Apa Itu Collaborative Playlist Spotify dan Apa Bedanya dengan Playlist Lainnya?

Foto : Pixabay

Ponselgue.com | Apa Itu Collaborative Playlist Spotify? – Bagi yang gemar mendengarkan music melalui Spotify, mungkin sudah terbiasa membuat playlist lagu favorit yang dapat didengarkan setiap saat.

Spotify sendiri memang memberikan layanan yang mampu menghadirkan musik dalam berbagai genre untuk bisa dinikmati para penggunanya. Semua pengguna bisa membuat playlist-nya sendiri dari berbagai lagu dan bisa diakses oleh sesama pengguna.

Selain fitur Share, Spotify terus mengupdate layanannya untuk bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam berbagi pengalaman musiknya. Fitur lain dari Spotify yang perlu di coba adalah Collaborative Playlist. Apa itu Collaborative Playlist Spotify, dan apa perbedaannya dengan playlist lain?

Baca juga : Tanpa Screenshot, Begini Cara Posting Playlist Spotify Ke IG Stories

Collaborative Playlist Spotify

Foto : Pexels

Seperti namanya,Collaborative Playlist , Anda dapat membuat playslist lagu dari beberapa pengguna sekaligus. Daftar lagu hasil kolaborasi ini nantinya tidak akan muncul pada bagian Public Playlist.

Jadi, untuk bisa mengakses, menambahkan, menghapus maupun mengubah urutan lagu yang terdapat di dalam Collaborative Playlist hanya orang yang memiliki tautan saja. Anda bisa membuat playlist ini bersama teman-teman atau keluarga meskipun sedang tidak bersama-sama.

Nantinya Collaborative Playlist yang sudah dibuat dan disimpan dalam daftar playlist akan muncul dengan ikon yang berbeda. Anda akan melihat tanda lingkaran di depan nama playlist saat membukanya melalui Spotify Desktop.

Simak juga: Cara Download Lagu Spotify Biar Kuota Tidak Jebol

Public Playlist Spotify

Foto : Pixabay

Pernahkan Anda mendengarkan lagu dari playlist orang lain yang dari kolom pencarian?

Jika Anda membuat playlist baru menggunakan akun Spotify, playlist tersebut akan dapat diakses oleh siapa saja. Bahkan pengguna lainnya bisa juga menemukan playlist yang Anda buat melalui pencarian, sehingga tentunya lebih banyak lagi pengguna yang dapat mengakses playlist tersebut.

Pencarian Public Playlist ini dapat dilakukan oleh semua pengguna Spotify. Selain itu, Spotify sendiri juga merekomendasikan beberapa Public Playlist, seperti playlist Karaoke di Mobil, Kopikustik, Soft Pop Hits, dan sebagainya.

Baca juga : Mau Membeli Spotify Premium di iPhone? Simak Caranya Berikut

Secret Playlist Spotify

Collaborative Playlist Spotify
Foto : Spotify

Nah, bagi Anda yang tidak ingin playlist lagu favorit Anda terlihat oleh orang lain dalam pencarian, Anda bisa membuatnya menjadi Secret Playlist.

Dengan melakukan pengaturan ini, Anda akan membatasi orang lain untuk mengakses playlist Anda dari pencarian. Anda hanya perlu menekan ikon tiga garis pada playlist tersebut, kemudian pilih ‘Make Secret’ supaya aksesnya tersembunyi.

Nantinya jika Anda ingin membuatnya kembali menjadi Public Playlist, Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah yang sama.

Baca juga: Cara Membuka Spotify Dari Waze Supaya Lebih Aman Berkendara

Nah, itulah tadi perbedaan Collaborative Playlist Spotify dengan playlist spotify yang lain. Semoga bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More