Cara Mengunci Aplikasi di iOS 12 Dengan App Limits

3.138

Ponselgue – iOS 12 mengusung berbagai fitur baru yang cukup menarik. Salah satunya adalah Screen Time dan App Limits yang memiliki fungsi untuk memantau dan mengelola waktu penggunaan aplikasi di iPhone dan iPad.

Anda bisa menggunakan fitur App Limit ini secara personal. Namun jika menggunakan fitur Family Sharing Anda bisa menerapkannya ke seluruh anggota keluarga. Misalnya, Anda bisa membatasi penggunaan aplikasi YouTube di iPad anak Anda hanya selama 3 jam penggunaan setiap harinya.


Baca juga :


Cara Mengunci Aplikasi di iOS 12 dengan App Limits

Cara Mengunci Aplikasi di iOS 12 dengan App Limits

Menariknya, Anda bisa menggunakan cara tersebut untuk mengunci aplikasi yang tidak ingin dibuka oleh orang lain di iPhone Anda. Untuk melakukannya, simak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Pertama, masuk ke Settings → Screen Time.
  2. Selanjutnya atur Screen Time Passcode untuk kode keamanan utama di fitur ini. Jika memungkinkan, catat kode yang digunakan di dokumen pribadi agar bisa dimanfaatkan jika sewaktu-waktu lupa.
  3. Setelah itu masuk ke App Limits → Add Limit → All Apss & Categories.
  4. Pada bagian Time, atur durasi selama 1 menit kemudian aktifkan pengaturan Block at End of Limit. Tekan tombol Add di pojok kanan atas untuk menyimpan pengaturan yang baru Anda buat.
  5. Kemudian kembali ke bagian Settings → Screen Time.
  6. Masuk ke Always Allowed. Pada halaman ini Anda bisa memilih aplikasi yang tidak ingin Anda amankan dengan pengaturan App Limit di atas (misalkan Phone, Messages, WhatsApp) upaya masih bisa digunakan secara bebas. 
  7. Selesai.

Sekarang semua aplikasi yang tidak termasuk dalam daftar Always Allowed akan menampilkan ikon jam pasir di Home Screen. Untuk membuka aplikasi tersebut, tekan Ask for More Time – Enter Screen Time Passcode lalu masukkan kode yang sudah Anda bua tadi.

Nantinya akan muncul 3 opsi, yaitu gunakan aplikasi selama 15 menit ke depan, 1 jam, atau bebas gunakan seharian.

Sebagai catatan, sebaiknya masukkan aplikasi yang sering digunakan dalam pengaturan Always Allowed. Karena jika dalam batasan App Limits, Anda tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi yang sedang dikunci tersebut.

Demikianlah cara mengunci aplikasi di iOS 12 menggunakan App Limit. Dengan ini, Anda bisa membatasi penggunaan aplikasi sekaligus mengamankannya dari pihak lain.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More