Instagram Lite, Instagram Versi Ringan Hemat Kuota

Instagram Lite
Foto : el androide libre

Ponselgue.com | Instagram Lite, Instagram Versi Ringan Hemat Kuota – Beberapa waktu yang lalu, Instagram diam-diam meluncurkan Instagram Lite di Google Play Store. Langkah ini dilakukan Instagram resmi mempunyai satu miliar pengguna, dan bersiap untuk merambah ke pasar yang belum terjamah sebelumnya.

Seperti aplikasi lain yang menggunakan kata “Lite” di belakangnya, Instagram Lite merupakan versi ringan dari aplikasi Instagram.

Ukuran Instagram Lite ‘cuma’ 573 KB, bandingkan dengan aplikasi Instagram yang berukuran 32 MB. Tentunya dengan ukuran yang tidak sampai 1MB ini membuatnya tidak memakan banyak ruang di smartphone.

Karena sifatnya yang ringan tersebut, Instagram Lite tentu menjanjikan performa yang lebih cepat, bahkan di smartphone yang menggunakan prosesor lawas.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Foto Bokeh di Instagram

Fitur-fitur Instagram Lite

Foto : The Verge

Sebagai platform berbagi foto dan video singkat, Instagram terkenal cukup menguras penggunaan kuota internet. Nah disini ini salah satu kelebihan Instagram Lite, tidak hanya hemat kuota, namun aplikasi ini juga dapat dengan mudah diakses di area-area dengan koneksi internet lambat.

Meskipun lebih ringan di segi ukuran dan kinerja, Instagram tidak sembarang memangkas fitur pada aplikasi versi Lite-nya ini. Tentunya fitur utama Instagram versi penuh turut dibawa ke aplikasi ini.

Fitur filter foto masih tetap ada, begitu juga dengan fungsi mengunggah foto ke feed, mengunggah dan menonton Instagram Stories, serta melakukan penelusuran melalui menu Explore.

Sedangkan fitur video dan direct message masih belum ditemukan, pun demikian dengan kejelasan tentang penayangan iklan yang turut memegang andil besar dalam pemakaian kuota internet.

Baca juga : Cara Membuat Grid di Instagram Dengan Aplikasi 9square

Instagram Lite hadir untuk menjaring pasar yang lebih luas

Instagram Lite
Foto : The Quint

Bisa dibilang membuat versi ringan sebuah aplikasi populer bukan menjadi hal baru. Facebook, yang merupakan jejaring Sosial terbesar sekaligus perusahaan yang menaungi Instagram, sudah melakukannya terlebih dahulu. Facebook merilis Facebook Lite pada 2015 dan dalam dua tahun, jumlah penggunanya bertambah lebih dari 200 ribu orang.

Menyikapi kesuksesan tersebut, Instagram akhirnya membuat versi Lite ini supaya bisa diakses oleh lebih banyak orang. Terutama pada negara-negara berkembang, atau tempat-tempat yang masih kesulitan mendapatkan koneksi internet cepat.

Dengan ukuran serta pemakaian memori yang ringan, Instagram Lite memungkinkan pengguna smartphone low-end hingga mid-range bisa mengakses dan menggunakan fitur-fitur utama Instagram.

Baca juga : Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram Agar Tidak Ketahuan

Namun, untuk masalah ketersediaan, Instagram Lite masih akan melalui tahap pengetesan dan hanya akan dihadirkan terlebih dulu di Meksiko. Seiring berjalannya waktu, nantinya aplikasi ini akan merambah ke negara-negara berkembang lainnya, termasuk ke Asia.

Patut dinantikan kehadirannya di Indonesia 🙂

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More