Cara Menggabungkan Kontak Ganda Di Android

1.513

Ponselgue.com |Cara Menggabungkan Kontak Ganda Di Android – Semakin banyak teman dan kenalan baru kita, semakin banyak pula kontak dan nomor hp yang kita simpan di smartphone kita. Tentu saja, karena berbagai alasan banyak yang memiliki lebih dari 1 nomor hp maupun yang mengganti nomornya. Nah hal tersebut yang membuat kita memiliki banyak kontak ganda di dalam smartphone yang ‘terkadang’ cukup membingungkan.

Mungkin hal ini tidak terlalu menjadi masalah jika kontak yang tersimpan 50-200, kita bisa saja mencarinya dengan mudah. Namun, jika kontak yang tersimpan hingga ribuan, puyeng pasti.

Hal ini juga sering terjadi setelah melakukan flashing, pada saat kita ingin merestore kontak yang kita backup di .VCF sering terduplikat karena berasal juga dari Google atau SIM Card.cara menggabungkan kontak ganda

Oleh karena itu, kita perlu merapikan dan mengatur kontak tersimpan di smartphone.

Baca Juga :

Cara Menggabungkan Kontak Ganda

Ada 2 cara yang akan saya bahas disini, yang pertama menggunakan pengaturan yang ada di ponsel dan yang kedua dengan memanfaatkan Google Contact.cara menggabungkan kontak ganda

Cara Pertama

Fitur ini sebenarnya sudah menjadi fitur bawaan dan sangat mudah untuk di lakukan. Caranya, silahkan buka aplikasi Contact, kemudian tap tombol Menu → Manage Contact → lalu pilih menu Merge Duplicate Contact → Merge. Selanjutnya akan muncul semua kontak-kontak yang mempunyai nama dan nomor yang sama. Anda bisa memilih satu demi satu atau semua untuk di gabungkan / di hapus.

Untuk setiap perangkat Android kemungkinannya akan ada sedikit perbedaan menu, tetapi secara garis besar caranya tidak jauh berbeda dari langkah-langkah di atas.

Menggunakan Google Contact

Selain cara di atas, Anda bisa memanfaatkan Google Contact untuk menggabungkan kontak ganda, tetapi syaratnya perangkat harus singkron ke Akun Google Anda sehingga semua data perangkat masuk ke server Google.

Caranya, silahkan Log in ke akun Google Anda, kemudian masuk ke Contact. Selanjutnya pilih menu “Temukan Duplikat” yang akan menampilkan daftar semua kontak yang sama. Nah, untuk menggabungkan kontak ganda menjadi satu, pilih opsi “Merge / Gabungkan Kontak”.

Baca juga :

Dengan merapikan kontak yang tersimpan, hal ini akan memudahkan kita pada saat mencari kontak teman atau kolega.

Demikianlah Cara menggabungkan kontak ganda di Android, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Kunjungi terus Ponselgue.com untuk mendapatkan tips dan artikel menarik seputar dunia smartphone lainnya.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More