Cara Downgrade iOS 12 Beta ke iOS 11.4 Melalui iTunes

Foto : Pexels

Ponselgue.com | Cara Downgrade iOS 12 Beta ke iOS 11.4 – iOS 12 akhirnya resmi dirilis oleh Apple pada gelaran Apple WWDC 2018. Ada beberapa perangkat yang sudah mendapatkan pembaruan iOS 12 bisa langsung melakukan pembaruan sistem operasi anyar tersebut.

iOS 12 sendiri membaawa beberapa fitur baru dan pembaruan dari segi fitur dan performa, hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para pengguna Apple.

Namun pengguna yang sudah mencoba iOS 12 Beta yang saat ini baru tersedia untuk Apple Developer, ada yang merasa masih terdapat beberapa bug system atau hal lain dan ingin mengembalikannya ke iOS 11 versi terbaru.

Nah, pada kesempatan kali ini, Ponselgue akan membagikan cara downgrade iOS 12 ke iOS 11.4. Downgrade sendiri merupakan proses penurunkan sistem operasi yang digunakan dari versi lebih baru ke versi lebih lama. Dalam hal ini adalah iOS 12 Beta ke iOS 11.4 untuk pengguna umum.

Baca juga : 4 Cara Mengatasi Update iOS Error di Iphone Semua Model

Foto: Pexels

Sebenarnya, Anda bisa melakukan proses downgrade dari iOS 12 ke iOS 11.4 dengan aman dan tanpa adanya kehilangan data jika Anda sudah mempunyai backup iOS 11.4 sebelum melakukan pembaruan. Namun, jika Anda tidak mempunyai cadangan, Anda tetap bisa untuk kembali hanya saja semua data akan hilang sebagaimana iPhone direset.

Cara downgrade iOS 12 ke iOS 11.4 ini mempunyai dua opsi, yaitu dengan Check for Update atau Restore iPhone. Tentunya kami sangat merekomendasikan dengan memilih tombol Restore iPhone. Sedangkan Check for Update juga bisa dipilih, namun ada kemungkinan data Anda namun ada beberapa kasus yang mengatakan bahwa perangkat iPhone menjadi buggy atau ada masalah.

Maka dari itu, setiap sebelum melakukan downgrade iOS, sebaiknya Anda membackup iPhone terlebih dahulu supaya lebih aman sehingga jika terjadi sesuatu data masih bisa diselamatkan.

Berikut cara downgrade iOS 12 ke iOS 11.4 untuk iPhone dan iPad melalui iTunes.

Baca juga : 2 Cara Cek Versi iOS iPhone Semua Model

Cara Downgrade iOS 12 ke iOS 11.4 Melalui iTunes

Anda bisa melakukan downgrade dengan mengunduh file IPSW secara manual atau langsung unduh saat melakukan mode Restore. Simak selengkapnya cara Downgrade iOS 12 ke iOS 11.4 di bawah ini.

  1. Cadangkan data yang Anda perlukan. Mode iCloud Backup atau iTunes Backup dari iOS 12 tidak dapat digunakan ke iOS 11, jadi pastikan Anda sudah melakukan backup data secara manual file seperti foto, video maupun dokumen penting lainnya.
  2. Pastikan Anda menggunakan iTunes versi terbaru di Mac atau PC, minimal menggunakan versi 12.7.5. Selain itu, pastikan komputer yang Anda gunakan terkoneksi internet.
  3. Sambungkan perangkat iOS ke komputer menggunakan kabel Lightning.
  4. Lakukan Recovery Mode di perangkat Anda :
    • iPhone X, iPhone 8, and iPhone 8 Plus: Tekan dan lepas tombol Volume Up. Tekan dan lepas tombol Volume Down. Tekan dan tahan Side Button hingga Recovery Mode tampil di layar.
    • iPhone 7 dan iPhone 7 Plus: Tekan dan tahan Power Button + Volume Down bersamaan. Jangan lepas saat Anda melihat logo Apple di layar. Tekan terus hingga mucnul tampilan Recover Mode.
    • iPhone 6s dan perangkat iOS lainnya: Matikan perangkat iOS. Tekan dan tahan Home Button sambil menghubungkan kabel Lightning ke perangkat iOS dan komputer. Tetap tekan Home Button saat logo Apple menyala, tunggu hingga tampilan Recovery Mode kemudian lepaskan.
  5. Masuk ke iTunes di komputer Anda, tekan tombol Restore untuk mengunduh IPSW dari iOS 11 versi terbaru yang masih didaftarkan oleh Apple dan lanjut ke proses Restore secara otomatis. Jika Anda sudah mengunduh IPSW secara terpisah (melalui laman IPSW.me ) silakan tekan tombol Restore sambil menahan tuts keyboard Option (Mac) atau Shift (Windows) untuk mencari dokumen IPSW yang sudah diunduh. Cara Downgrade iOS 12 Beta ke iOS 11.4
  6. Setelah proses Restore selesai, Anad bisa menggunakan Backup iOS 11 yang mungkin sudah Anda arsipkan. Anda juga bisa mengaturnya sebagai perangkat baru, kemudian unduh aplikasi serta lakukan pengaturan yang diperlukan.

