Fungsi NFC Pada Smartphone Yang Jarang Diketahui Orang

3.112

Fungsi NFC Pada SmartphonePonselgue.com – Mungkin sebagian masyarakat Indonesia masih belum mengetahui secara detail mengenai keberadaan dan fungsi NFC pada smartphone yang digunakannya. Hal ini bukan tanpa alasan, tetapi NFC merupakan salah satu bagian dari ponsel yang jarang diberitahukan.

Sebagai catatan, memang tidak semua smartphone memiliki fitur NFC. Untuk itu, kali ini kami akan membahas mengenai definisi NFC dan fungsinya agar Anda tidak bingung.


Baca juga :


Apa itu NFC?

NFC merupakan  singkatan dari Near Field Communication yang dibuat untuk mempermudah komunikasi antar dua perangkat seluler dengan cara mendekatkan keduanya.

Cara kerjanya mirip dengan bluetooth. Yang membedakannya hanyalah angkauan berkomunikasi dan mekanisme komunikasi. NFC hanya dapat digunakan yaitu pada kisaran kurang dari 10 cm. Meskipun begitu fungsinya jauh lebih unggul, seperti kemampuannya berkomunikasi tanpa harus pairing terlebih dahulu seperti Bluetooth.

Fungsi NFC Pada Smartphone

nfc

Fungsi utama NFC pada smartphone adalah untuk bertukar data. Anda bisa membagikan berbagai macam data seperti foto, video, musik dan juga dokumen lainnya.

Anda juga bisa memainkan game multiplayer dengan NFC. Anda hanya perlu dengan mendekatkan perangkat yang ada. Memang cukup berbeda denga game konvesional, selain itu Anda juga membutuhkan game yang sudah mendukung fitur NFC. Namun keunggulannya, Anda bisa memainkan game dengan waktu yang cukup lama karena NFC tidak menguras banyak daya seperti Bluetooth.

Fungsi lain dari NFC adalah untuk digunakan pada saat melakukan pembayaran. NFC juga dalam tahap pengembangan untuk digunakan sebagai alat untuk pembayaran jasa infrastruktur, khususnya transportasi. Hal ini banyak ditemui di beberapa negara Eropa dan di India.

Sementara di Indonesia sendiri masih jarang diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Terlebih jika fasilitas pendukung NFC sudah tersedia dengan mudah, bukan tidak mungkin masyarakat akan memanfaatkan NFC dalam kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, sebelum membeli smartphone mungkin Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu keberadaan NFC. Mekipun saat ini hanya dapat ditemui pada smartphone, kedepannya mungkin Anda bisa merasakan teknologi fungsi NFC dalam berbagai hal.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More