Jangan Salah! Begini Cara Kalibrasi Baterai iPhone Yang Benar

Ponselgue.com | Cara Kalibrasi Baterai iPhone Yang Benar – Seiring dengan pemakaian, kinerja baterai sebuah perangkat seluler biasanya akan menurun, tak terkecuali baterai iPhone. Terkadang daya baterai terasa boros, atau perangkat tiba-tiba mati padahal baterainya masih banyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa perangkat iOS seperti iPhone bisa melakukan kalibrasi baterai.

Apa itu kalibrasi baterai?

Kalibrasi baterai  merupakan proses normalisasi terhadap baterai supaya kapasitas daya terbaca oleh sistem secara benar dan akurat layaknya pertama kali digunakan. Maka dari itu, kalibrasi baterai iPhone cukup penting dilakukan supaya baterai memiliki kinerja maksimal sama seperti pertama kali digunakan.

Masih bingung? Begini, misalnya level asli baterai iPhone tersisa adalah 60% tetapi di indikator baterai menampilkan persentase yang berbeda seperti hanya tampil 50% atau bahkan 80%. Hal ini tentu saja tidak sesuai dengan daya baterai yang sebenarnya.

 

Proses kalibrasi ini tergolong cukup mudah karena sekedar menghabiskan dan mengisi ulang kembali daya. Hanya saja, pengguna harus bersabar karena proses kalibrasi baterai iPhone ini cukup memakan waktu dan tidak boleh ada kesalahan karena bisa langsung gagal.

NOTE : Kalibrasi baterai tidak akan meningkatkan atau memperbaiki baterai karena hanya sebatas normalisasi yang membuat kinerja baterai sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Cara Kalibrasi Baterai iPhoneNah, bagi Anda yang ingin melakukan kalibrasi baterai iPhone, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan secara berurutan :

  1. Pertama, gunakan iPhone hingga baterai kosong, pastikan juga iPhone Anda mati karena kehabisan baterai.
  2. Biarkan iPhone kamu selama beberapa jam untuk memastikan bahwa daya baterai iPhone benar-benar habis. Saat iPhone coba untuk dinyalakan maka hanya akan menampilkan ikon baterai lemah berwarna merah.
  3. Selanjutnya charge baterai iPhone hingga penuh 100%. Proses pengisian ini harus dilakukan dalam sekali charge dan usahakan jangan sampai proses pengisian terputus agar proses kalibrasi berhasil.
  4. Setelah penuh, cabut iPhone dan gunakan perangkat hingga baterai habis. Perlu diingat, jangan sekali-kali melakukan proses charging pada tahap ini agar kalibrasi baterai iPhone tidak gagal.
  5. Setelah baterai kosong lagi, silahkan charge kembali baterai iPhone hingga penuh 100%.
  6. DONE, proses kalibrasi telah selesai!

Setelah Anda berhasil melakukan kalibrasi baterai iPhone, kini seharusnya sistem akan melaporkan kapasitas daya dengan benar. Dengan ini, Anda tidak akan melihat lagi kapasitas yang tiba-tiba penuh atau habis, bahkan stuck di persentase tertentu dan tidak bisa penuh saat di charge.

Anda perlu melakukan proses kalibrasi agar Anda benar-benar menggunakan kapasitas baterai sebagaimana harusnya.

Jika setelah proses kalibrasi namun baterai masih terasa error, mungkin Anda perlu membawanya ke service center untuk diperiksa. Kualitas baterai memang semakin lama akan terus menurun seiring dengan penggunaan dan umur perangkat. Untuk itu, supaya lebih awet Anda perlu merawatnya supaya penurunan yang terjadi tidak terlalu cepat.

NOTE : Jangan terlalu sering melakukan kalibrasi karena baterai dengan tipe lithium akan lebih cepat turun kemampuannya jika sering dikuras hingga 0%.

Tips Supaya Baterai Tetap Awet

Selain membutuhkan waktu, melakukan kalibrasi secara berulang kali tentunya cukup merepotkan dan mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini supaya baterai tetap normal, sehat, dan tidak mudah rusak sehingga penggunaan iPhone juga bisa lebih tahan lama.

  1. Saat melakukan charge biasakan untuk selalu mencolokan adapter terlebih dahulu ke stop kontak baru kemudian mencolok kabel ke iPhone. Hal ini dilakukan untuk meminimalisi listrik kejut.
  2. Jangan tunggu charge setelah baterai iPhone kosong.
  3. Jangan gunakan perangkat saat proses charge untuk menghindari suhu baterai berlebih.
  4. Segera cabut smartphone setelah baterai penuh, dan hindari proses charge semalaman.
  5. Jika pada saat penggunaan perangkat terasa panas, hentikan penggunaan dan tunggu hingga normal kembali.

Menurut riset dari Apple, kemampuan baterai dalam menyimpan daya akan menurun sekitar 5-10% setiap tahun. Dengan melakukan tips diatas, tingkat keausan baterai akan semakin mengecil dan meminimalisir penurunan yang terjadi terhadap baterai.

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More