itu FUP

Baca juga :

Beberapa provider (seperti Smartfren) menawarkan booster bagi pelanggan paket unlimited. Booster ini bisa digunakan saat pelanggan sudah mencapai FUP dan ingin mengakses internet dengan kecepatan normal.

Untuk itu, pengguna yang ingin menggunakan paket unlimited, tentunya harus memperhatikan terlebih dahulu aturan FUP dari layanan tersebut. Hal ini tentu saja untuk menghindari pemakaian yang berlebih sehingga akses internet menjadi tidak maksimal.

Nah, dengan ini Anda tidak perlu bingung lagi mengenai apa itu FUP di layanan paket unlimited. Namun, jika Anda hanya membutuhkan kuota internet tidak terlalu besar karena hanya digunakan untuk sekedar browsing atau mengakses media sosial, sebaiknya Anda membeli paket Internet dengan sistem kuota karena harganya akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan paket Unlimited.

.......

Comments
Loading...