2 Cara Backup iPhone Dengan Mudah

Ponselgue.com | 2 Cara Backup iPhone – Beberapa pengguna melakukan back up data perangkat iPhone-nya dengan alasan tertentu. Entah itu karena ingin menjual iPhone, atau sekedar memformat ulang iPhone untuk mereset semua pengaturan dan datanya. Sebelum melakukan hal itu, ada baiknya semua data di Back up terlebih dahulu.

Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara back up data iPhone yang tepat. Jika pada perangkat Android Anda bisa melakukannya dengan mudah hanya dengan melakukan copy paste data ke komputer, berbeda dengan iPhone dan perangkat Apple lainnya.

Anda harus mencadangkan data iPhone Anda melalui  iTunes atau iCloud. Dengan ini, nantinya Anda bisa menggunakan data lama yang ada di iPhone Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara backup iPhone Anda ke iTunes dan iCloud, simak tutorial selengkapnya di bawah ini.iphone x

Cara Backup iPhone

Sebenarnya, melakukan backup iPhone merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan secara berkala. Hal ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu perangkat mengalami kerusakan, error, lupa password maupun hal-hal lain yang kita untuk mereset iPhone tersebut.

Untuk itu, bagi Anda yang mengalami kesulitan saat melakukan back up data dari iPhone ke iCloud atau iTunes, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Via iCloud

iCloud merupakan media penyimpanan awan resmi yang digagas oleh Apple. iCloud sendiri bisa menyimpan data secara online. Cara kerjanya hampir sama seperti Google Drive atau Dropbox pada perangkat Android.

cara backup iphone icloud

Baca juga :

iCloud mampu menyimpan semua jenis data berupa file, video, maupun foto. Nantinya Anda bisa mengakses data yang sudah tersimpan di iCloud kapan pun selama Anda terkoneksi ke internet. Berikut langkah-langkah backup data iPhone melalui iCloud :

  1. Pastikan perangkat tersambung ke internet yang stabil, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan koneksi Wi-Fi.
  2. Selanjutnya Anda bisa masuk ke aplikasi atau menu Setting (Pengaturan).
  3. Di halaman Settings, Anda bisa memilih [nama pengguna] kemudian pilih iCloud. Untuk perangkat yang menggunakan  iOS 10.2 atau versi lebih lama, Anda bisa masuk ke Settings (Pengaturan), setelah itu gulir ke bawah lalu pilih iCloud.
  4. Setelah itu aktifkan Cadangan iCloud Anda dengan mengetuk tooggle disamping opsi iCloud Backup (Cadangan iCloud) hingga berwarna hijau.
  5. Ketuk opsi Back up Now (cadangkan sekarang) untuk mulai mencadangkan data Anda dan pastikan koneksi pada iPhone stabil hingga proses backup selesai.
  6. Anda bisa memastikan data yang sudah dicadangkan dengan mengeceknya di Pengaturan → iCloud → Penyimpanan. Nantinya data yang sudah Anda back up akan ditampilkan beserta dengan waktu dan ukurannya.

2. Via iTunes

cara backup iphone itunes

Bagi pengguna iPhone yang suka mendengarkan lagu, tentunya sudah tidak asing lagi dengan platform yang satu ini. Selain untuk memutar dan membeli lagu, iTunes juga bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengelola data yang ada pada perangkat buatan Apple.

Menariknya, backup data via iTunes dapat dilakukan meskipun tanpa koneksi internet alias offline. Nah, berikut ini cara backup iPhone melalui iTunes:

  1. Pertama, buka aplikasi iTunes yang terinstall di komputer atau laptop.
  2. Selanjutnya, sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel data.
  3. Jika Anda diminta untuk memasukkan password (passcode) iPhone atau konfirmasi Trust This Computer (Percayai Komputer ini), lanjutkan dengan mengikuti instruksi di layar.
  4. Silahkan pilih iPhone yang dimiliki jika gambarnya muncul di iTunes.
  5. Setelah itu pada halaman Backups (Cadangan) yang berada di menu Summary (Ringkasan), pilih iCloud kemudian tekan tombol Back Up Now (Cadangkan Sekarang).
  6. Tunggu proses hingga selesai.
  7. Jika proses sudah selesai, nantinya akan muncul waktu dan tanggal back up terakhir lengkap ke komputer atau iCloud.
NOTE : Jika Anda ingin mencadangkan data kesehatan dan aktivitas, maka Anda harus mencentang Encrypt iPhone Backup (Enkripsi cadangan iPhone) pada menu This Computer (Komputer ini). Bisa dibilang data tersebut hanya dapat dicadangkan ke komputer saja.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More