Cara Memindahkan Data iOS ke Android

cara memindahkan data ios ke androidBanyak pengguna smartphone yang mempunyai lebih dari satu gadget. Ada beberapa alasan umum. Ada pengguna yang ingin terlihat gaya karena memakai banyak gadget, ada juga yang tidak ingin ketinggalan gadget terbaru, namun banyak juga pengguna yang bingung karena banyak data atau kenangan pada gadget lama dan kerepotan untuk memindahkannya.

Walaupun sekarang pasar smartphone banyak dikuasai oleh perangkat yang berbasis Android, namun pengguna iPhone juga tidak kalah banyak. Kita juga tentu tidak bisa melupakan Blackberry, yang sangat-sangat mendominasi pasar smartphone pada masa kejayaannya.

Nah, bagi Anda pengguna iPhone yang berencana berpindah ke vendor Android, tidak perlu bingung untuk memindahkan semua data-data Anda. Ada cara mudah untuk melakukannya.

Baca Juga : Cara Membuat Status BBM Warna Warni

Untuk memudahkan pengguna Android memindahkan datanya ke iPhone, Apple menyediakan aplikasi Move To iOS. Nah bagi pengguna iOS yang ingin memindahkan datanya ke Android, bisa memanfaatkan aplikasi Google Drive.

Lalu bagaimana cara memindah data yang kita inginkan? Simak tipsnya berikut ini.

Cara Memindahkan Data iOS ke Android

Apakah untuk memindahkan data iOS ke Android kita harus menggunakan komputer? Tidak perlu. Caranya pun sangat mudah, bahkan bagi pengguna pemula sekalipun, kita tinggal melakukan langkah-langkah dibawah ini :

  1. Pertama-tama, silahkan download Google Drive versi terbaru pada perangkat iPhone.
  2. Setelah selesai di install, jalankan aplikasi Google Drive di iOS, kemudian masukkan akun Google Anda.
  3. Jika sudah masuk ke layar utama Google Drive, pilih ikon gambar tiga titik pada pojok kiri atas, kemudian pilih menu Setting.
  4. Ada beberapa pilihan menu yang tersedia, silahkan tekan pada menu Backup.
  5. Pada menu Backup ini kita bisa meng-custom atau memilih data mana saja yang akan kita backup, atau kita bisa memilih pilihan otomatis yang memungkinkan Google Drive membackup semua data-data kita, mulai dari kontak, foto, video ataupun yang lainnya. Kemudian tekan Start Backup untuk memulai proses backup. Jika muncul izin akses muncul di layar, pilih beri akses penuh.
  6. Setelah proses backup selesai, pada smartphone Android yang akan di gunakan, install kumudian jalankan Google Drive (pastikan akun Google yang digunakan sama dengan yang di perangkat iOS).
  7. Setelah memasukkan akun Google maka secara otomatis data yang tersimpan akan tersingkron ke perangkat Android.
  8. Selesai, mudah bukan?

Catatan : Pastikan saat proses backup berjalan koneksi jaringan internet stabil. Jika data dan file yang di backup cukup besar, untuk menghindari gagalnya proses backup, pastikan juga daya baterai sudah terisi penuh.

Baca juga : Cara root Android Menggunakan Kingroot

Perlu diketahui juga, Google menyediakan free 15GB penyimpanan di Google Drive untuk setiap akun, namun kita bisa mengupgrade kapasitasnya dengan membayar sejumlah biaya sewa kepada Google, tergantung dengan besarnya kapasitas yang diinginkan.

Semoga bermanfaat 🙂

Komentar

Memuat komentar...