Cara Menggunakan iMessage untuk Pengguna Perangkat iOS

Ponselgue.com | Cara Menggunakan iMessage untuk Pengguna iOS – iMessage merupakan aplikasi bawaan yang dimiliki setiap  perangkat iOS maupun MacOS. Penggunaan iMessage terintegrasi pada semua perangkat iOS seperti penggunaan iCloud Photo Library.

Semua pengguna perangkat iOS maupun MacOS bisa menggunakan layanan ini untuk saling berkirim pesan. Namun, iMessage hanya berfungsi jika Anda menggunakan perangkat buatan Apple.

Nah, untuk selengkapnya, simak cara menggunakan iMessage untuk pengguna perangkat iOS di bawah ini.

Cara Menggunakan iMessage untuk Pengguna Perangkat iOS

Mendownload iMessage pada perangkat

cara menggunakan imessage 5

Saat Anda membeli perangkat iOS, Anda bisa langsung menemukan layanan iMessage pada menu aplikasi. Hal ini dikarenakan karena layanan iMessage merupakan built-in app atau yang lebih dikenal dengan aplikasi bawaan Apple.

Anda bisa langsung mengakses Layanan iMessage ini melalui aplikasi Messages. Buka aplikasi, kemudian login menggunakan Apple ID Anda. Pastikan juga Anda sudah menggunakan iOS versi terbaru agar bisa menikmati semua fiturnya.

Baca juga : Begini Cara Membeli Lagu di iTunes Tanpa Kartu Kredit

Cara mengirimkan iMessage

cara menggunakan imessage 3

Pada dasarnya, cara mengirimkan iMessage sama dengan saat Anda membuat SMS. Anda hanya perlu masuk ke Messages, memilih kontak, kemudian menuliskan pesan yang ingin dikirim. Namun pastikan pilihan iMessage Anda aktif, masuk ke menu Settings → Messages → aktifkan iMessage.

Pesan akan langsung terkirim sebagai iMessage jika kontak yang Anda kirimi pesan juga menggunakan layanan iMessage. Apabila Anda tidak terhuung koneksi internet atau sedang tidak mengaktifkan koneksi data, maka secara otomatis pesan akan terkirim sebagai SMS.

Fungsi app drawer pada iMessage

cara menggunakan imessage 4

Berbeda dengan SMS yang hanya bisa mengirim teks, Anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi yang terintegrasi secara otomatis dengan iMessage. Diantaranya adalah AppStore, Music, Digital Touch, Images, dan Apple Pay.

Supaya lebih mudah, aplikasi yang dapat Anda akses melalui app drawer iMessage ini berfungsi sebagai attachment. Jadi, Anda dapat melampirkan sticker, GIF, lagu dari iTunes, dan menggunakan fitur berbagi antar aplikasi lainnya menggunakan iMessage.

Simak juga: Cara Restore iPhone dari iCloud dan iTunes

Menambahkan sticker di iMessage

cara menggunakan imessage 2

Sticker di iMessage ini ada yang tersedia secara gratis dan juga berbayar. Untuk bisa menggunakannya di iMessage, anda harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui app drawer. Ketuk tombol A di sebelah kotak pesan, kemudian scroll dan temukan pilihan free sticker.

Supaya bisa menggunakan sticker sebagai attachment, Anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu dengan login menggunakan Apple ID. Setelah di download, selanjutnya sticker dari app drawer kemudian tekan dan tahan sticker yang Anda pilih, pinch untuk mengubah ukuran, setelah itu kirimkan.

Simak juga: Cara Memindahkan Foto Dari Iphone Ke Laptop / PC

Menambahkan iMessage ke app drawer

cara menggunakan imessage 1

Aplikasi yang terdapat di app drawer juga dapat ditambahkan secara manual. Setelah Anda membuka iMessage, Anda dapat membuka ikon huruf A (app drawer) kemudian memilih aplikasi, klik install, lalu login dengan Apple ID.

Jika aplikasi sudah terunduh, Anda bisa langsung berbagi lewat menu app drawer. Anda juga bisa menyesuaikan aplikasi supaya bisa menggunakannya dengan lebih cepat. Pilih ikon burger dari app drawer, kemudian tekan dan tahan ikon garis tiga untuk mengubah urutan aplikasi.

Jika Anda ingin mengubah akses aplikasi di dalam iMessage, ketuk ikon + untuk menambahkan aplikasi. Sedangkan untuk menghilangkan aplikasi yang dapat diakses, Anda hanya perlu mengetuk ikon – untuk menghilangkan aplikasi dari app drawer.

Nah, sekarang Anda bisa mencoba berkirim pesan menggunakan iMessage dengan sesama pengguna perangkat iOS. Jika Anda menggunakan MacOS, Anda bisa langsung login dengan Apple ID yang sama untuk bisa menggunakan layanan iMessage.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More