Apa Itu Google Pay dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Foto : Google

Ponselgue.com | Apa itu Google Pay dan Bagaimana Cara Menggunakannya? – Alat pembayaran digital Google Wallet dan Android Pay kini berganti menjadi sistem pembayaran tunggal yang diberi nama Google Pay.

Sebelumnya Android Pay merupakan layanan yang memungkinkan pengguna bisa membayar produk melalui smartphone. Sementara, Google Wallet mempunyai layanan yang mirip Venmo dalam hal peer-to-peer payments. Nah, Google Pay akan mempunyai kedua fungsi tersebut.

Google sendiri mengklaim bahwa  pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan dari dari penggabungan ini. Keuntungan ini berupa akses yang lebih mudah untuk melakukan pembayaran pada berbagai aplikasi Android.

Google Pay

Jika Anda sudah menggunakan Android Pay, maka Anda tidak perlu melakukan apa-apa untuk dapat menggunakan Google Pay. Setelah selesai melakukan pembaruan, secara otomatis aplikasi Anda akan berubah menjadi Google Pay. Nantinya semua rekaman kartu kredit atau debit maupun semua  informasi finansial yang terdapat di dalamnya juga akan ikut dipindahkan.

Jika Anda baru menggunakannya, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store. Selanjutnya Anda bisa ikuti petunjuk pemasangan untuk menambahkan metode pembayaran dan Anda pun siap untuk menggunakannya.

Baca juga : Chat, Layanan Perpesanan Baru Dari Google Yang Mirip iMessage

Cara membeli barang/layanan dengan Google Pay

Foto: Lifehacker

Setelah memasang Google Pay, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran di toko fisik, online dan maupun pada beberapa aplikasi tertentu. Caranya pun cukup mudah.

Jika Anda sedang berbelanja di toko fisik, carilah logo “GPay” di terminal NFC-nya. Kemudian buka smartphone lalu dekatkan dengan pemindainya (Anda tidak perlu membuka aplikasinya).

Nantinya Google Pay akan terbuka secara otomatis, tetapi jika tidak, coba atur ulang posisinya atau coba dekatkan lagi dengan pemindainya. Setelah terdaftarkan, Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang ada di layar kemudian masukan PIN untuk mengkonfirmasi.

Anda juga bisa menggunakannya untuk berbelanja online dengan mencari tombol dengan tulisan “Buy with GPay” (logo lama Google Wallet/Android Pay juga dapat digunakan). Sentuh pada tombol tersebut kemudian akan berjalan sendiri selama Anda sudah mengatur metode pembayarannya.

Baca juga : Link Download dan Berbagai Fitur Google Lens Yang Menarik

Cara mengirim uang ke teman lewat Google Pay

Foto: Google

Anda juga bisa menggunakan Google Pay untuk mengirim uang kepada teman. Namun sementara ini Anda masih membutuhkan aplikasi terpisah bernama Google Play Send untuk bisa melakukan transaksi ini.

Google baru menawarkan layanan serupa di aplikasi Google Wallet, dan dalam waktu dekat akan berubah menjadi Google Play Send.

Supaya bisnis Anda lebih mudah dicari, Anda bisa membuat dan menambah lokasi bisnis Anda di Google Maps.

Memang dalam dua tahun terakhir ini Fintech menjadi sesuatu yang sangat berkembang. Hal ini dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan percepatan kegiatan ekonomi dalam era ekonomi digital seperti saat ini.

Comments
Loading...