Cara Root Semua Smartphone Xiaomi MIUI 6/7/8/9

cara root semua smartphone xiaomiHallo sahabat PonselGue.com, pada artikel kali ini kami akan membahas cara root semua smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI 6, 7 ataupun 8. Nah bagi para pengguna yang ingin mempunyai akses root terhadap device Xiaominya, silahkan scrool terus ke bawah.

Nah sebelum lanjut, bagi yang masih belum tahu apa sih akses root itu? Silahkan baca disini.

Jika sudah tahu, mari kita lanjutkan. Sebenarnya ada banyak cara rooting smartphone, dan beberapa akan kami bahas artikel ini.

Cara Root Semua Smartphone Xiaomi

Akses Root pada Security

Cara yang pertama kita dapat mengaktifkan akses root pada Security (Keamanan). Sebelum menggunakan metode ini ubah dulu tipe rom dari Developer China untuk masuk.

Kalau bisa dibilang, cara ini kurang begitu popular, karena memang tidak semua perangkat yang bisa menggunakannya alias hanya bisa digunakan pada beberapa device tertentu.

Menggunakan Tools

Kita bisa menggunakan tools untuk rooting smartphone Xiaomi. Kita bisa menggunakan KingRoot, Kingoroot, Oneclick root atau tools yang lainnya. Namun, sayangnya beberapa tools ini tidak dapat digunakan pada semua smartphone Xiaomi.

Untuk cara rooting menggunakan KingRoot, akan saya bahas pada artikel lainnya.

Update SuperSU.

Bagaimana cara kerjanya?

Di dalam paket ZIP (Update-Supersu.zip) yang telah dikembangkan oleh Chainfire, terdapat semua file yang dibutuhkan untuk rooting device Xiaomi. Ada file binarisu, busybox, su dan juga aplikasi untuk interface superuser nya yaitu Superuser.apk, tersedia juga scripts seperti sh untuk dijalankan menggunakan recovery. Kemudian kita tinggal copy (push) ke system dan xbin device kita.

Lalu, bagaimana cara kita mencopy berkas tersebut kedalan system dan xbin?

Berkas ini hanya bisa kita install menggunakan TWRP / CMW. Jika smartphone kita sudah terpasang RWRP / CMW, kita bisa langsung rooting perangkat kita menggunakan file zip tersebut.

Kita butuh file .img TWRP/CMW untuk mengganti temporary Recovery bawaan perangkat kita dalam proses install file Update-Supersu.zip tadi.

Note : Berikut ini saya menggunakan TWRP. Untuk driver MiPhone kita bisa juga menggunakan adb-minimal. Cara ini hanya bisa di terapkan pada device yang mendukung koneksi fastboot dan status bootloader sudah terbuka.

Berikut file pendukung yang diperlukan :

  1. Siapkan berkas .img TWRP kita bisa download di sini. (skip jika sudah terpasang)
  2. Berkas UPDATE-Supersu*.zip paling update SuperSU di sini.​
  3. Download ADB Installer kemudian install. Ini berguna sebagai fastboot command dan masuk fastboot mode secara otomatis.
  4. MiFlash 2017 (Download disini), ektrak kemudian install. Mi Flash versi ini sudah include driver, jadi Anda tidak perlu mendownload driver. Apabila pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,” Windows can’t verify —-“ , lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.

Langkah-langkah Rooting Smartphone Xiaomi

Setelah semua sudah di download, kita sudah bisa memulai proses rooting smartphone xiaomi. Mari kita lanjutkan untuk proses root smartphone Xiaomi dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pindahkan file Update-Supersu.zip yang sudah kita persiapkan tadi ke internal storage device kita. Letakkan di di direktori root atau di buat folder khusus agar kita mudah mencarinya.
  2. Bagi yang menggunakan MiPhone tadi masuk ke sini C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android namun jika kita menggunakan adb-mininmal cari folder tersebut, kemudian pindahkan berkas TWRP yang telah kita download tadi.
  3. Langkah selanjutnya adalah menginstall TWRP di smartphone kita dengan cara mengganti boot smartphone menggunakan TWRP. Caranya adalah, silahkan matikan dahulu perangkat kita, setelah itu kita masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol volume (-) dan power secara bersamaan pada saat perangkat dalam kondisi mati.
  4. Jika device kita sudah masuk kedalam mode fastboot, langsung sambungkan smartphone kita menggunakan kabel data yang sudah di persiapkan tadi. Kemudian, di folder recovery.img tadi tahan tombol shift dan klik kanan, pilih open command window here.
  5. Setelah muncul cmd windows, lakukan cek perangkat kita dengan cara mengetikan perintah : fastboot devices. Apabila perangkat sudah terdeteksi, kita bisa boot perangkat kita ke TWRP dengan cara masukkan kode perintah di jendela cmd : fastboot boot recovery.img.
  6. Kemudian overwrite booting dengan perintah : fastboot flash recovery recovery.img
  7. Jika proses tadi sukses, sekarang kita reboot perangkat secara manual dengan cara menekan tombol volume (+) sambil di fastboot ketik perintah reboot : fastboot reboot. Nah, jika sudah masuk recovery kita tinggal install berkas zip tadi.
  8. Pada menu TWRP, pilih tombol install kemudian kita arahkan ke berkas supersu.zip yang kita taruh internal storage tadi, lalu swipe ke kanan untuk melakukan installasi. Setelah proses success, reboot device.
  9. Setelah smartphone menyala, maka akan muncul icon aplikasi SuperSu di menu aplikasi.

Nah, untuk mempermudah coba simak video berikut ini.

NOTE : Jika ada pemberitahuan binari su need update, pilih mode Normal.

Cara ini sebenarnya dapat kita terapkan di semua smartphone android yang memiliki fastboot. Hanya saja untuk install zip tersebut kita memerlukan Recovery dan tidak semua recovery mendukung, kita harus install TWRP/CWM dahulu.

Jika ada pertanyaan rooting smartphone Xiaomi? silahkan ajukan pertanyaan Anda di kolom komentar.

Semoga dapat membantu.

Comments
Loading...