Aktifkan Fitur Private DNS di Android 9 Pie Untuk Membuka Situs yang Diblokir

3.122

Ponselgue – Sejak dirilis secara komersial pada tahun 2008 silam, Android kini menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan smartphone di dunia. Pengembangan yang berkesinambungan serta beragam utilitas yang ditawarkannya, membuat sistem operasi buatan Google ini menjadi favorit banyak orang.

Android Pie

Yang terbaru adalah Android 9.0 Pie. Meskipun baru diperkenalkan pada Agustus 2018 lalu, banyak vendor yang menerapkan Android Pie di perangkat buatannya.

Sebagai penerus Android Oreo, Google memberikan segudang fitur menarik pada versi ini. Salah satunya adalah Private DNS.

Apa itu Private DNS?

Seperti namanya private yang berarti pribadi, pengguna Android bisa menggunakan custom DNS di perangkatnya. Hal ini memungkinkan penyedia layanan tidak dapat melihat DNS perangkat Anda pada saat mengakses internet karena sudah terenkripsi.

Singkatnya, pada saat Private DNS aktif, maka secara otomatis Anda bisa membuka situs yang diblokir oleh operator seluler tanpa harus menggunakan VPN.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan Private DNS di Android 9 Pie? Simak selengkapnya di bawah ini.


Baca juga :



Cara Mengaktifkan Private DNS di Android 9.0 Pie

Android Pie Home Screen

Untuk mengatur Private DNS di Android 9 Pie caranya cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut :

1. Pertama, masuk ke menu Settings di smartphone Anda.

2. Kemudian pilih menu Connections lalu masuk ke menu Private DNS.

3. Terdapat tiga opsi yang bisa Anda pilih, Off, Automatic dan Private DNS provider hostname, pilih opsi ketiga.

4. Selanjutnya masukan konfigurasi berikut ini 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com pada kolom yang tersedia.

Cara Mengaktifkan Private DNS di Android 9.0 Pie

5. Jika sudah, kemudian klik Save.

Cloudflare memang membuat konfigurasi 1.1.1.1 tersebut untuk dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat luas. Anda juga bisa memastikan bahwa Private DNS yang dipasang sudah aktif atau belum dengan mengunjungi situs berikut ini 1.1.1.1/help.

Nah, demikianlah cara mengaktifkan Private DNS di Android 9 Pie dengan custom DNS gratis dari CloudFlare. Kini Anda bisa dengan mudah mengakses situs-situs yang diblokir pemerintah meskipun tanpa VPN.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More