Mengenal CloudMAX, Layanan Penyimpan Data dari Telkomsel

CloudMAX Telkomsel
foto: telkomsel.com

Ponselgue.com | Mengenal CloudMAX, Layanan Penyimpan Data dari Telkomsel – Di zaman sekarang, sudah menjadi rahasia umum kemudahan dalam mendapatkan informasi juga berbanding lurus dengan kebutuhan akan penyimpanan data. Terutama yang memiliki mobilitas cukup tinggi.

Salah satu media penyimpanan yang digunakan oleh banyak orang karena mobilitasnya adalah USB flash drive. Ukurannya yang relatif kecil, membuat USB flash drive tersebut mudah dibawa ke mana-mana, bahkan dapat difungsikan sebagai aksesori.

Hanya saja, meskipun mempunyai kapasitas penyimpanan yang relatif besar, saat ini popularitas USB flash drive mulai menurun dikarenakan beberapa sebab, misalnya mudah hilang atau terselip, dan dan yang lebih utama adalah mulai ditinggalkannya port USB pada beberapa perangkat terkini.

Baca juga : Cara Mengatasi USB OTG Tidak Terbaca Di Android

Smartphone sudah tentu menggunakan port micro USB dan sudah cukup banyak yang menggunakan USB Type-C. Sementara untuk laptop yang desain terkini yang semakin lama cenderung semakin tipis juga sudah mulai meninggalkan port USB dan digantikan oleh USB Type-C dan Thunderbolt.

Saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan layanan penyimpan di awan (cloud storage). Cloud storage sendiri awalnya dipopulerkan oleh Dropbox, kemudian diikuti oleh Microsoft Onedrive, Google Drive, dan yang lainnya.

Untuk bisa menggunakan layanan cloud storage ini, tentunya harus ada koneksi internet. Belakangan, penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan juga mulai menyediakan layanan serupa, seperti Telkomsel dengan CloudMAX.

Apa itu CloudMAX?

Sama seperti layanan penyimpan data lainnya, CloudMAX juga menyediakan penyimpanan berbasis cloud yang dapat diakses selama terkoneksi internet. Pengguna bisa mengakses CloudMAX melalui aplikasi smartphone, aplikasi PC, atau melalui web browser.

Telkomsel sendiri mentediakan aplikasi khusus untuk mempermudah pengguna smartphone mengakses CloudMAX, baik berbasis Android maupun iOS, yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau App Store. Sementara untuk PC atau Mac, selain menggunakan browser, pengguna bisa menggunakan aplikasi khusus yang untuk kedua platform tersebut.

Untuk menggunakan CloudMAX, pengguna bisa masuk ke laman URL cloudmax.telkomsel.com. Pengguna bisa menyimpan berbagai macam format file, seperti foto, video, kontak, maupun dokumen lainnya.

Baca juga : Daftar Kode Paket Internet Telkomsel Murah

Harga layanan CloudMAX Telkomsel

foto: dailystartup.id

Bagi pengguna Telkomsel yang ingin memanfaatkan layanan CloudMAX, setelah selesai melakukan registrasi Anda akan memperoleh paket trial secara gratis selama tiga bulan dengan kapasitas sebesar 10 GB. Paket trial ini hanya berlaku satu kali saja. Nantinya setelah masa trial habis, pelanggan bisa berlangganan paket premium dengan membayar sejumlah biaya.

Untuk harga dan kapasitas yang ditawarkan adalah sebesar 50GB dengan harga langganan Rp16.500 per 30 hari atau 100GB dengan harga langganan Rp22.000 per 30 hari.

Paket berlangganan tersebut akan diperbarui setiap bulan selama 180 hari secara otomatis, terhitung mulai dari tanggal awal berlangganan. Setelah 180 hari, Anda bisa membeli paket berlangganan secara manual.

foto: dailystartup.id

Pada saat registrasi, pelanggan wajib menggunakan nomor seluler produk Telkomsel karena nantinya akan digunakan sebagai username. Nantinya pelanggan akan menerima kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui SMS ke nomor tersebut.

Namun pengguna tidak diharuskan untuk menggunakan koneksi internet dari Telkomsel untuk mengakses CloudMAX, terutama yang melalui PC atau Mac. Anda dapat menggunakan akses lain atau menggunakan koneksi WiFi.

Baca juga : Cara Mengakses Internet, SMS, dan Telepon Saat Pulsa Habis (Telkomsel)

Keamanan data terjamin

foto: dailystartup.id

Selama Anda tidak memberikan password Anda ke orang lain, Telkomsel menjamin bahwa data yang Anda simpan di CloudMAX akan aman. Bahkan, jika Anda memutuskan untuk berhenti berlangganan, data Anda di CloudMAX masih akan tersimpan selama 90 hari kedepan.

Jika selama tenggang waktu 90 hari tersebut Anda kembali berlangganan, maka data tersebut akan bisa diambil. Namun jika tidak, maka data akan dihapus selamanya.

Menarik bukan?

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More