5 Fitur Terbaik MIUI 10 Yang Semakin Keren dan Mantap

Ponselgue.com | 5 Fitur Terbaik MIUI 10 – Xiaomi User Interface atau MIUI menjadi primadona dikalangan pengguna Android berjat tampilan dan utilitas yang lengkap. MIUI sendiri terus dikembangkan mengikuti evolusi sistem operasi Android. Akhir Mei 2018 kemarin, Xiaomi resmi meluncurkan Mi 8 berikut dengan perombakan MIUI 10.

5 Fitur Terbaik MIUI 10 Terbaru
Foto: mi.com

MIUI 10 sendiri menghadirkan beberapa fitur baru untuk memanjakan pengguna smartphone Xiaomi, terutama untuk perangkat keluaran terbaru.

Bagi Anda yang pensaran fitur apa saja yang terbaru yang dibawa MIUI 10, simak informasi mengenai mengenai 5 fitur terbaik MIUi 10 di artikel ini.

5 Fitur Terbaik MIUI 10

1. Desain antarmuka dan gestur berbasis navigasi

miui 10 ui
Foto: mi.com

MIUI 10 merombak tampilan recent apps menjadi halaman vertikal dengan 2 kolom. Tampilan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pengguna yang membutuhkan akses cepat ke ragam aplikasi namun dengan interaksi yang minim.

Untuk navigasi, MIUI 10 menghadirkan interaksi berbasis gestur yang bisa dibilang sangat mirip dengan navigasi gestur di iPhone X.

Secara umum, opsi gestur terdapat di MIUI 10 antara lain adalah swipe ke atas untuk membuka homescreen, swipe ke atas dan tahan untuk membuka recent apps, kemudian swipe ke kiri untuk kembali ke layar sebelumnya.

Tampilan notifikasi pada MIUI 10 sendiri cenderung lebih minimalis dan flat. Selain navigasi berbasis gestur, fitur lain yang ditiru Xiaomi dari iPhone X adalah slider volume dan brightness yang dapat digeser-geser.

Baca juga : Cara Mematikan dan Menghidupkan HP Xiaomi Secara Otomatis

2. Xiao AI

Xiao AI
Foto: mi.com

Tahun 2018 cukup diramaikan dengan kreasi AI (kecerdasan buatan) dari berbagai perusahaan teknologi, seperti Google Duplex yang diperkenalkan beberapa waktu kemarin. Tak mau kalah, di MIUI 10 Xiaomi juga menghadirkan kecerdasan buatannya sendiri, bernama Xiao AI.

Xiao AI sendiri diklaim bisa bersaing dengan asisten virtual lainnya yang sudah lebih dulu hadir. Sayangnya, Xiao AI sementara ini masih mendukung  bahasa Mandarin saja.

3. Portrait Mode pada kamera

miui 10 portrait mode
Foto: mi.com

Portrait Mode diperkenalkan oleh lini Google Pixel, dibekali dengan kemampuan kecerdasan buatan di software kameranya mampu menghasilkan foto dengan latar belakang bokeh.

Xiaomi juga menghadirkan Portrait Mode di MIUI 10, dengan peningkatan signifikan berupa memberi foto bokeh meskipun kamera hanya mempunyai satu sensor saja.

Baca juga : Cara Mengatasi Lupa Pola atau Password Xiaomi Tanpa Reset

4. Tampilan Recent Apps yang baru dan fresh

miui 10 recents
Foto: mi.com

Yang menarik adalah di MIUI 10 adalah pembaruan tampilan recent apps. Jika sebelumnya berupa rentetan jendela aplikasi yang ditumpuk secara horizontal, kini Xiaomi merombaknya menjadi vertikal dengan ukuran jendela aplikasi yang lebih kecil.

Dengan tampilan recent apps seperti ini, pengguna bisa lebih efisien untuk berpindah aplikasi karena layar perangkat bisa memuat banyak jendela aplikasi.

5. Picture-in-Picture (PiP) Mode

Bisa dibilang fitur ini agak terlambat, karena PiP sudah ada sejak Android Oreo diluncurkan. Fitur ini sendiri memungkinkan Anda bisa membuka aplikasi dengan tampilan yang diperkecil supaya bisa digeser-geser untuk meningkatkan produktivitas dan multitasking.

Baca juga : Panduan Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe

Nah, itulah tadi 5 fitur terbaik MIUI 10 yang tentu membuat para MiFans di seluruh dunia makin penasaran. Bagi Anda yang ingin menjajalnya, pastikan Anda memiliki smartphone Xiaomi terbaru atau menunggu update untuk perangkat yang lebih lama.

Comments
Loading...