3 Cara Mengunci Whatsapp Dengan Password Di Android

41.997

Ponselgue.com | 3 Cara Mengunci Whatsapp Dengan Password Di Android – Di zaman now yang serba online seperti saat ini, kebutuhan terhadap smartphone kini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Tidak hanya untuk berkomunikasi, smartphone biasanya juga digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti untuk media belajar, sharing, promosi, atau bahkan sebagai alat untuk mencari uang. Selain itu, beberapa kegiatan sensitif seperti transaksi keuangan dan data-data perusahaan pun saat ini sudah memanfaatkan smartphone dalam mengirim ataupun menerima data melalui jaringan internet. Hal ini karena penggunaannya yang dianggap praktis.

Menilik contoh di atas, tentu saja kita juga harus mengingat sebuah aspek penting yang berhubungan dengan keamanan dan privasi. Hal ini menjadi sangat penting apabila kita membahas mengenai smartphone, terutama Android. Keamanan dan privasi memang dibutuhkan untuk menghindari penyalahgunaan informasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.cara mengunci whatsapp dengan password di Android

Contohnya adalah Whatsapp. Walaupun Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan terpopuler saat ini, sayangnya WhatsApp masih belum mempunyai fitur password untuk melindungi data percakapan kita. Maka dari itu, masalah keamanan dan privasi kita dalam menggunakan layanan ini masih menjadi perhatian utama.

Coba kita bandingkan dengan aplikasi serupa, Viber misalnya, aplikasi ini sudah mempunyai fitur untuk menyembunyikan chatting dengan perlindungan password. Telegram juga mempunyai fitur yang sama pada layanannya.

Fitur keamanan untuk melindungi privasi yang dihadirkan oleh WhatsApp adalah enkripsi data percakapan. Namun fitur ini hanya melindungi Anda dari pihak yang tidak memiliki akses langsung ke ponsel Anda. Nah, bagi mereka yang mempunyai akses langsung ke ponsel Anda, fitur enkripsi ini tidak berlaku dan tentu saja mereka dapat membuka seluruh percakapan di akun WhatsApp Anda.

FYI : Jika Anda bosan dengan tampilan Whatsapp yang begitu-begitu saja, baca “Cara Mengganti Tema Whatsapp Android“.

Baca juga:


Cara Mengunci WhatsApp Dengan Password

Menurut halaman FAQ, saat ini WhatsApp belum (tidak) mempunyai sistem proteksi password yang tertanam di dalamnya. Pihak Whatsapp menyarankan para penggunanya untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi masalah ini.

nah, pada artikel kali ini, ada 3 cara yang akan akan saya bahas untuk mengunci Whatsapp dengan password yang bisa Anda coba. Yang pertama adalah dengan menggunakan mod yang bernama GBWhatsapp, dan yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. GB WhatsApp

GBWhatsApp merupakan sebuah mod yang diadaptasi langsung dari WhatsApp versi resmi. Aplikasi Mod ini mempunyai banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan, termasuk fitur proteksi password. Silahkan download GBWhatsApp Versi terbaru di halaman ini.

Cara Mengunci WhatsApp menggunakan GBWhatsApp
  1. Download GBWhatsapp terlebih dahulu, kemudian install di perangkat Android Anda.
  2. Jalankan GB WhatsApp kemudian tekan ikon tiga titik di pojok kanan atas layar untuk masuk ke Menu.
  3. Selanjutnya ketuk pada GB Settings > Lock > Enable passcode.
  4. Sekarang Anda bisa mengatur password sesuai keinginan Anda.
Cara Mengunci Chat/ Obrolan Whatsapp Tertentu
  1. Download GBWhatsapp terlebih dahulu, kemudian install di perangkat Android Anda.
  2. Buka jendela chat atau obrolan yang ingin Anda kunci dengan password.
  3. Ketuk pada ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  4. Selanjutnya tap menu Lock Chat kemudian pilih Enable passcode.
  5. Sekarang Anda bisa mengatur password sesuai keinginan Anda.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Rahasia Agar Tidak Ketahuan

2. Lock for WhatsApp (WhatsLock)

Metode selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yaitu Lock for WhatsApp (WhatsLock). Selain menawarkan fitur yang kita proteksi password yang kita butuhkan, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur lain seperti menyembunyikan ikon aplikasi dan menyembunyikan folder gambar.

Cara Mengunci WhatsApp menggunakan aplikasi WhatsLock
  1. Download WhatsLock melalui Google Play Store kemudian instal di ponsel Android Anda.
  2. Jalankan WhatsLock lalu buka menu Pattern Lock.
  3. Selanjutnya, aktifkan opsi Pattern Lock.
  4. Silahkan atur pola/ pattern sesuai dengan keinginan Anda, kemudian pilih Confirm.

3. ChatLock+

Nah yang terakhir kita akan memanfaatkan aplikasi yang biasa digunakan untuk mengunci semua aplikasi messenger di Android. Aplikasi ini bernama ChatLock+. Selain Whatsapp, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengunci chat/obrolan di  Hangouts, Facebook Messenger, Line, Viber, Telegram, Twitter, Google Plus dan lain sebagainya.

Cara Mengunci WhatsApp menggunakan Aplikasi ChatLock+

  1. Download WhatsLock+ melalui Google Play Store kemudian instal di ponsel Android Anda.
  2. Jalankan ChatLock+. Pada saat Anda pertama kali membuka aplikasi ini, Anda akan diminta untuk mengatur PIN.
  3. Setelah Anda selesai mengatur PIN, selanjutnya Anda akan masuk ke halaman utama.
  4. Untuk mengunci Whatsapp, silahkan seek Whatsapp menjadi On.
  5. Selesai!

Dengan mengunci Whatsapp dengan password, sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan privasi chat/obrolan Anda di Whatsapp selama tidak ada yang punya akses langsung pada perangkat Anda, atau mengetahui password / pola kunci yang Anda buat.

Demikianlah cara mengunci Whatsapp dengan password yang dapat Anda coba. Jika Anda mempunyai referensi penggunaan aplikasi lain, atau tips lain untuk mengunci Whatsapp, silahkan bagikan kepada kami dengan menulisnya di kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Jika Anda pernah mengalami kontak Anda tidak muncul di Whatsapp, baca artikel berikut “Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Tidak Muncul

Kunjungi terus Ponselgue.com untuk mendapatkan tips dan artikel menarik seputar dunia smartphone lainnya. Semoga bermanfaat!!

Kredit gambar : HowToMob.com

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More