5 Cara Mengatasi iPhone Hang Aplikasi Tidak Respon

Ponselgue.com | 5 Cara Mengatasi iPhone Hang Aplikasi Tidak Respon – Saat sedang menggunakan aplikasi tertentu di iPhone, tak jarang tiba-tiba perangkat hang atau bahkan layar tidak merespon. Tentunya hal seperti ini sangat mengganggu, terutama saat sedang terburu-buru atau dalam kondisi darurat.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi iPhone Hang atau aplikasi tidak merespon. Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi iPhone Hang

1. Restart aplikasi

Cara Mengatasi iPhone Hang

Saat Anda sedang berbalas pesan di aplikasi instant messaging namun kemudian aplikasi tersebut tiba-tiba hang, tentu sangat menyebalkan. Apalagi saat Anda sedang membahas sesuatu yang penting. Langkah tercepat adalah dengan merestart aplikasi dengan menutupnya secara paksa kemudian membuka ulang aplikasi tersebut.

Caranya, tekan dua kali tombol Home atau double-touch menu Home pada assistive touch di layar iPhone. Nantinya akan ditampilkan semua aplikasi yang sedang digunakan.

Kemudian temukan tab yang bermasalah, setelah itu swipe untuk menutup aplikasi tersebut. Selanjutnya coba untuk membuka kembali aplikasi supaya dapat Anda gunakan seperti biasa.

Baca juga : 3 Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

2. Restart iPhone

Meskipun sudah merestart aplikasi berulang-ulang, namun masih tetap freezing, langkah selanjutnya adalah meresetar perangkat. Tentunya Anda dengan mudah melakukan hal ini.

Setelah perangkat sudah nyala kembali, Anda bisa kembali membuka aplikasi yang tadi nge-lag.

3. Update aplikasi tersebut

Bisa jadi masalah tersebut dikarenakan versi aplikasi yang terpasang di perangkat Anda merupakan versi lawas. Anda bisa memeriksa versi terbaru dari aplikasi tersebut dengan masuk ke App Store, kemudian temukan menu Update di bagian kanan bawah tab. Jika Anda masih melihat ikon notifikasi berwarna merah, artinya terdapat beberapa aplikasi yang belum Anda update ke dalam versi terbaru.

Baca juga : Tips Hemat Storage iPhone Tanpa Hapus Foto atau Video

4. Update iOS ke versi terbaru

Sebaiknya Anda melakukan update iOS perangkat Anda. Pembaruan yang terdapat pada update iOS ini selain membawa fitur baru, juga untuk mengatasi beberapa bugs. Bisa jadi perangkat sering hang karena beberapa aplikasi sudah tidak kompatibel dengan versi iOS yang Anda gunakan.

Namun sebelumnya Anda harus mengetahui versi iOS di perangkat iPhone Anda.

Masuk ke dalam menu Settings → General → About. Pada halaman About, nantinya akan ditampilkan beberapa informasi mengenai perangkat, Anda bisa melihat bagian Version untuk mengetahui versi iOS yang digunakan.

Kemudian kembali ke menu Setting, pilih General, kemudian pilih Software Update. Jika terdapat informasi mengenai pembaruan iOS, segera lakukan update.

5. Laporkan masalahnya kepada developer aplikasi

Jika semua langkah diatas sudah Anda lakukan namun aplikasi masih bermasalah, ada kemungkinan mungkin kerusakan bukan terjadi pada iPhone. Nah, jika seperti itu, Anda bisa melaporkan permasalahan ini kepada pengembang aplikasi terkait. Cari aplikasi yang bermasalah melalui App Store, kemudian report masalah yang Anda alami kepada pihak pengembang. Dengan ini Anda juga membantu developer untuk membuat aplikasi berjalan lebih baik lagi dan agar masalah Anda dapat teratasi.

Baca juga : 4 Cara Mengatasi Update iOS Error di Iphone Semua Model

Nah, Anda tidak perlu terlalu bingung jika sewaktu-waktu perangkat Anda tidak merespon. Anda bisa mengatasi iPhone hang atau aplikasi tidak merespon dengan berbagai tips diatas. Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More