Haruskah Menggunakan VPN di Saat Bermain Game? Berikut 5 Alasannya

990

Ponselgue.com | 5 Alasan Menggunakan VPN Saat Bermain Game –  Sesuai namanya, VPN (Virtual Private Networks) bekerja dengan membuat alur jalur khusus dan terenkripsi dengan baik. Penggunaan VPN dapat melindungi data Anda supaya tidak dicuri atau dilacak, mencegah malware/virus, hingga menghemat transmisi data.

Awalnya VPN digunakan untuk tujuan streaming atau membuat koneksi aman di lingkungan tertentu, namun saat ini banyak perusahaan VPN yang menargetkan gamer sebagai audiens baru untuk dirambah. Sebagai gamer Anda mungkin bertanya-tanya mengenai penggunaan VPN saat bermain game. Namun sebelum memutuskan untuk menolaknya, ada baiknya Anda menggali lebih dalam seperti yang mereka catat disini tentang mengenai penggunaan VPN di saat bermain game .

Meskipun beresiko dapat memperlambat koneksi, Anda tidak bisa memungkiri bahwa hal ini merupakan ide bagus yang bisa Anda coba. VPN bisa meningkatkan perlindungan dari serangan DDoS mapun ancaman lainnya sehingga membuat Anda lebih aman saat bermain secara online. Alasan lainnya, VPN memungkinkan Anda untuk menembus akses yang terbatas. Dengan VPN, Anda bisa memainkan game-game yang ada memberlakukan batasan area atau geografis.

Berikut ini adalah 5 keuntungan menggunakan VPN saat bermain game untuk meningkatkan pengalaman bermain game Anda.

5 Keuntungan menggunakan VPN Saat Bermain Game

5 Keuntungan Menggunakan VPN Saat Bermain Game

1. Ketersediaan Regional Lebih Murah

Beberapa penyedia game mencegah orang untuk mengunduh game dari area tertentu, terkadang mereka juga memberikan harga yang berbeda tergantung dari negara asal si pengunduh. Untuk mengakali hal tersebut Anda bisa menggunakan layanan VPN.

Salah satu fitur utama VPN adalah mampu untuk berpindah lokasi secara virtual. Dengan menyambungkan koneksi ke server di negara yang berbeda. sehingga penyedia layanan game mengira Anda mengakses dari wilayah yang berbeda.

2. Aman Terhadap Serangan DDoS

DDoS Attack (Distributed-Denial-of-Service Attack) memang ancaman yang cukup mengerikan bagi para gamers online. Tujuannya jelas agar layanan game tersebut tidak bekerja secara efisien, bahkan game sebesar Pokemon Go sempat down yang diduga akibat serangan DDoS.

VPN bisa Anda gunakan untuk melindungi diri Anda secara online. Jaringan virtual yang terenskripsi dari layanan VPN tidak akan bisa membuat server tujuan melihat IP Anda sehingga bisa membuat Anda aman dari serangan ancaman DDoS.

3. Membuat Koneksi Lebih Stabil

Bandwidth throttling merupakan hal yang cukup dibenci oleh gamer, yaitu proses melambatkan kecepatan/bandwidth internet dengan sengaja.

ISP (provider internet) diketahui seringkali melakukan bandwidth throttling pada saat traffic data sedang sangat padat. Hal ini biasanya terjadi saat streaming film HD, download file melalui BitTorrent, atau bahkan saat bermain game online.

Layanan VPN bisa berguna untuk mem-bypass bandwidth throttling, terutama saat pihak ISP yang melakukan throttling. Layanan VPN akan menyembunyikan traffic apa yang sedang mengalir di sambungan internet Anda.

4. Membuat Identitas Anda Tetap Rahasia

Banyak publisher game online yang mengadakan turnamen dengan hadiah yang sangat besar. Dengan iming-iming hadiah yang cukup besar ini tentunya banyak membuat pihak tertarik untuk mengikuti turnamen tersebut.

Namun hal ini bisa membuat pihak yang kalah merasa sakit hati terhadap pemenang dan memutuskan untuk membalas dendam dengan menargetkan IP Anda, mencari lokasi Anda, dan mencari tahu nama asli Anda.

Nah, VPN bisa melindungi IP Anda dengan menggantinya dengan IP non-lokal sehingga Anda tidak bisa ditargetkan secara langsung. Bahkan jika ada yang berusaha menemukan nama atau lokasi Anda, mereka hanya akan mendapatkan server yang dioperasikan oleh VPN yang Anda gunakan.

5. Bisa Mengakses Rilisan Terbaru

Biasanya para perusahaan game meluncurkan rilisan terbaru secara bertahap. Misalnya, mungkin Amerika Selatan dan China yang pertama mendapatkan akses, kemudian diikuti oleh Eropa, Australia, dan bagian lain dunia.

Jika berada di lokasi utama, tentunya Anda sangat beruntung. Anda tidak perlu bersabar saat orang lain sudah mulai mencoba game dan membagikan pengalamannya di media sosial.

Dengan VPN, Anda bisa melewati batasan tersebut dan memainkan game setelah diluncurkan. VPN akan membuat rute khusus melalui server jarak jauh di lokasi yang Anda pilih, sehingga secara virtual Anda bisa muncul di wilayah yang dikehendaki untuk bisa mengakses update game terbaru dan memainkannya sesegera mungkin.

Beberapa VPN memang bisa di download dengan gratis, namun layanan yang di dapatkan memang sangat terbatas. Untuk bisa mengakses semua layanannya Anda harus membayar sejumlah biaya, mungkin sekitar 2 USD – 10 USD setiap bulannya. Namun jika dibandingkan dengan Fitur yang ditawarkan, harganya bisa dibilang cukup murah.

Nah, bagi Anda yang mengutamakan privasi dan keamanan data, menggunakan VPN saat bermain game bisa dibilang cukup penting. Mau mencobanya?

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More