Nah, itulah tadi cara downgrade iOS 12 ke iOS 11.4 untuk iPhone dan iPad melalui iTunes. iOS 12 sendiri sebenarnya mempunyai beberapa fitur baru yang dapat membantu aktivitas Anda menjadi jauh lebih mudah.

Berikut beberapa fitur terbaik iOS 12

1. Peningkatan responsivitas sistem

Peningkatan ini lebih ke optimasi di “belakang layar”, karena iOS 12 memperbaiki kelemahan besar iOS versi sebelumnya, khususnya dalam hal kecepatan dan responsivitas saat menjalankan banyak aplikasi atau multitasking.

iOS 12 diklaim mampu meningkatkan kecepatan iPhone dan iPad hingga 70% saat membuka kamera, 50% lebih cepat saat membuka keyboard, dengan rata-rata peningkatan kecepatan hingga 2 kali lipat saat iPhone dan iPad membuka sebuah aplikasi.

Baca juga : Cara Memindahkan Foto iPhone ke iCloud Library

2. Panggilan FaceTime hingga 32 orang sekaligus

Salah satu aplikasi andalan Apple, FaceTime, memperoleh pembaruan besar di iOS 12. Sekarang, Anda dapat melakukan konferensi video langsung di iPhone atau iPad  dengan jumlah peserta hingga 32 orang sekaligus.

Tampilan antarmuka yang diadopsi saat FaceTime diakses oleh banyak pengguna adalah bentuk kotak dengan ukuran yang nantinya disesuaikan, menjadi lebih besar tergantung dengan fokus perbincangan (terfokus ke orang yang sedang berbicara).

3. Animoji dari wajah sendiri

Animoji sendiri sebenarnya sudah hadir sejak iPhone X dirilis, memanfaatkan pemetaan 3 dimensi dari sensor yang ada pada notch-nya. Di iOS 12, Animoji memungkinkan pengguna iPhone X yang ingin membuat avatar wajah Anda sendiri, dalam bentuk Animoji.

Nantinya, kustomisasi ini akan menganalisa karakteristik wajah Anda sebagai pengguna, kemudian mengadaptasi model wajah, hampir mirip seperti di video game The Sims.

Baca juga : Cara Merekam Layar iPhone di iOS 11 Tanpa Aplikasi

4. Bisa main game AR secara kolaboratif

Sejauh ini, game AR berorientasi ke pengalaman bermain individu. Namun, pada pembaruan iOS 12 akan merubah hal ini karena menghadirkan lingkup permainan maya yang dapat dinikmati lebih dari 1 orang.

Fitur game AR kolaboratif ini memanfaatkan ARKit generasi 2. ARKit juga dapat dimanfaatkan sebagai media pengukur yang mutakhir, seperti layaknya menggunakan meteran tetapi versi virtual.

5. Screen Time untuk memonitor waktu penggunaan iPhone

Foto: apple.com

Banyak Fitur ini tentunya ditunggu-tunggu orangtua yang mempunyai anak pengguna iPhone atau iPad. Screen Time akan memberi informasi berupa himpunan waktu yang digunakan anak selama menggunakan perangkat Apple. Tidak hanya detail waktu penggunaan, namun juga jenis aplikasi dan pengelompokannya.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More